E-Learning Berbasis Flipped Classroom pada Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • Anak Agung Gde Agung Dwi Angga Nirarta Universitas pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Jampel Universitas pendidikan Ganesha
  • I Komang Sudarma Universitas pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.35078

Keywords:

Pengembangan, e-learning berbasis flipped classroom

Abstract

Pada saat pandemi telah terjadi penurunan hasil belajar matematika dikarenakan guru terlalu sering menggunakan model pembelajaran teacher center dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan e-learning berbasis flipped classroom pada mata pelajaran matematika diera covid-19. Penelitian ini menggunakan model ADDIE sebagai model penelitian. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah para ahli dan siswa. Metode pengumpulan yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan kuesioner. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah pertama desain pengembangan model e-learning berbasis flipped classroom pada mata pelajaran matematika meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Kedua hasil uji validitas dari para ahli dan subjek uji coba produk mendapatkan predikat valid berdasarkan: hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik  (93%), hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi baik (89%), hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94%), hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi baik (80%), dan  hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi baik (87%), serta  hasil uji coba lapangan dengan kualifikasi baik (84%). Ketiga hasil efektivitas model pembelajaran e-learning berbasis flipped classroom pada mata pelajaran matematika mendapatkan hasil efektif berdasarkan hasil uji efektivitas dengan hasil 10,65 dengan  thitung > ttabel dengan taraf signifikasi 5%. Jadi berdasarkan hasil penelitian tersebut, pengembangan e-learning berbasis flipped classroom layak digunakan dalam pembelajaran matematika dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Aeni, N., Prihatin, T., & Utanto, Y. (2017). Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Sistem Komputer. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 27–38. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.15642.

Agung, A. A. G. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif (perspektif manajemen pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ahmed, M. M. H., & Indurkhya, B. (2020). Investigating cognitive holding power and equity in the flipped classroom. Heliyon, 6(8), e04672. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04672.

Albab, S. U. (2020). Analisis kendala pembelajaran e-learning pada era disrupsi di SMK Terpadu Al-Islahiyah Singosari Malang. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.36835/mudir.v2i1.105.

Amin, I., Yousaf, A., Walia, S., & Bashir, M. (2021). What Shapes E-Learning Effectiveness among Tourism Education Students? An Empirical Assessment during COVID19. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, xxxx, 100337. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2021.100337.

Andel, S. A., de Vreede, T., Spector, P. E., Padmanabhan, B., Singh, V. K., & Vreede, G. J. de. (2020). Do social features help in video-centric online learning platforms? A social presence perspective. Computers in Human Behavior, 113(April), 106505. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106505.

Arnold-Garza, S. (2014). The flipped classroom teaching model and its use for information literacy instruction. Communications in Information Literacy, 8(1), 7–22. https://doi.org/10.15760/comminfolit.2014.8.1.161.

Arnott, L., & Yelland, N. (2020). Multimodal lifeworlds: Pedagogies for play inquiries and explorations. Journal of Early Childhood Education Research, 9(1), 124–146. https://jecer.org/multimodal-lifeworlds-pedagogies-for-play-inquiries-and-explorations/.

Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Journal of Education and Society, 14(2), 231. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584.

Chiu Lin Lai, & JenHwang, G. (2016). A self-regulated flipped classroom approach to improving students’ learning performance in a mathematics course. Computers & Education, 100(September), 126–140. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.05.006.

Darmawan, D. (2014). Pengembangan e-learning teori dan desain. Bandung: remaja rosakarya.

Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 81–88. http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i2.2873.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/4.

Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 16–28. http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v1i1.849.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584.

Herayanti, L., Habibi, H., & Fuaddunazmi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 210–219. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13077.

Hidayat, A., Sa’diyah, M., & Santi Lisnawati. (2020). Metode Pembelajaran Aktif Dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Indonesia, 09(01 Februari), 71–86. https://doi.org/https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.639.

Hussein, E., Daoud, S., Alrabaiah, H., & Badawi, R. (2020). Exploring undergraduate students’ attitudes towards emergency online learning during COVID-19: A case from the UAE. Children and Youth Services Review, 119(August), 105699. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105699.

Hwang, G. J., Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2020). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers and Education, 160, 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.

Indra, I. G. W., Parmiti, D. P., & Mahadewi, L. P. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sederhana “Kotak Hitung” Pada Tema Lingkunganku Bidang Matematika Di Kelas II SD Negeri 2. In Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan (Vol. 9, Issue 2). http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20275.

Kaur, M., Goyal, P., & Goyal, M. (2020). Individual, interpersonal and economic challenges of underemployment in the wake of COVID-19. Work, 67(1), 21–28. https://doi.org/10.3233/WOR-203249.

Kim, S. H., & Park, S. (2021). Influence of learning flow and distance e-learning satisfaction on learning outcomes and the moderated mediation effect of social-evaluative anxiety in nursing college students during the COVID-19 pandemic: A cross-sectional study. Nurse Education in Practice, 56(January), 103197. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2021.103197.

Kkese, E. (2020). McGurk effect and audiovisual speech perception in students with learning disabilities exposed to online teaching during the COVID-19 pandemic. Medical Hypotheses, 144(July), 110233. https://doi.org/10.1016/j.mehy.2020.110233.

Lage-Cala, S., Folgueras-Díaza, M. B., Alonso-Hidalgoa, M., García-Menéndezb, D., & Fernández-Garcíab, F. J. (2020). Investigation of the effectiveness of online learning tools for energy performance certificates preparation. Energy Reports, 6, 609–614. https://doi.org/10.1016/j.egyr.2019.09.034.

Latif, S. W. A., Matzin, R., Jawawi, R., Mahadi, M. A., Jaidin, J. H., Mundia, L., & Shahrill, M. (2017). Implementing the Flipped Classroom Model in the Teaching of History. Journal of Education and Learning (EduLearn), 11(4), 374–381. https://doi.org/10.11591/edulearn.v11i4.6390.

Leonard, & Mutia, I. (2013). Kajian Penerapan E-Learning Dalam Proses. Faktor Exacta, 6(4), 278–289. http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v6i4.239.

Looi, K. H. (2021). Data set of Malaysian Undergraduates’ Challenges and Future Preference for E-learning During the COVID-19 Pandemic. Data in Brief, 38, 107450. https://doi.org/10.1016/j.dib.2021.107450.

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536.

Mahadewi, L. P. P. (2006). Media video pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Mahadewi, L. P. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2015). Text-based programming: Konsep dasar & aplikasi pengembangan produk pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mahfud, H., Adi, F. P., Atmojo, I. R. W., & Ardiansyah, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Pada Guru SD Di Kota Surakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 146–150. https://doi.org/10.20961/jpd.v7i2.35104.

Mishra, D. L., Gupta, D. T., & Shree, D. A. (2020). Online Teaching-Learning in Higher Education during Lockdown Period of COVID-19 Pandemic. International Journal of Educational Research Open, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012.

Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2). https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881.

Muna, W., & Hadisi, L. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 117–140. http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i1.396.

Munawaroh, F. Y., Riyanto, & Warnaen, A. (2019). Pengaruh Desain Pesan Video Instruksional Terhadap Persepsi Petani Tentang Trichokompos. Komunikasi, XIII, 27–40. https://doi.org/10.21107/ilkom.v13i1.5214.

Muryani, S., Sulistari, E., & Mirakaho, A. D. C. (2013). Identifikasi Kemampuan Mengembangkan Kurikulum Dalam Implementasi Ktsp Di Kalangan Guru SMK – Bm Di Kota Salatiga. Satya Widya, 29(2), 134. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i2.p134-144.

Ningsih, M., Suwatra, I. I. W., & Pudjawan, K. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Majalah dengan Model Hannafin dan Peck pada Mata Pelajaran IPA di SDN 5 Kampung Baru Singaraja. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 285–295. http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20325.

Niswati, I., AK, D., Lestari, P., & Gustyani. (2017). Hubungan antara metode online learning (e-learning) dengan motivasi berprestasi mahasiswa universitas “xx.” Psibernatika, 5(1), 23–39. https://journal.ubm.ac.id/index.php/psibernetika/article/view/527.

Nouri, J. (2016). The flipped classroom: for active, effective and increased learning – especially for low achievers. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 13(1). https://doi.org/10.1186/s41239-016-0032-z.

Nurwahidah, C. D., Zaharah, & Sina, I. (2013). Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi MahasiswA. Rausyan FIKR: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1), 118–137. http://dx.doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168.

Oyedotun, T. D. (2020). Sudden change of pedagogy in education driven by COVID-19: Perspectives and evaluation from a developing country. Research in Globalization, 2(June), 100029. https://doi.org/10.1016/j.resglo.2020.100029.

Patricia, A. (2020). College Students’ Use and Acceptance of Emergency Online Learning Due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011.

Prawiladilaga, D. S. (2015). Prinsip desain pembelajaran (instructional design principle). Jakarta: Prenadan Media.

Purnama, S. (2013). Produk Pembelajaran Bahasa Arab. Literasi, 4(1), 19–32. http://dx.doi.org/10.21927.

Romansyah, K. (2016). Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Logika, XVII(2), 59–66. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/article/view/145.

Rusli, R., Rahman, A., & Abdullah, H. (2020). Student perception data on online learning using heutagogy approach in the Faculty of Mathematics and Natural Sciences of Universitas Negeri Makassar, Indonesia. Data in Brief, 29, 105152. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105152.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Sahu, P. (2020). Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Cureus, 2019(4), 4–9. https://doi.org/10.7759/cureus.7541.

Setyoningsih. (2015). E Learning : Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi. Elementary, 3(1), 39–58. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/view/1443.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Prenadamedia Grup.

Subagia, I. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas X AP 5 SMK Negeri 1 Amalapura Tahun Ajaran 2016 / 2017. Lampuhyang, 8(2), 14–25. https://doi.org/https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v8i2.26.

Sukayanti, L. R., Sudarma, I. K., & Jampel, I. N. (2018). Pengembangan Blended Learning Tipe Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas Xi. Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha, 6(1), 134–146. http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20279.

Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode penelitian pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I. M., & Sudatha, I. G. W. (2019). Model-model desain pembelajaran: Seri buku teks teknologi pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Wina, S. (2011). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Zotov, V., Ibrahim, I., Petunina, I., & Lazareva, Y. (2021). Engagement of Students in Data Visualization for the Purpose of E-Learning Improvement. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(2), 46–63. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i02.18745.

Downloads

Published

2021-08-07

How to Cite

Nirarta, A. A. G. A. D. A., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2021). E-Learning Berbasis Flipped Classroom pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 360–370. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.35078

Issue

Section

Articles