Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbasis (TIK) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika

Authors

  • I Gst. Ayu Sri Anggreni
  • I Wayan Wiarta
  • DB.Kt. Ngr. Semara Putra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24357

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual berbasis TIK terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas V di SD Gugus Letkol Wisnu. Sampel diambil dengan teknik acak kelompok. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 12 Peguyangan yang berjumlah 43 siswa dan kelas V SD Negeri 5 Peguyangan yang berjumlah 35 siswa. Data kompetensi pengetahuan matematika dikumpulkan dengan instrument tes pilihan ganda. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung= 4,05 > ttabel =2,000 dengan tarafsignfikansi 5% dan dk = 76. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual berbasis TIK kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Tahun Ajaran 2018/2019. Rata-rata GSn kelompok eksperimen X1 = 0,542 > X2 = 0,392 rata-rata GSn kompetensi pengetahuan matematika kelompok control. Jadi, model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual berbasis TIK berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu.

References

Adiana Utara, Wyn. (2014). ”Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbasis Open Ended Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Gugus III Sukawati”. E-Journal Mimbar PGSD Unversitas Pendidikan Ganeha,(online), Volume 2,Nomor 1. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/37-3190-1-SM-1 (diakses pada tanggal 27 Januari 2019).

Agung, A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Atun, I., & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara

Cahyono, Tri. 2015. Statistik Uji Normalitas. Purwokerto: Yayasan Santarian Banyumas (Yasamas).

Dantes. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.

Nova Kusmayuda, I Gd. (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berorientasi Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus V Kecamatan Tejakula”. Singaraja : FIP Undiksha. Tersedia pada: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/838-1559-1-SM (diakses pada tanggal 28 Januari 2019).

Ramadhani, Aqmaria (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI dan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Sifat - Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V SDN Ngadirejo Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017”. Kediri : FKIP-Universitas Nusantara PGRI. Tersedia pada http://ejournal.universitasnusantara.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/98a2b8ad591656ae7a6a7481d7c41ced (diakses pada tanggal 5 Februari 2019).

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT RajaGrafindo.

Setyosari, Punaji H. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Rzz Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang- Undang No 20 Tahun 2003 Bab 1 Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Presiden Republik Indonesia

Yusuf, Muri. 2015. Asesment Dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Downloads

Published

2020-04-11

How to Cite

Anggreni, I. G. A. S., Wiarta, I. W., & Semara Putra, D. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbasis (TIK) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 15–24. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24357

Issue

Section

Articles