Pengaruh Model Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) melalui Praktikum terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Ni Kadek Purnami Yanti Jurusan PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.B. Surya Surya Manuaba Jurusan PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19339

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) Melalui Praktikum Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment)  menggunakan desain “Nonequivalent Control Group Desaign”.  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Selatan yang berjumlah 274 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling dan disetarakan dengan teknik matching, sehingga diperoleh kelas IV SDN 11 Pedungan sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 6 Pedungan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa dengan empat jawaban. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji-t, diperoleh thitung = 5,340  sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 58 diperoleh nilai ttabel = 2,000. Serta rerata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen  = 81,7 >   = 68,3 kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai kajian yang relevan khususnya sebagai penunjang peneliti dengan kajian yang lebih luas lagi dan memperdalam teori mengenai model CORE melalui praktikum.

 

Kata Kunci: Model CORE, Kompetensi Pengetahuan IPA

 

References

Agung, A A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising.

Agung, A.A. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Ke-2. Jakarta: PT Bmi Aksara.

Astiningsih, N. L., Nym.Murda, I., & Suarjana, I. M. (2014). Pengaruh Model CORE Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi OFFSET.

Dantes, Nyoman . 2014. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Pertama. Bandung: Yrama Widya.

Kurniasih, Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013, Memahami Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013. Cetakan Kedua. Jakarta: Kata Pena

Kurniawati, Lilis. 2015. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Sumber Kabupaten Cirebon. Jurnal Sains UPI. Vol 3 No 1.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Jogjakarta : Aswaja Pressindo.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wisudawati, Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yulia Artasari, Ni Wyn. Arini I Nym. Wirya. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (Core) Terhadap Kemampuan Berpikir Divergen Siswa Kelas Iv Mata Pelajaran IPS. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. Vol 1 no 1.

Yuniarti, Santi. 2013. “Pengaruh Model Core Berbasis Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa”. Jurnal Pengajaran dan Penelitian STKIP SIliwangi. Vol 1 no.1.

Published

2019-08-15

How to Cite

Purnami Yanti, N. K., & Surya Manuaba, I. S. (2019). Pengaruh Model Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) melalui Praktikum terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 121–128. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19339

Issue

Section

Articles