ATMOSFER TOKO DAN EMOSI POSITIF DALAM MEMPENGARUHI PEMBELIAN IMPULSIF KONSUMEN UD. MANIK PERTIWI DI BUSUNGBIU

Authors

  • Putu Mahendra .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E., M.M. .
  • I Nengah Suarmanayasa, S.E., M.Si. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh atmosfer toko dan emosi positif terhadap pembelian impulsif pada konsumen UD. Manik Pertiwi di Busungbiu baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif kausal. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen UD. Manik Pertiwi di Busungbiu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 152 responde yang dimana pengambilan sampel berdasarkan kebetulan atau disebut juga Incidental Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan jumlah total pernyataan sebanyak 19 butir dan dianalisis menggunakan analisis jalur yang dibantu program Statistical Product and service solution versi 20. Adapun Hasil dari penelitian ini adalah (1) atmosfer toko berpengaruh positif dan signifikan signifikan terhadap pembelian impulsif . (2) emosi positif berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. (3) atmosfer toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif melalui emosi positif dengan. (4) atmosfer toko dan emosi positif berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif.
Kata Kunci : atmosfer toko, emosi positif, pembelian impulsif

This study aims to examine the effect of store atmosphere and positive emotions on impulsive buying on UD. Manik Pertiwi consumers in Busungbiu both directly and indirectly. This research belongs to quantitative causal research. The population of this research is all consumers of UD. Manik Pertiwi in Busungbiu. The sample used in this study was 152 respondents in which sampling was based on coincidence or also called incidental sampling. The data collection technique in this study is a questionnaire with a total number of 19 items and analyzed using path analysis assisted by Statistical Product and service solution program version 20. The results of this study are (1) store atmosphere has a positive and significant effect on impulsive buying. (2) positive emotions have a positive and significant effect on impulsive buying. (3) store atmosphere has a positive and significant effect on impulsive buying through positive emotions with. (4) store atmosphere and positive emotions have a significant effect on impulsive buying
keyword : impulsive purchases, positive emotions, store atmosphere

Published

2019-07-29

How to Cite

., P. M., ., N. N. Y. S. M. ., & ., I. N. S. S. M. (2019). ATMOSFER TOKO DAN EMOSI POSITIF DALAM MEMPENGARUHI PEMBELIAN IMPULSIF KONSUMEN UD. MANIK PERTIWI DI BUSUNGBIU. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/19069

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>