Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Percaya Diri dengan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Komang Oktarini Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Md Suarjana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Arini Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19326

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika, (2) hubungan percaya diri dengan hasil belajar matematika, (3) hubungan pola asuh orang tua dan percaya diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas III SD di Gugus I Kecamatan Kubutambahan pada tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas III SD di Gugus I Kecamatan Kubutambahan pada tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 123 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 89 orang siswa yang diambil dengan teknik Proporsional Random Sampling. Data terkait pola asuh orang tua dan percaya diri dikumpulkan melalui pengisian angket yang dilakukan oleh siswa, sedangkan data tentang hasil belajar matematika siswa diperoleh melalui pencatatan dokumen (document analyze). Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan analisis regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, (1) hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika sebesar = 0,896 dan koefisien determinasinya sebesar 80,1%, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika. (2) hubungan percaya diri dengan hasil belajar matematika sebesar = 0,844 dan koefisien determinasinya sebesar = 71,2%, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan percaya diri dengan hasil belajar matematika. (3) hubungan pola asuh orang tua dan percaya diri dengan hasil belajar matematika sebesar = 0,942 dan koefisien determinasinya sebesar = 88,8%, yang berarti terdapat hubungan secara bersama-sama pola asuh orang tua dan percaya diri dengan hasil belajar matematika.

 

Kata Kunci: pola asuh orang tua, percaya diri, hasil belajar matematika.

References

Arsa, I Gede Agus Sumadi. 2017. “Korelasi Antara Percaya Diri Dalam Belajar Dengan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Gugus Kecamatan Mengwi Tahun Pelajaran 2016/2017”. Jurnal Mimbar PGSD. Volume 5, Nomor 2 (hlm. 2-5)

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Budiarnawan, Ketut Agus. 2014. “Hubungan Antara Konsep Diri Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Desa Selat”. Jurnal Mimbar PGSD. Volume 2, Nomor 1 (hlm. 2-4)

Budiman, Arya. 2016. Tampil Memukau & Percaya Diri Menjadi Ahli Pidato & MC Tanpa Minder & Grogi. Yogyakarta: Araska.

Hidayat, Komaruddin & Khoiruddin Bashori. 2016. Psikologi Sosial: Aku, kami, Dan Kita. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Japa, I Gusti Ngurah & I Made Suarjana. 2015. Pendidikan Matematika 1. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Jihad, Asep & Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori Praktik Dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Pucangan, Ketut Yuning Jayasri. 2017. “Hubungan Antara Konsep Diri Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Desa Selat”. Jurnal Mimbar PGSD. Volume 1, Nomor 2 (hlm. 2-8)

Sugiartini, Ni Ketut. 2017. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Percaya diri Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V”. Jurnal Mimbar PGSD. Volume 5, Nomor 2 (hlm. 2-9)

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wibowo, Agus. 2016. “Hubungan Lingkungan Kampus, Pola Asuh Orang Tua Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta”. Humanika. Volume 16, Nomor 1 (hlm. 34-52).

Widyanti, Iga Fifi. 2017. “Kecenderungan Kualitas Percaya diri Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sukasada Kabupaten Buleleng”. Jurnal Mimbar PGSD. Volume 5, Nomor 2 (hlm. 2)

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2019-08-15

How to Cite

Oktarini, K., Suarjana, I. M., & Arini, N. W. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Percaya Diri dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 76–83. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19326

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)