Analisis Penggunaan Ragam Bahasa Indonesia Siswa dalam Komunikasi Verbal

Kd Dana Handika, I Km Sudarma, I Nym Murda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan identifikasi ragam bahasa Indonesia siswa dalam komunikasi verbal, pola interaksi siswa dalam pembelajaran melalui penggunaan ragam bahasa, dan dampak pola interaksi siswa dalam penggunaan ragam bahasa terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 4 Pedawa. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SD Negeri 4 Pedawa yang berjumlah 84 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, rekam, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif dalam proses mendapatkan data penelitian dan mendeskripsikan dengan kata-kata tertulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa di dalam komunikasi verbal terdapat ragam bahasa dari segi keformalan yang terdiri dari ragam beku yang digunakan sebanyak 9 tuturan (11%), ragam resmi sebanyak 23 tuturan (28%), ragam santai sebanyak 50 tuturan (60%), dan ragam akrab sebanyak 1 tuturan (1%). Pola interaksi yang terjadi terdiri dari komunikasi satu arah, komunikasi dua arah, dan komunikasi multi arah. Sedangkan hasil belajar siswa yang ditemukan beragam, siswa kelas I yang sudah mencapai KKM sebanyak 12 siswa (86%), siswa kelas II yang sudah mencapai KKM sebanyak 13 siswa (93%), siswa kelas III yang sudah mencapai KKM sebanyak 12 siswa (80%), siswa kelas IV yang sudah mencapai KKM sebanyak 6 siswa (75%), siswa kelas V yang sudah mencapai KKM sebanyak 10 siswa (67%), dan siswa kelas VI yang sudah mencapai KKM sebanyak 14 siswa (82%).

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pola Interaksi, Ragam Bahasa


Full Text:

PDF

References


Agustina, Sinta, dkk. 2015. “Analisis Penggunaan Bahasa Alay Dalam Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar”. Penelitian. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya.

Apriastuti, Ayu Ari. 2017. “Bentuk, Fungsi Dan Jenis Tindak Tutur Dalam Komunikasi Siswa di Kelas IX Unggulan SMP PGRI 3 Denpasar”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 14, No. 1 (hlm. 38-47).

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 1995. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Djamarah, Syiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurniawati. 2009. “Pengaruh Prestise Lokasi Tuturan Terhadap Ragam Bahasa Remaja Puteri Dalam Percakapan Informal”. Jurnal Pendidikan Dasar.. Vol. 1, No. 1.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Siregar, Syofian. 2010. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sudaryati, Sri. 2018. “Variasi Keformalan Dalam Wacana Kelas Mahasiswa Angkatan 2016 Kelas A Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Tadulako”. Jurnal. Vol. 3 No. 5.

Sumarlam, dkk. 2012. Pelangi Nusantara: Kajian Berbagai Variasi Bahasa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yulia, Nova. 2013. “Ragam Bahasa Anak-anak: Ditinjau dari Segi Sosiolinguistik”. Lingua Didaktika. Vol. 6. No. 2 (hlm. 109-119).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran indexed by:


 Crossref  

 

Creative Commons License

Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats