Korelasi Antara Kecerdasan Emosional dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17620Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan interaksi sosial siswa kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas V SD yang berada di Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018 berjumlah 420 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan taraf kesalahan 5% diperoleh sampel sejumlah 191 siswa. Data kecerdasan emosional dan interaksi sosial diperoleh melalui kuesioner dan pencatatan dokumen. Sebagai uji prasyarat, menggunakan uji normalitas sebaran data. Setelah seluruh uji prasyarat terpenuhi, analisis statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh rxy hitung = 0,430. Pada Taraf signifikansi 5% dengan n = 191, maka diperoleh rxy tabel = 0,138. Karena rxy hitung = 0,430 > rxy tabel = 0,138 maka dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan interaksi sosial siswa kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan arah korelasi positif yang artinya semakin tinggi kecerdasan emosional semakin meningkat interaksi sosial siswa, serta hasil penelitian ini sebagai pendukung sumber belajar guru dalam meningkatkan kualitas pembelpelajaran dengan membentuk kecerdasan emosional dan interaksi sosial siswa di sekolah sehingga sekolah mampu menghasilkan siswa yang berkualitas.
Kata Kunci : Korelasi, Kecerdasan Emosional, Interaksi Sosial
References
Fatnar, Virgia Ningrum, dan Choirul Anam. 2014. Kemampuan Interaksi Sosial antara Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren dengan yang Tinggal Bersama Keluarga. Jurnal Fakultas Psikologi Vol. 2, No 2, Hal. 71-75. http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/. Diakses 27 Mei 2019.
Fitriyani, Listia. 2015. Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak. Lentera, Vol. XVIII No. 1 Hal. 93-110. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/lentera_journal/ . Diakses 27 Mei 2019.
Golmen, Daniel. 1995. Emotional Itelligence (Kecerdasan Emosional). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Golmen, Daniel. 1999. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Pretasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Maksum, Khanif. 2013. Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Dengan Tingkat Prestasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Jajaran Bantul Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Vol.03.Nomor.01. di akses tanggal: 28 Desember 2017.
Murni, M. Asrori, Indri Astuti. 2015. Korelasi Kecerdasan Emosional Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 9 Hal. 1-13. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/issue/view/506. Diakses 27 Mei 2019.
Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. di akses tanggal: 22 Oktober 2016.
Sari, Teti Devita, dan Ami Widyastuti. 2015. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Kemampuan Manajemen Konflik Pada Istri. Jurnal Psikologi Vol. 11 No. 1 Hal. 49-54. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/. Diases 27 Mei 2019.
Sujarwanto, Imam. 2012. Interaksi Sosial antar Umat Beragama (Studi Kasus pada Masyarakat Karangmalang Kedungbanteng Kabupaten Tegal). Journal of Educational Social Studies (JESS) Vo. 1 No. 2. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess. Diakses 27 Mei 2019.
Suryawati & Maryawati. 2001. Sosiologi. Jakarta: Esis
Umar, Elmia. 2014. Kecerdasan Emosional Pada Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Belajar Kooperatif di SD Laboratorium UNG. Vol.01. Nomor.02. di akses tanggal: 27 Desember 2017.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Prenada Media Group.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)