Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • L. Widi Astriani Jurusan PGSD, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Km Sudarma Jurusan TP, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17907

Abstract

Permasalahan rendahnya hasil belajar IPA yang ditemukan pada siswa kelas III di Gugus II Kecamatan Kubutambahan menjadi masalah utama untuk dilakukan penelitian ini. Rendahnya hasil belajar IPA diduga karena guru-guru dalam pembelajaran cenderung menggunakan metode yang kurang inovatif. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran scramble berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III di SD Gugus II Kecamatan Kubutambahan Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian adalah siswa kelas III di SD Gugus II Kecamatan Kubutambahan yang berjumlah 194 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas III SDN 1 Kubutambahan yang berjumlah 36 siswa dan SDN 6 Kubutambahan yang berjumlah 35 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode tes bentuk pilihan ganda. Data hasil penelitian tersebut dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen adalah 25,33 berada pada kategori sangat tinggi, (2) rata-rata hasil belajar siswa kelompok kontrol adalah 17,00 berada pada kategori sedang, (3) Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel (10,6 > 1,99). Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran scramble berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III di SD Gugus II Kecamatan Kubutambahan Tahun Pelajaran 2017/2018.

References

Agung, Anak. Agung Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Adiya Media Publishing.

Artini, A.A ayu Sri Vidya. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Kapten Kompiang Sujana”. Mimbar PGSD. Vol 2. No. 1 tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1880 (diakses tanggal 21 Desember 2017).

Astuti, Ni Made Dwi Kurni. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Kecamatan Buleleng”. Mimbar PGSD. Vol 5. No. 2 tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewfile/11024/7075 (diakses tanggal 21 Desember 2017).

Citrasmi, Ni Wayan. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media gambar Terhadap Hasil Belajar IPA di SD Negeri 1 Semarapura Tengah Kecamatan Klungkung”. Mimbar PGSD. Vol 4. No. 1 tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index. php/JJPGSD/article/view/8425 (diakses tanggal 21 Desember 2017).

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2016. Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Masnati. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas V SD Negeri 020 Tembilahan Hilir. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau Volume 1 Nomor 2 Hal. 318-323. Tersedia Pada : https://media.neliti.com/media/publications/258081-penerapan-model-pembelajaran-scramble-un-f16ff494.pdf.

Murti, I Gede Ari. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus I Kecamatan Nusa Penida Semester Genap Tahun Pelajaran2015/2016”. Mimbar PGSD. Vol. 4 No. 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7522 (diakses tanggal 21 Desember 2017).

Qamariah, Nurul, Syifaul Gummah, dan Dwi Sabda Budi Prasetyo. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram Vol. 4, No 1 Hal. 41-46. Tersedia Pada : https://media.neliti.com/media/publications/269540-penerapan-model-pembelajaran-scramble-un-f6bb888a.pdf.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudarmi , dan Burhanuddin. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Eralingua : Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra Volume 1 No.1 Hal. 72-79. Tersedia Pada : https://ojs.unm.ac.id/eralingua/article/view/2991.

Suryanta, I Made. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media gambar Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Yos Sudarso Denpasar”. Mimbar PGSD Vol 2. No. 1. Tersedia pada http://download, portalgaruda.org/article.php?article=145601&val=1342&title=pengaruh%20model%20pembelajaran%20Scramble20%berbantuanmediagambaranimasi%20terhadap%20Hasilbelajar%20IPA%20siswa%20kelasV520gugusYosSudarso%20Denpasar. (Diakses pada 21 Desembel 2018).

Suryaningtyas, Karlina. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble dan Media Wayang terhadap Kemampuan Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan Siswa Kelas III SDN Ngadirejo Kediri. Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 08 Hal. 1-11. Tersedia Pada : http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/9df8ada558464a56d94f3213d6632cf6.pdf.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Widiantari, Ni Nym., H. Syahruddin, I W. Widiana. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha Vol. 1 No. 1 Hal. 1-12. Tersedia Pada : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jjpgsd/article/view/819.

Downloads

Published

2019-06-26

How to Cite

Astriani, L. W., & Sudarma, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 186–194. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17907

Issue

Section

Articles