Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Media Pembelajaran dengan Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19277Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa, (2) hubungan antara media pembelajaran dengan hasil belajar matematika siswa, (3) hubungan antara motivasi belajar dan pengggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di Gugus III kelas V, sebanyak 151 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 126 siswa dengan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Regresi sederhana dan Regresi Ganda. Hasil analisis menunjukkan (1) Adanya hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa. Hasil koefisien korelasi sebesar 0,733 dan koefisien determinasi sebesar 53,7% dengan rhitung 0,733 > rtabel 0,176 maka H0 ditolak yang berarti signifikan dan besar koefisien determinasinya R Square = 0,537 jadi 0,537×100% = 53,7%, (2) Adanya hubungan positif yang signifikan antara media pembelajaran siswa dengan hasil belajar matematika. Hasil koefisien korelasi sebesar 0,775 dan koefisien determinasi sebesar 60,1% dengan rhitung 0,775 > rtabel 0,176 maka H0 ditolak yang berarti signifikan dan besar koefisien determinasinya R Square = 0,601 jadi 0,601×100% = 60,1%, (3) Adanya hubungan positif yang signifikan secara bersama antara motivasi belajar dan media pembelajaran dengan hasil belajar matematika. Hasil koefisien korelasi sebesar 0,810 dan koefisien determinasi sebesar 65,7 % dengan rhitung 0,810 > rtabel 0,176 maka H0 ditolak yang berarti signifikan dan besar koefisien determinasinya R Square = 0,657 jadi 0,657 × 100% = 65,7%.
Kata Kunci: Motivasi belajar, media pembelajaran, hasil belajar matematika
References
Mudjiono dan Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Mudjiono dan Dimyati. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media 7 sumber Pembelajaran. Jakarta: Pt. Prestasi Pustakarya.
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Shabir, M. 2015. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik . Jurnal AULADUNA, VOL. 2 NO. 2 DESEMBER 2015: 221-232
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pt Fajar Interpratama
Sardiman. A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Subianto, Imam, dkk. 2015. Hubungan Antara Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 7 Bagelen Kabupaten Pesawaran Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal fkip unila, Vol: 4 No: 7 Tahun 2016.
Trinora, Remilda, dkk. 2015. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal fkip unila, Vol: 3 No: 1 Tahun 2015.
Uno, B. Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksara.
Warsono. 2017. Guru: Antara Pendidik, Profesi, Dan Aktor Sosial . Journal of Society & Media 2017, Vol. 1(1) 1-10
Winanti, Kresni. 2017. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA N 5 Semarang Melalui Model PBL Materi Transformasi Geometri. Jurnal Profesi Keguruan JPK 3 (2) (2017): 197-204 .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)