Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbasis (TIK) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24357Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual berbasis TIK terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas V di SD Gugus Letkol Wisnu. Sampel diambil dengan teknik acak kelompok. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 12 Peguyangan yang berjumlah 43 siswa dan kelas V SD Negeri 5 Peguyangan yang berjumlah 35 siswa. Data kompetensi pengetahuan matematika dikumpulkan dengan instrument tes pilihan ganda. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung= 4,05 > ttabel =2,000 dengan tarafsignfikansi 5% dan dk = 76. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual berbasis TIK kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Tahun Ajaran 2018/2019. Rata-rata GSn kelompok eksperimen X1 = 0,542 > X2 = 0,392 rata-rata GSn kompetensi pengetahuan matematika kelompok control. Jadi, model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual berbasis TIK berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu.References
Adiana Utara, Wyn. (2014). ”Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbasis Open Ended Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Gugus III Sukawati”. E-Journal Mimbar PGSD Unversitas Pendidikan Ganeha,(online), Volume 2,Nomor 1. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/37-3190-1-SM-1 (diakses pada tanggal 27 Januari 2019).
Agung, A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Atun, I., & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara
Cahyono, Tri. 2015. Statistik Uji Normalitas. Purwokerto: Yayasan Santarian Banyumas (Yasamas).
Dantes. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.
Nova Kusmayuda, I Gd. (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berorientasi Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus V Kecamatan Tejakula”. Singaraja : FIP Undiksha. Tersedia pada: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/838-1559-1-SM (diakses pada tanggal 28 Januari 2019).
Ramadhani, Aqmaria (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI dan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Sifat - Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V SDN Ngadirejo Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017”. Kediri : FKIP-Universitas Nusantara PGRI. Tersedia pada http://ejournal.universitasnusantara.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/98a2b8ad591656ae7a6a7481d7c41ced (diakses pada tanggal 5 Februari 2019).
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT RajaGrafindo.
Setyosari, Punaji H. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Rzz Media.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Undang- Undang No 20 Tahun 2003 Bab 1 Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Presiden Republik Indonesia
Yusuf, Muri. 2015. Asesment Dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)