Kegiatan Meronce Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Keterampilan Sosial Anak Kelompok B

Authors

  • Kiti Nada Puspita Gea Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Ayu Puteri Handayani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.63384

Keywords:

keterampilan sosial, meronce, kooperatif

Abstract

Rendahnya keterampilan sosial yang dimiliki oleh anak usia dini disebabkan karena anak lebih banyak bermain gadget dibandingkan bermain dengan teman sebanya. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan sosial antara kelompok anak yang dibelajarkan dengan kegiatan meronce melalui model kooperatif tipe think pair share dengan kelompok anak yang dibelajarkan model pembelajaran konvensional kelompok B. Jenis penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dengan rancangan menggunakan Non-Equivalent Post-Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B yang berjumlah 86 orang. Penarikan sampel dilakukan menggunakan teknik random sampling, dengan jumlah sampel penelitian yakni 36 anak. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode observasi, dengan instrument penelitian berupa pedoman observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis dilaksanakan dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian yaitu terdapat perbedaan signifikan keterampilan sosial kelompok anak yang dibelajarkan menggunakan kegiatan meronce melalui model kooperatif tipe think pair share dan kelompok anak yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini disimpulkan bahwa kegiatan meronce melalui model kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap keterampilan sosial anak kelompok B.

References

Anggara, A. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Kognitif dan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Teologi Berita Hidup, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.38189/jtbh.v2i1.18. DOI: https://doi.org/10.38189/jtbh.v2i1.18

Arianti, N., & Pramudita, D. A. (2022). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Melalui Kerangka Community of Inquiry Dengan Model Think Pair Share. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 14(1), 65. https://doi.org/10.26418/jvip.v14i1.50290. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v14i1.50290

Arman, M. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Meronce Melalui Media Looseparts di TK Batu Pole. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 292–301. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.2770. DOI: https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.2770

Christine, C., Karnawati, K., & Nugrahenny C, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua terhadap Anak Generasi Alfa dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial. Edulead: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 235–250. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i2.77. DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v2i2.77

Delima, A. I., & Sari, C. A. K. (2021). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Remaja. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 7(1), 29–37. https://doi.org/10.15548/atj.v7i1.2450. DOI: https://doi.org/10.15548/atj.v7i1.2450

Destiniar, D., Jumroh, J., & Sari, D. M. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Di SMP Negeri 20 Palembang. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4859. DOI: https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4859

Fitri, W. S., Sariah, & Bakhtiar, N. (2020). Optimalisasi Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun dalam Pembelajaran Area Seni melalui Kegiatan Meronce. Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2). https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i2.10973.

Gay, H., Taib, B., & Haryati, H. (2020). Penerapan Kegiatan Meronce Berbahan Alam Untuk Meningkatkan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 2(1), 30–44. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.1955. DOI: https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.1955

Hasbin, H., Taib, B., & Arfa, U. (2021). Analisis Kegiatan Meronce Menggunakan Tutup Botol Bekas Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 3(1), 77–89. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2168. DOI: https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2168

Istanti, E., Debibik, D. N. F., & Rina, R. S. (2021). Stimulasi Kemampuan Berpikir Simbolik Melalui Kegiatan Meronce Anak Usia 4-5. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 205–219. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.5035 DOI: https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.5035

Khayyirah, G. K., Sumardi, S., Elan, E., & Gandana, G. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Meronce Menggunakan Manik-Manik Pada Kelompok B2 di TK Al- Hamid Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 2(2), 150–162. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24541. DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24541

Kuswanto, C. W., Marsya, D., Jatmiko, A., & Pratiwi, D. D. (2021). Kegiatan Meronce Untuk Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 16(1), 57–68. https://doi.org/10.21009/JIV.1601.6. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1601.6

Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, Z., & Aji, G. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218–226. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.644. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.644

Nuraya, N., Nurhasanah, N., Suarta, I. N., & Astawa, I. M. S. (2022). Pengembangan Kegiatan Meronce Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Mekar Sari Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1052. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1052

Nuzalifa, Y. U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Lesson Study Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 48–57. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.31774. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.31774

Oktafiani, A., & Rakimahwati. (2023). Penerapan Kegiatan Meronce dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2245–2256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4198. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4163

Pardede, E. N., Supena, A., & Fahrurrozi, F. (2018). Hubungan Kelekatan Orangtua Dan Regulasi Diri Dengan Kemampuan Sosial Anak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 37–50. https://doi.org/10.21009//jpud.121.04. DOI: https://doi.org/10.21009//JPUD.121.04

Perdina, S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Sosial melalui Bermain Kartu Estafet pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 440. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.222. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.222

Putri, N. P. I. A., Pujani, N. M., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Keterampilan Sosial Dan Prestasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 92. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19377. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19377

Rachman, S. P. D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 52–65. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5312. DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5312

Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(1), 57–64. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717. DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502

Retalia, R., Soesilo, T. D., & Irawan, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Remaja. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 139–149. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p139-149. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p139-149

Rut, N., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Silaban, P. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Sosial Anak SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 449–455. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.568. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.568

Sari, M., Yetti, E., & Supena, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Kegiatan Tari Saman. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.240. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.240

Solihah, S., Ali, M., & Yuniarni, D. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Tk Mujahidin Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/49434.

Suantara, I. K. T., Ganing, N. N., & Wulandari, I. G. A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media TTS terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 473. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783

Sudyana, D. K., Satria, I. K., & Winantra, I. K. (2020). Konseling Behavioral Dan Penguatan Positif Dalam Meningkatkan Prilaku Sosial Peserta Didik. Widyanatya, 2(02), 79–85. https://doi.org/10.32795/widyanatya.v2i02.1049. DOI: https://doi.org/10.32795/widyanatya.v2i02.1049

Susanti, S., Sumardi, S., & Nugraha, A. (2020). Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelompok B TK Aisyiyah 2. Jurnal Paud Agapedia, 3(1), 89–100. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i1.26671. DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v3i1.26671

Tamara, T. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Think-Pair-Share dan Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Indonesian Journal Of Economics Education, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.17509/jurnal.

Tjaya, A. T. Y. ., Yomima, G., Wondal, R., & Haryati, H. (2020). Peranan Kegiatan Meronce Dengan Bahan Bekas Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 2(1), 59–71. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.1984. DOI: https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.1984

Wakhid, A., Andriani, N. S., & Saparwati, M. (2019). Kemampuan Interaksisosial Siswa Usia 10-12 Tahun Diungaran. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(2), 87. https://doi.org/10.26714/jkj.5.2.2017.87-90. DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.5.2.2017.87-90

Wicaksono, B., Sagita, L., & Nugroho, W. (2017). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Aksioma, 8(2), 1. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1876. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1876

Wulandari, N. made A., & Pudjawan, I. K. (2019). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Meronce Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15716. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15716

Yuliana, Ramli, S. A., & Hajeni, H. (2020). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Pkk To’lemo Kabupaten Luwu. Tematik: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 76. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15885. DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15885

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Gea, K. N. P., Tegeh, I. M. ., & Handayani, D. A. P. . (2023). Kegiatan Meronce Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Keterampilan Sosial Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), 157–164. https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.63384

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>