Korelasi Antara Kecerdasan Emosional dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat

Authors

  • Ni Ketut Agustini Jurusan PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Jurusan PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Adnyana Putra Jurusan PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17620

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan interaksi sosial siswa kelas V SD  Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas V SD yang berada di Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018 berjumlah 420 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan taraf kesalahan 5% diperoleh sampel sejumlah 191 siswa. Data kecerdasan emosional  dan interaksi sosial diperoleh melalui  kuesioner dan pencatatan dokumen. Sebagai uji prasyarat, menggunakan uji normalitas sebaran data. Setelah seluruh uji prasyarat terpenuhi, analisis statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh rxy hitung = 0,430. Pada Taraf signifikansi 5%  dengan n = 191, maka diperoleh rxy tabel = 0,138. Karena rxy hitung = 0,430 > rxy tabel = 0,138 maka dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan interaksi sosial siswa kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan arah korelasi positif yang artinya semakin tinggi kecerdasan emosional semakin meningkat interaksi sosial siswa, serta hasil penelitian ini sebagai pendukung sumber belajar guru dalam meningkatkan kualitas pembelpelajaran dengan membentuk kecerdasan emosional dan interaksi sosial siswa di sekolah sehingga sekolah mampu menghasilkan siswa yang berkualitas.

 

Kata Kunci : Korelasi, Kecerdasan Emosional, Interaksi Sosial

References

Fatnar, Virgia Ningrum, dan Choirul Anam. 2014. Kemampuan Interaksi Sosial antara Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren dengan yang Tinggal Bersama Keluarga. Jurnal Fakultas Psikologi Vol. 2, No 2, Hal. 71-75. http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/. Diakses 27 Mei 2019.

Fitriyani, Listia. 2015. Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak. Lentera, Vol. XVIII No. 1 Hal. 93-110. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/lentera_journal/ . Diakses 27 Mei 2019.

Golmen, Daniel. 1995. Emotional Itelligence (Kecerdasan Emosional). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Golmen, Daniel. 1999. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Pretasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Maksum, Khanif. 2013. Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Dengan Tingkat Prestasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Jajaran Bantul Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Vol.03.Nomor.01. di akses tanggal: 28 Desember 2017.

Murni, M. Asrori, Indri Astuti. 2015. Korelasi Kecerdasan Emosional Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 9 Hal. 1-13. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/issue/view/506. Diakses 27 Mei 2019.

Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. di akses tanggal: 22 Oktober 2016.

Sari, Teti Devita, dan Ami Widyastuti. 2015. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Kemampuan Manajemen Konflik Pada Istri. Jurnal Psikologi Vol. 11 No. 1 Hal. 49-54. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/. Diases 27 Mei 2019.

Sujarwanto, Imam. 2012. Interaksi Sosial antar Umat Beragama (Studi Kasus pada Masyarakat Karangmalang Kedungbanteng Kabupaten Tegal). Journal of Educational Social Studies (JESS) Vo. 1 No. 2. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess. Diakses 27 Mei 2019.

Suryawati & Maryawati. 2001. Sosiologi. Jakarta: Esis

Umar, Elmia. 2014. Kecerdasan Emosional Pada Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Belajar Kooperatif di SD Laboratorium UNG. Vol.01. Nomor.02. di akses tanggal: 27 Desember 2017.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Prenada Media Group.

Downloads

How to Cite

Agustini, N. K., Sujana, I. W., & Adnyana Putra, I. K. (2019). Korelasi Antara Kecerdasan Emosional dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 131–140. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17620

Issue

Section

Articles