Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Selama Pembelajaran Daring pada Siswa XI Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Pezzy Eka Putri Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Lufri Lufri Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Helendra Helendra Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Sa’adiyah Fuadiyah Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.37617

Keywords:

Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Daring

Abstract

Berbagai permasalah muncul akibat pendemi covid-19 salah satunya adalah kualiatas Pendidikan. Masalah yang saat ini muncul dalam pembelajaran daring yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar adalah motivasi Belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar Biologi peserta didik kelas XI selama pembelajaran daring Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA. Sampel penelitian berjumlah 56 orang dengan teknik satruration sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif , dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar Biologi peserta didik kelas XI selama pembelajaran daring dengan nirai r= 0, 301; koefisien nilai thitung yaitu 2, 3226 lebih besar dari pada koefisien ttabel yaitu 1, 67356. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifakan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi peserta didik kelas XI selama pembelajaran daring. Motivasi belajar diperlukan agar siswa lebih semangat dalam belajar sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa.

Author Biographies

Pezzy Eka Putri, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat, Indonesia

Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA

Lufri Lufri, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat, Indonesia

Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA

Helendra Helendra, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat, Indonesia

Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA

Sa’adiyah Fuadiyah, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat, Indonesia

Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA

References

Al-Idrus, S. W., Muti’ah, M., & Rahmawati, R. (2021). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Kimia Lingkungan di Masa Pandemic Covid 19. AS-SABIQUN, 3(1), 14–25. https://doi.org/10.36088/ASSABIQUN.V3I1.1117. DOI: https://doi.org/10.36088/assabiqun.v3i1.1117

Anas, M., & Aryani, F. (2014). Motivasi Belajar Mahasiswa. Penelitian Pendidikan INSANI, 16(1), 41–46. https://doi.org/10.26858/ijes.v16i1.3973.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Bilik, Ö., Kankaya, E. A., & Deveci, Z. (2020). Effects of web-based concept mapping education on students’ concept mapping and critical thinking skills: A double blind, randomized, controlled study. Nurse Education Today, 86, 104312. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2019.104312. DOI: https://doi.org/10.1016/j.nedt.2019.104312

Browning, M. H. E. M., Larson, L. R., Sharaievska, I., Rigolon, A., McAnirlin, O., Mullenbach, L., Cloutier, S., Vu, T. M., Thomsen, J., Reigner, N., Metcalf, E. C., D’Antonio, A., Helbich, M., Bratman, G. N., & Alvarez, H. O. (2021). Psychological impacts from COVID-19 among university students: Risk factors across seven states in the United States. PloS One, 16(1), e0245327. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0245327. DOI: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0245327

Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242

Budiwibowo, S. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Ips Di Smp Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 1(1), 60. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.66. DOI: https://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.66

Cahyani, A., Listiana, I. D., S. Puteri, & Larasati. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018. DOI: https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Sugihartini, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Matakuliah Kurikulum dan Pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 5(3), 149. https://doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922. DOI: https://doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582. DOI: https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461

Handayani, R. D. (2017). Analisis Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2), 320–333. https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.8449. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.8449

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Hogan, R., & Devi, M. (2019). A synchronous pedagogy to improve online student success. International Journal of Online Pedagogy and Course Design, 9(3), 61–77. https://doi.org/10.4018/IJOPCD.2019070105. DOI: https://doi.org/10.4018/IJOPCD.2019070105

Husain, B., Idi, Y. N., & Basri, M. (2021). Teachers’ Perceptions on Adopting E-Learning During Covid-19 Outbreaks; Advantages, Disadvantages, Suggestions. Jurnal Tarbiyah, 27(2), 41–57. https://doi.org/10.30829/tar.v27i2.738. DOI: https://doi.org/10.30829/tar.v27i2.738

König, J., Jäger-Biela, D. J., & Glutsch, N. (2020). Adapting to online teaching during COVID-19 school closure: teacher education and teacher competence effects among early career teachers in Germany. European Journal of Teacher Education, 43(4), 608–622. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1809650. DOI: https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1809650

Korkmaz, G., & Toraman, Ç. (2020). Are We Ready for the Post-COVID-19 Educational Practice? An Investigation into What Educators Think as to Online Learning. International Journal of Technology in Education and Science, 4(4), 293–309. https://doi.org/10.46328/ijtes.v4i4.110. DOI: https://doi.org/10.46328/ijtes.v4i4.110

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(1).

Lapada, A. A., Miguel, F. F., Robledo, D. A. R., & Alam, Z. F. (2020). Teachers’ Covid-19 Awareness, Distance Learning Education Experiences and Perceptions towards Institutional Readiness and Challenges. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(6), 127–144. https://doi.org/10.26803/ijlter.19.6.8. DOI: https://doi.org/10.26803/ijlter.19.6.8

Mardliyah, S., Yulianingsih, W., & Putri, L. S. R. (2021). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Ayu, S., & Umar, M. (2020). Kurikulum Dan Metode Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 the Implementation of Character Education Integrated To Curriculum and Learning Methods During Covid-19 Pandemic. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020. DOI: https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020

Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 343–358. https://doi.org/10.22219/jipt.v3i2.3536.

Noori, A. Q. (2021). The Impact of COVID-19 Pandemic on Students’ Learning in Higher Education in Afghanistan. Heliyon, 7(June), e08113. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08113. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08113

Nur Utami, K., & Mustadi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 14–25. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15492. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15492

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 86–95. https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.3046.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Patria, S. F. D., & Heswari, S. (2021). Development of ethnomathematic-based on mathematics e-module to improve students’ logical thinking skills. AIP Conference Proceedings 233, 040005–1–040005–040007. https://doi.org/10.1063/5.0043250. DOI: https://doi.org/10.1063/5.0043250

Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 01. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.7155.

Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes). Pendidikan Jurnal Perkantoran Manajemen, 2(2), 188–201. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19 (Answering the Problems Facing Early Childhood During the COVID-19 Pandemic). Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, 14(1), 29–50. https://doi.org/10.20414/Qawwam.v14i1.2310.

Sartika, & Erni Munastiwi. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-04. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-04

Sartika, S. H., Dahlan, D., & Waspada, I. (2018). Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Melalui Kebiasaan Belajar Siswa. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 17(1), 39–51. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9760. DOI: https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9760

Silva, A. B. Da, Bispo, A. C. K. de A., Rodriguez, D. G., & Vasquez, F. I. F. (2018). Problem-based learning: A proposal for structuring PBL and its implications for learning among students in an undergraduate management degree program. REGE Revista de Gestão, 25(2), 160–177. https://doi.org/10.1108/REGE-03-2018-030. DOI: https://doi.org/10.1108/REGE-03-2018-030

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019. DOI: https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118

Widoyoko, E. P., & Rinawati, A. (2012). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2), 278–289. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845

Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make a Match Untuk Pembelajaran IPA Yang Menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52. https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579. DOI: https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579

Wisnu, & Komang. (2019). Menanamkan Konsep Catur Paramita Pada Anak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga Dan Sekolah. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 41–46. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.737. DOI: https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.737

Wuarlela, M. (2020). Variasi Metode Dan Media Pembelajaran Daring Untuk Mengakomodasi Modalitas Belajar. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 261–272. https://doi.org/10.30598/arbitrervol2no2hlm261-272. DOI: https://doi.org/10.30598/arbitrervol2no2hlm261-272

Yoga Purandina, I. P., & Astra Winaya, I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454. DOI: https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Yuzulia, I. (2021). The Challenges of Online Learning during Pandemic: Students’ Voice. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 13(1), 08–12. https://doi.org/10.31294/w.v13i1.9759. DOI: https://doi.org/10.31294/w.v13i1.9759

Downloads

Published

2021-12-04

How to Cite

Putri, P. E., Lufri, L., Helendra, H., & Fuadiyah, S. (2021). Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Selama Pembelajaran Daring pada Siswa XI Sekolah Menengah Atas. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 338–342. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.37617

Issue

Section

Articles