Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Tape Recorder Terhadap Keterampilan Berbicara

Authors

  • Ni Md Lian Minarsih
  • Made Putra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24359

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write berbantuan media tape recorder terhadap keterampilan berbicara kelas IV SD Gugus III Kecamatan Tabanan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non-Equevalent Post Test Only Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus III Kecamatan Tabanan sebanyak  119  siswa.  Sampel  diambil dengan teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu SDN 1 Denbantas sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan SDN 4 Dauh Peken sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode nontes dalam bentuk lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung= 8,532 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 60 diperoleh nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung = 8,532 > ttabel = 2,000. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan media tape recorder dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional.  Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol ( 14x= "> 88,28 > 69,17). Jadi, terdapat pengaruh model pembelajaran think talk write berbantuan media tape recorder terhadap keterampilan berbicara kelas IV SD Gugus III Kecamatan Tabanan.

References

Agung, Anak Gede Agung. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Agung, Anak Gede Agung. 2015. Statistik Dasar Untuk Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Amirono. 2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Universitas Terbuka.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUSS MEDIA.

Solchan. 2017. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Banten: Universitas Terbuka.

Sugiono. 2017. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-04-11

How to Cite

Minarsih, N. M. L., & Putra, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Tape Recorder Terhadap Keterampilan Berbicara. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24359

Issue

Section

Articles