Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Tape Recorder Terhadap Keterampilan Berbicara
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24359Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write berbantuan media tape recorder terhadap keterampilan berbicara kelas IV SD Gugus III Kecamatan Tabanan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non-Equevalent Post Test Only Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus III Kecamatan Tabanan sebanyak 119 siswa. Sampel diambil dengan teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu SDN 1 Denbantas sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan SDN 4 Dauh Peken sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode nontes dalam bentuk lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung= 8,532 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 60 diperoleh nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung = 8,532 > ttabel = 2,000. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan media tape recorder dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol ( 14x= "> 88,28 > 69,17). Jadi, terdapat pengaruh model pembelajaran think talk write berbantuan media tape recorder terhadap keterampilan berbicara kelas IV SD Gugus III Kecamatan Tabanan.
References
Agung, Anak Gede Agung. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Agung, Anak Gede Agung. 2015. Statistik Dasar Untuk Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Amirono. 2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Universitas Terbuka.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUSS MEDIA.
Solchan. 2017. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Banten: Universitas Terbuka.
Sugiono. 2017. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)