Video Animasi Materi Sistem Tata Surya Berorientasi Problem Based Learning dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.45842Keywords:
Video Animasi, PBL, IPAAbstract
Kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Hal ini menandakan rendahnya pemahaman siswa dapat disebabkan oleh kurangnya semangat dan minat siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah media pembelajaran berupa video animasi pada pokok bahasan sistem tata surya muatan ilmu pengetahuan alam berorientasi problem based learning kelas VI yang layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan acuan model pengembangan ADDIE. Subyek yang dilibatkan adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain, ahli media, dan siswa kelas VI. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, dan observas dengan instumen angket. Data yang diperoleh dianilisis menggunakan statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui persentase kelayakan produk. Hasil penilaian uji ahli isi pembelajaran sebesar 90%, hasil penilaian uji ahli desain pembelajaran sebesar 90%, hasil penilaian uji ahli media pembelajaran sebesar 90,62%, dan hasil penilaian uji coba perorangan sebesar 93,74%, serta hasil penilaian uji coba kelompok kecil sebesar 93,51% media video animasi dikategorikan sangat baik. Sehingga. media video animasi pokok bahasan sistem tata surya muatan ilmu pengetahuan alam berorientasi Problem Based Learning pada siswa kelas VI efektif dalam pembelajaran kelas VI sekolah dasar.
References
Agustina, M. (2018). Peran Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dalam Pembelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah (MI) / Sekolah Dasar (SD). At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–10. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/110.
Aisyah, N., Safitri, S. L., Zahra, F., & Santoso, D. I. (2021). Pengembangan E-Modul dengan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran PAI. Manazhim, 3(2), 273–284. https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i2.1397. DOI: https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i2.1397
Alifia, V., & Hendriana, B. (2021). Video Animasi yang Dapat Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Masa Pandemi Covid 19 untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 243. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156
Andersen, A. L., & Rösiö, C. (2021). Continuing Engineering Education (CEE) in Changeable and Reconfigurable Manufacturing using Problem-Based Learning (PBL). Procedia CIRP, 104, 1035–1040. https://doi.org/10.1016/j.procir.2021.11.174. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procir.2021.11.174
Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690
Asmi, A., Neldi, H., & FIK-UNP, K. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Metode Bermain Pada Kelas VIII-4 Sekolah Menengah. Jurnal MensSana, 3(1), 33. https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64. DOI: https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64
Bock, A., Modabber, A., Kniha, K., Lemos, M., Rafai, N., & Hölzle, F. (2018). Blended learning modules for lectures on oral and maxillofacial surgery. British Journal of Oral and Maxillofacial Surgery, 56(10), 956–961. https://doi.org/10.1016/j.bjoms.2018.10.281. DOI: https://doi.org/10.1016/j.bjoms.2018.10.281
Eryani, N. H. zain; I. C. S. R. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(10), 1–14. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17132/14624.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338
Handayani, N. L. P. A. E., Bayu, G. W., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Media Video Pembelajaran pada Muatan IPA Topik Perubahan Energi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 420–426. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39732. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39732
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Hapsari, R. A., & Hafidah, R. (2021). Perbandingan Pemahaman Seks Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau dari Penerapan Pendidikan Seks. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2078–2084. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1363. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1363
Hariati, P., Lily, R., & Islamiani, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Respon Siswa the Effect of Using Animation Video Media on Student Responses in Mathematics Learning on Operating Number of Round Numbers. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 6(1), 18–22. https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1657. DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1657
Hayes, C., & Sumekar, T. A. (2017). Pengaruh Brain Training Terhadap Tingkat Inteligensia. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 6(2), 402–416. https://doi.org/10.14710/dmj.v6i2.18556.
Irfan, Muhiddin, & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPABerbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 18. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21765. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21765
Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69–80. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893.
Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828
Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1373.
Mashari, A. (2015). Profile of High Touch in the Application Learning Process. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 65. https://doi.org/10.24127/gdn.v5i1.55. DOI: https://doi.org/10.24127/gdn.v5i1.55
Mawarani, G. (2019). Hubungan Antara Kecenderungan Internet Addiction Dengan Empati Pada Anak Sekolah Dasar. Cognicia, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.22219/COGNICIA.Vol7.No1.%25p. DOI: https://doi.org/10.22219/cognicia.v7i1.8145
Mayang Ayu Sunami, & Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1–9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105
Mulyani, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Masa Pandemi Covid 19. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 2(2), 84–89. https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i2.489. DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i2.489
Muslina, M., Halim, A., & Khaldun, I. (2018). Kelayakan Media Animasi Hukum Newton Ii Tentang Gerak Pada Bidang Miring Dan Katrol Di Sma Kabupaten Aceh Besar. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(1), 64–72. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i1.9568. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v1i1.9568
Naibaho, D. (2018). Peranan Guru Sebagai Fasilitator dalam Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 77–86. https://doi.org/https://doi.org/10.46965/jch.v2i1.112.
Nugraha, A. S., & Setyaningtyas, E. W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping Kelas 5. E-Jurnal Mitra Pendidikanpendidikan, 1(5), 1–10. https://doi.org/10.1192/s0368315x00238942. DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.378
Nurkhasanah, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatan Aktifitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IX.A SMP Negeri 1 Gangga. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(1), 47. https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1393. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1393
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Perdana, R., Jumadi, J., Rosana, D., & Riwayani, R. (2020). The online laboratory simulation with concept mapping and problem based learning (Ols-cmpbl): Is it effective in improving students’ digital literacy skills? Cakrawala Pendidikan, 39(2), 382–394. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31491. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31491
Perusso, A., & Baaken, T. (2020). Assessing the authenticity of cases, internships and problem-based learning as managerial learning experiences: Concepts, methods and lessons for practice. International Journal of Management Education, 18(3), 100425. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100425. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100425
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Kelas IV SD. Jurnal Edutech, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.
Prastiwi, H., Sari, K. P., & Nugroho, I. (2021). Tingkat Pemahaman Guru Terhadap Karakteristik Peserta. 1(2), 1–8. https://doi.org/https:??doi.orh/10.31603/bier.6162.
Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9964/4705.
Roza, M. A. (2020). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kontekstual Pada Pelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 1(3), 87–92. https://doi.org/10.37251/jber.v1i3.108. DOI: https://doi.org/10.37251/jber.v1i3.108
Rozie, F. (2018). Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Pencapaian Tujuan Pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i2.3863.
Setiawan, L., Sulistya Wardani, N., Intan Permana, T., & Kristen Satya Wacana, U. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1068. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1068
Silmi, M. ., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan RI SD Kelas V. Jpgsd, 6(4). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/23611.
Siubelan, B. C. (2020). Upaya Guru Pak Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 1 Sd Waikabubak Menggunakan Alat Peraga. Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(2). https://doi.org/10.31219/osf.io/ucjyx. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/ucjyx
Sudianto, Rif’at, M., & Yan, A. (2013). Aktivitas Belajar, Media Animasi . Https://Media.Neliti.Com/, 1–10.
Sukarini, K, Bagus, I., & Manuaba, S. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.
Sukarini, Komang, Bagus, I., & Manuaba, S. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055
Yudianto, W. D. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(4), 389. https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.227. DOI: https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.227
Yuniarni, Sari, & Atiq. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Arlinda Gautama Putri, Ni Nyoman Ganing, Maria Goreti Rini Kristiantari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)