Pengaruh Lokasi dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian di Togamas Singaraja

Authors

  • Komang Taksu Pranata .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E., M.M. .
  • I Nengah Suarmanayasa, S.E., M.Si. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh lokasi dan suasana toko terhadap keputusan pembelian di Togamas Singaraja, (2) pengaruh lokas terhadap keputusan pembelian di Togamas Singaraja, (3) pengaruh suasana toko terhadap keputusan pembelian di Togamas Singaraja. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan Togamas Singaraja dengan menggunakan metode accidental sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner yang memiliki total 13 pernyataan, kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) lokasi dan suasana toko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Lokasi dan suasana toko memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 65,2% dan sementara 34,8% dipengaruhi oleh sebab lain di luar model, (2) lokasi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, lokasi menyumbangkan pengaruh sebesar 17,1% terhadap keputusan pembelian di Togamas Singaraja, (3) suasana toko memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, suasana toko menyumbangkan pengaruh tertinggi yaitu sebesar 32,3% terhadap keputusan pembelian di Togamas Singaraja.
Kata Kunci : keputusan pembelian, lokasi, suasana toko

This research analyses: (1) the influence of store location and situation on purchase decision at Togamas Singaraja, (2) the influence of store location on purchare decision at Togamas Singaraja, and (3) the influence of store situation on purchase decision at Togamas Singaraja. The sample is Togamas Singaraja customers selected by using accidental sampling method. The data is collected by using a questionnaire consisting of 13 questions and analyzed by using multi linear regression method. The result shows that: (1) store location and situation have a significant influence on purchasing decision with a value of 65,2% and 34,8% temporarily influenced by other factors outside the model. (2) store location significantly influences purchase decision with a value of 17,1% and (3) store situation significantly influences purchasing decision with the highest value, 32,3%.
keyword : Location, purchase decision, store condition

Published

2019-07-29

How to Cite

., K. T. P., ., N. N. Y. S. M. ., & ., I. N. S. S. M. (2019). Pengaruh Lokasi dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian di Togamas Singaraja. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/19068

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>