Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Berbantu Media Ledusa Tema 3

Ayu Parmawati, Fine Reffiane, Husnul Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament berbantu media ledusa terhadap hasil belajar, kepanjangan ledusa adalah lempar dadu raksasa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kembangsari 01 Semarang, Karena pada penelitian ini jumlah populasinya kurang dari 100 siswa, maka jumlah sampel sama dengan jumlah populasi sebanyak 24 siswa. Penelitian ini hanya menggunakan satu kelas saja dimana penelitian ini dapat menguji pengaruh model kooperatif tipe TGT berbantu media ledusa, dengan membandingkan hasil siswa sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Sebelum diberi perlakuan rata-rata nilai siswa dengan uji normalitas adalah 71,67, setelah diber perlakuan nilai rata-rata siswa menjadi 81,87. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT memperoleh tanggapan positif yaitu siswa merasa senang dan tidak membosankan dengan pembelajaran team game tournament berbantu media ledusa dan dapat meningkatkan pemahaman pada tema 3 peduli terhadap makhluk hidup kelas VI. Simpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament berbantu media ledusa kelas VI SDN Kembangsari 01 Semarang berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada tema 3 peduli terhadap makhluk hidup kelas VI dan mendapat tanggapan positif dari siswa. Parmawati, A. 2019. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team game tournament berbantu media ledusa kelas VI SDN Kembangsari 01 Semarang.

 

Kata Kunci: Model team game tournament, media ledusa, hasil belajar tema 3

 


Full Text:

PDF

References


Anwar, Desi. 2001. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Abaditama.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Buku temati terpadu kurikulum 2013 revisi 2017.Jakarta: Pusat kurikulum dan perbukuan kementrian pendidikan dan kebudayaan

Iru dan Safiun. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model Model Pembelajaran. DIY: Multi Presindo.

Jimmy dan Larry. 2001.”Dadu (permainan)”. https://id.m.wikipedia.org/Dadu (permainan). Ensiklopedia. Diakses 5 Maret 2018.

Megawanti, Priarti . 2012. Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia . Jurnal Formatif 2(3): 227-234 ISSN: 2088-351X

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245 238

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ratumanan. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakata: Ombak.

Salam, dkk. 2015. “Teams Game Tournaments (TGT) Cooperative Technique for Learning Matematics in Secondary Schools in Bangladesh”. Jurnal. Diakses 28 November 2017 pukul 16.35 wib. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1111784.pdf

Saputra, dkk. 2015. Dasar-Dasar Pendidikan IPA SD. Semarang: Jurusan PGSD Universitas.

Saputra, dkk. 2016. Suplemen Pendidikan IPA SD 2. Semarang: Jurusan PGSD Universitas.

Setianingsih, dkk. 2017. Perkembangan Peserta Didik. Semarang: Jurusan PGSD FIP Universitas.

Slameto. 2010. Belajar dan Factor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Soegeng, A.Y. 2017. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Maknum Pustaka Utama.

Sudharto, dkk.2013. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Ikip PGRIPress.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Zulkarnain, Rizal. 2016. “Pengaruh Model Teams Games Tournament Melalui Permainan Sudamanda terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas III”. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran indexed by:


 Crossref  

 

Creative Commons License

Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats