PENGARUH DIMENSI EKUITAS MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK KARTU PAKET INTERNET TRI (3)

Authors

  • Kadek Budiasa .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E., M.M. .
  • I Nengah Suarmanayasa, S.E., M.Si. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara simultan dan parsial dari variabel loyalitas merek, asosiasi merek, kesadaran merek dan citra merek terhadap ekuitas merek kartu paket internet Tri (3). Penelitian ini dilakukan di Universitas Pendidikan Ganesha. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa Manajemen Universitas Pendidikan Ganesha yang pernah menggunakan kartu paket internet Tri (3) sebanyak 3 kali selama tiga tahun terakhir. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Loyalitas merek tidak berpengaruh signifikan terhadap ekuitas merek, 2) asosiasi merek tidak berpengaruh signifikan terhadap ekuitas merek, 3) kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap ekuitas merek dan 4) citra merek berpengaruh signifikan terhadap ekuitas merek. Loyalitas merek, asosiasi merek, kesadaran merek dan citra merek secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap ekuitas merek, dengan sumbangan pengaruh sebesar 92,5%.
Kata Kunci : asosiasi merek, citra merek, ekuitas merek

Abstract The study aims to test the simultaneous and partial influence of brand loyalty variables, brand associations, brand awareness and brand image towards the brand equity of Internet Packet Card Tri (3). This research was conducted at Ganesha University of Education. The sample of this research was the student of Ganesha University of Education management who has used the Internet Package card Tri (3) 3 times over the last three years. The method of collecting data in this study is with questionnaires and interviews. This research is a causal quantitative study. The results of this study indicate that 1) brand loyalty has no significant effect on brand equity, 2) brand associations have no significant effect on brand equity, 3) brand awareness significantly affects brand equity and 4) Brand image has a significant effect on brand equity. Brand loyalty, brand associations, brand awareness and brand image jointly influence significantly on brand equity, with a donation of 92.5% influence.
keyword : brand association, brand image, brand equity

Published

2019-07-29

How to Cite

., K. B., ., N. N. Y. S. M. ., & ., I. N. S. S. M. (2019). PENGARUH DIMENSI EKUITAS MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK KARTU PAKET INTERNET TRI (3) . Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/19077

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>