Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop- Up Book Terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Shofiatun Nikmah Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
  • Harto Nuroso Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
  • Fine Reffiane Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17920

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukorejo 02 Semarang melalui model pembelajaran terpadu tipe shared berbantu media pop-up book. Sebelumnya hasil belajar siswa masih rendah  dikarenakan dalam kegiatan belajar mengajar guru belum menggunakan model pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah dan dilanjut dengan mengerjakan soal pada buku sehingga siswa merasa cepat bosan.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sukorejo 01 Semarang sebagai kelas kontrol dan SDN Sukorejo 2 Semarang sebagai kelas eksperimen yang memiliki jumlah keseluruhan 60 siswa.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif menggunakan Quasi Experimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Grup Design.Desain ini terdapat dua kelompok yang  masing-masing dipilih secara rondom (R). Kelompok pertama diberi perlakuan (X) dan yang lain tidak diberi perlakuan. Kelompok yang diberi berlakuan disebut kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak diberi perlakuan disebut kelompok kontrol.

References

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dula Stefani, N, G. Pengembangan Media Pop-up Book Pada Materi Bentuk Permukaan Bumi Untuk siswa Kelas III SDN Mangunsari Semarang.Skripsi PGSD Universitas Negeri Semarang.Diakses tanggal 14 April 2019.

Elisa Diah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan.

Fitriani, Ayu, Eko Retno Mulyaningrum, Rivanna Cittraning Rachmawati. 2018. Komparasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connect dan Webbed Melalui LSLC terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa di SMP Negeri 11 Semarang. Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 5 (2) Hal. 91-99. Tersedia Pada : http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF/article/view/3147/pdf.

Khoiriyah Evi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No.2 Juni 2018. http: ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD

Munandi, Y. 2013. Media Pembelajaran: sebuah pendekatan baru .Jakarta : Ciputat Mega Mall

Mukhadis, A dan Ulfatin, N .2014 .Keefektifan dan Kemenarian Pembelajaran Terintegrasi Model Shared Berbasis Gallery Project.Journal Ilmu Pendidian.Vol.20, No.2 Desember 2014.

Murfiah, Uum. 2017. Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar Vol. 1 No. 5 Hal. 57-69. Tersedia Pada : http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/. (Diakses pada 7 Januari 2018).

Rusman. 2017. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Kencana

Safri Meilia. 2017. Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, hlm 107-113, 2017http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soegeng, A.Y . 2017. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suryaningsih, Yeni. 2016. Implementasi Pembelajaran Terpadu Tipe Shared untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa. Jurnal Bio Educatio, Vol. 1 No. 1 Hal. 64-71. Tersedia Pada : https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/437. (Diakses pada 7 Januari 2018).

Wahyuni, S. 2017. “Keaktifan Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Gambar”. E-Journal Mitra Pendidikan, Volume 1, No. 2, (hlm 83-94). Tersedia pada http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/download/61/22. (Diakses pada 7 Januari 2018).

Yusuf, M dan Wulan, A, R. 2015.Penerapan Model Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan KPS Siswa. Journal EDUSAINS.Vol.1, No.2 Desember 2015.

Downloads

Published

2019-06-26

How to Cite

Nikmah, S., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop- Up Book Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 264–271. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17920

Issue

Section

Articles