Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Percaya Diri dengan Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19326Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika, (2) hubungan percaya diri dengan hasil belajar matematika, (3) hubungan pola asuh orang tua dan percaya diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas III SD di Gugus I Kecamatan Kubutambahan pada tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas III SD di Gugus I Kecamatan Kubutambahan pada tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 123 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 89 orang siswa yang diambil dengan teknik Proporsional Random Sampling. Data terkait pola asuh orang tua dan percaya diri dikumpulkan melalui pengisian angket yang dilakukan oleh siswa, sedangkan data tentang hasil belajar matematika siswa diperoleh melalui pencatatan dokumen (document analyze). Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan analisis regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, (1) hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika sebesar = 0,896 dan koefisien determinasinya sebesar 80,1%, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika. (2) hubungan percaya diri dengan hasil belajar matematika sebesar = 0,844 dan koefisien determinasinya sebesar = 71,2%, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan percaya diri dengan hasil belajar matematika. (3) hubungan pola asuh orang tua dan percaya diri dengan hasil belajar matematika sebesar = 0,942 dan koefisien determinasinya sebesar = 88,8%, yang berarti terdapat hubungan secara bersama-sama pola asuh orang tua dan percaya diri dengan hasil belajar matematika.
Kata Kunci: pola asuh orang tua, percaya diri, hasil belajar matematika.
References
Arsa, I Gede Agus Sumadi. 2017. “Korelasi Antara Percaya Diri Dalam Belajar Dengan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Gugus Kecamatan Mengwi Tahun Pelajaran 2016/2017”. Jurnal Mimbar PGSD. Volume 5, Nomor 2 (hlm. 2-5)
Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Budiarnawan, Ketut Agus. 2014. “Hubungan Antara Konsep Diri Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Desa Selat”. Jurnal Mimbar PGSD. Volume 2, Nomor 1 (hlm. 2-4)
Budiman, Arya. 2016. Tampil Memukau & Percaya Diri Menjadi Ahli Pidato & MC Tanpa Minder & Grogi. Yogyakarta: Araska.
Hidayat, Komaruddin & Khoiruddin Bashori. 2016. Psikologi Sosial: Aku, kami, Dan Kita. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Japa, I Gusti Ngurah & I Made Suarjana. 2015. Pendidikan Matematika 1. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Jihad, Asep & Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori Praktik Dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
Pucangan, Ketut Yuning Jayasri. 2017. “Hubungan Antara Konsep Diri Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Desa Selat”. Jurnal Mimbar PGSD. Volume 1, Nomor 2 (hlm. 2-8)
Sugiartini, Ni Ketut. 2017. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Percaya diri Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V”. Jurnal Mimbar PGSD. Volume 5, Nomor 2 (hlm. 2-9)
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wibowo, Agus. 2016. “Hubungan Lingkungan Kampus, Pola Asuh Orang Tua Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta”. Humanika. Volume 16, Nomor 1 (hlm. 34-52).
Widyanti, Iga Fifi. 2017. “Kecenderungan Kualitas Percaya diri Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sukasada Kabupaten Buleleng”. Jurnal Mimbar PGSD. Volume 5, Nomor 2 (hlm. 2)
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)