Pengaruh Model Pembelajaran Time Token terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v1i3.19341Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Tahun Ajaran 2017/2018. Desain penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara yang berjumlah 216 orang. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 9 Pedungan dengan jumlah 51 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN 14 Pedungan dengan jumlah 45 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t polled varian. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Time Token dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Denpasar Selatan tahun ajaran 2017/2018. Dengan analisis data diperoleh thitung = 3,744 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 94 diperoleh nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung = 3,744 > ttabel = 2,000. Adapun nilai rerata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen = 77,98 > = 71,98 rerata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok control. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Tahun Ajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Model Time Token, Kompetensi Pengetahuan IPA
References
Agung, A.A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Daryanto dan Herry Sudjendro. 2014. Wacana bagi Guru SD Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Japa dan Suarjana. 2015. Buku Ajar Matematika. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 103Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)