Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Ni Made Heny Mulyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32117

Abstract

Cara menggukur keberhasilan kerja guru serta hasil kerja guru yaitu dengan melihat kinerja guru. Faktor yang mempengaruhi kinerja guru yaitu gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru, besarnya kontribusi motivasi kerja terhadap kinerja guru, dan besarnya kontribusi gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini sebanyak 32 orang guru. Sampel ditetapkan dari populasi menggunakan teknik sampling total. Banyak sampel pada penelitian ini adalah 32 orang guru. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non tes yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner untuk variabel gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja dan pencatatan dokumen untuk variabel kinerja guru. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi linier sederhana dan teknik analisis regresi linier ganda setelah semua uji prasyarat terpenuhi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa, terdapat kontribusi yang signifikan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 33,51%, selanjutnya terdapat kontribusi motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 35,51%, dan terdapat kontribusi gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 69,02%.

Author Biography

I Wayan Wiarta, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Adzkiya, A. (2020). Sekolah dan Komitmen Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru ( Studi Kasus Di Mts Ma ’ Arif Nu Kabupaten Banyumas ). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi, 22.

Akbar, L., & Imaniyati, N. (2019). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 176. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18012.

Amalda, N. (2018). Pengaruh motivasi kerja guru, disiplin kerja guru, dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 11. https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.7515.

Ardana, P. (2020). Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia Kontribusi Sertifikasi Guru , Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 42–53.

Astuti, W. S. (2018). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Di Smk Swasta Bisnis Manajemen Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 7(2), 16–23. https://doi.org/10.24036/bmp.v7i2.5989.

Efferi, A. (2017). Respon Guru Dalam Menyikapi Perubahan Kurikulum (Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus). Journal Of Empirical Reasearch I Islamic Education, 5, 19–39.

Fredianto, D. (2016). Hubungan antara Motivasi Kerja dan Kedisiplin dengan Kinerja Guru di SD. Jurnal Manajer Pendidikan, 10(4), 354–361.

Hamzah, M., & Faruq, A. (2020). Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 68–76.

Nurdin, S., & Rohendi, A. (2016). Gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan kinerja karyawan dengan mediasi komitmen organisasi. Ecodemica, 6(1), 86–100.

Oupen, S. M. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja, Terhadap Komitmen Organisasional Guru SD. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 34–43. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167.

Prahesti, D. S., Riana, I. G., & Wibawa, I. M. A. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Ocb Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6(7), 2761–2788.

Rohman, T. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Materi Penjumlahan Pecahan dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Kependidikan MI, 1–9.

Soetopo, I. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Karakteristik Individu, Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru SMK Negeri 1 Tambelangan Sampang. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 05, 21–31.

Tanjung, A. (2019). Pengaruh Persepsi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Motivasi Berprestasi Terhadap Komitmen Afektif Guru SMP Negeri di Wilayah Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 8(1).

Downloads

Published

2021-04-06

How to Cite

Mulyani, N. M. H., & Wiarta, I. W. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 158–167. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32117

Issue

Section

Articles