Pengaruh Model Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) melalui Praktikum terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19339Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) Melalui Praktikum Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) menggunakan desain “Nonequivalent Control Group Desaign”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Selatan yang berjumlah 274 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling dan disetarakan dengan teknik matching, sehingga diperoleh kelas IV SDN 11 Pedungan sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 6 Pedungan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa dengan empat jawaban. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji-t, diperoleh thitung = 5,340 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 58 diperoleh nilai ttabel = 2,000. Serta rerata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen = 81,7 > = 68,3 kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai kajian yang relevan khususnya sebagai penunjang peneliti dengan kajian yang lebih luas lagi dan memperdalam teori mengenai model CORE melalui praktikum.
Kata Kunci: Model CORE, Kompetensi Pengetahuan IPA
Referensi
Agung, A A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising.
Agung, A.A. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Ke-2. Jakarta: PT Bmi Aksara.
Astiningsih, N. L., Nym.Murda, I., & Suarjana, I. M. (2014). Pengaruh Model CORE Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi OFFSET.
Dantes, Nyoman . 2014. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta.
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Pertama. Bandung: Yrama Widya.
Kurniasih, Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013, Memahami Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013. Cetakan Kedua. Jakarta: Kata Pena
Kurniawati, Lilis. 2015. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Sumber Kabupaten Cirebon. Jurnal Sains UPI. Vol 3 No 1.
Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Jogjakarta : Aswaja Pressindo.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wisudawati, Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yulia Artasari, Ni Wyn. Arini I Nym. Wirya. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (Core) Terhadap Kemampuan Berpikir Divergen Siswa Kelas Iv Mata Pelajaran IPS. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. Vol 1 no 1.
Yuniarti, Santi. 2013. “Pengaruh Model Core Berbasis Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa”. Jurnal Pengajaran dan Penelitian STKIP SIliwangi. Vol 1 no.1.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)