Pengaruh Metode Pembelajaran Matematika Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19330Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa kelas III yang mendapat perlakuan dengan metode pembelajaran Matematika GASING dan siswa kelas III yang tidak mendapat perlakuan dengan metode pembelajaran Matematika GASING. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD di Gugus VIII Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 125 orang. Sampel diambil dengan cara random sampling yaitu siswa kelas III SD Negeri 1 Paket Agung dan siswa kelas III SD Negeri 2 Paket Agung. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode tes dalam bentuk uraian dengan instrumen tes hasil belajar Matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (Uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) skor rata-rata hasil belajar Matematika siswa kelas III yang mendapat perlakuan metode pembelajaran Matematika GASING adalah 15,71 yang berada pada kategori sangat tinggi, (2) skor rata-rata hasil belajar Matematika siswa kelas III yang tidak mendapat perlakuan motode pembelajaran Matematika GASING adalah 13,46 yang berada pada kategori tinggi, (3) hasil analisis uji-t diperoleh (Fhitung = 2,237 dengan sig < α (0,000<0,05) ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika antara siswa kelas III yang mendapat perlakuan metode pembelajaran Matematika GASING dan siswa kelas III yang tidak mendapat perlakuan menggunakan metode pembelajaran Matematika GASING.
Kata-kata kunci: Metode GASING, hasil belajar, Matematika
References
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Ani, Fitri. 2013. "Metode Pembelajaran Gasing" Tersedia pada https://www.scribd.com/document/130406756/Metode-Pembelajaran-Gasing. (Diakses tanggal 20/11/2017).
D Kolnel, R. P., Charitas Indra Prahmana, R., Arifin, S., Kunci, K., Matematika GASING, P., Belajar Siswa, H., … Surya, S. (2015). "Pengaruh Pembelajaran Matematika GASING Pada Materi Geometri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama." Pengaruh Pembelajaran.... Volume II. Nomor, 1. Tersedia pada https://www.researchgate.net/profile/Rully_Prahmana/publication/27980432. (Diakses tanggal 05/12/2017).
Leksa, K., Septiana, D., Japa, I. G. N., Wibawa, I. C., & Pgsd, J. 2013. "Pengaruh Model Pembelajaran Game of Question Cards Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sddi Desa Joanyar". Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/808/681. (Diakses tanggal 10/12/2017).
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal AULADUNA, VOL. 2 NO. 2 DESEMBER 2015: 233-245
Ningsih, W., Yunart, T., & Coesamin, M. 2013. "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa". Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 17–22. Tersedia pada http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3055/2292. (Diakses tanggal 10/12/2017)
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar isi. Tersedia pada http://www.aidsindonesia.or.id/uploads/20130729141205.Permendiknas_No_22_Th_2006.pdf. (Diakses tanggal 17/11/2017).
Prahmana, R. C. I., & Suwasti, P. 2014. "Local instruction theory on division in mathematics gasing: the case of rural area’s student in indonesia. IndoMS-JME, 5(1), 2014". Tersedia pada http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/1445/522. (Diakses tanggal 05/12/2017).
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia.
Shanty, N. O., & Wijaya, S. 2012. "Rectangular Array Model Supporting Students’ Spatial Structuring in Learning Multiplication". Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 3(2), 175–186. Tersedia pada http://eric.ed.gov/?q=%2Btitle%3Aarrays+3D+dimensional+cube&id=EJ1078596%0Afiles/2927/Shanty and Wijaya - 2012 - Rectangular Array Model Supporting Students’ Spati.pdf%0Afiles/2928/eric.ed.gov.html. (Diakses tanggal 05/12/2017).
Saat, Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan) . Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015
Suwartini, Md. Tegeh, N. K. S. 2013. "Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Matematika Kelas V SD DI Gugus III". Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/912. (Diakses tanggal 06/12/2017).
Shabir, M. 2015. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: (Tugas Dan Tanggung Jawab, Hak Dan Kewajiban, Dan Kompetensi Guru) . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 221-232
Widodo. 2017. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013 . Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vol XVII, Edisi April 2013 ISSN : 1410-2994
Wiyanti, W., & Wakhyuningsih, N. 2013. "Penerapan Matematika GASING (Gampang, ASyIk, menyenaNGkan) pada Materi Penjumlahan Dua Digit dengan Dua Digit untuk Siswa Kelas 1 Sekolah". Proc. National Congress on. Tersedia pada http://www.academia.edu/download/32056105/Matematika_GASING.pdf. (Diakses tanggal 05/12/2017).
Wildan, D. N., & Trissiana, O. 2016. "Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Matematika GASING, 2(1). Tersedia Pada http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/view/152. (Diakses tanggal 05/12/2017).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)