Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) Berbantuan LKS terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Y. T. Sulaksana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I G. Margunayasa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I M. C. Wibawa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v1i3.19346

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas V SD yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran SAVI berbantuan LKS di Gugus III Kecamatan Kintamani. Penelitian ini tergolong quasi experiment dengan rancangan non equivalen post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus III Kintamani. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN Banua dan SDN Katung yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 5,743 dan ttabel (pada taraf signifikansi 5%) = 2,001. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel sehingga terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran SAVI berbantuan LKS dan kelompok yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil perhitungan rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen adalah 24,1 lebih besar daripada rata-rata hasil belajar IPA kelompok kontrol yaitu 21,3. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI berbantuan LKS berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Kintamani tahun pelajaran 2017/2018.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, SAVI, LKS

 

References

Agung, Anak Agung Gede. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha, Singaraja.

Ariningsih, Ni Made. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Murder Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Tabanan”. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Undiksha Singaraja.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Astawan, I Gede. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Singaraja: Undiksha.

Azizah, Nur, Atep Sujana, dan Isrok’atun. 2016. Penerapan Pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual pada Materi Sumber Energi Bunyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 Hal. 491-500. Tersedia Pada : http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/viewFile/2978/pdf.

Candiasa, I Made. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Depdiknas. 2008. Materi Pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Multi Pressindo.

Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Koyan, I Wayan.. 2012. Statistik Pendidikan (Teknik Analisis Data Kuantitatif). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Maulaholo, Dendit Viegas Latuiha, Subuh Isnur Haryudo. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TIPTL SMKN 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 04 Nomor 03 Hal. 1059-1065. Tersedia Pada : https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/13092.

Meier, Dave. 2001. The Accelerated Learning (Handbook). Bandung: Mizan Pustaka.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Pudjawan. 2013 Profesi Keguruan. Singaraja: Undiksha.

Putra, I Wayan Weda Gustana. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Kintamani Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Undiksha Singaraja.

Rachmawati, Tutik dan Daryono. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Ramadhani, Aqmarina. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI dan Media Benda Konkret terhadap Hasil Belajar Materi Sifat-Sifat Cahaya pada Siswa Kelas V SDN Ngadirejo Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 08 Hal. 1-13. Tersedia Pada : http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/98a2b8ad591656ae7a6a7481d7c41ced.pdf.

Rasana, I Dewa Putu Raka. 2009. Laporan Sabbatical Leave: Model-model Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjendikti Direktorat Ketenagaan.

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta:PT Indeks Permata Putri Media.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Reseacrh & Development. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran (Teori & Aplikasi). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyatno, S., dkk. 2011. Lembar Kerja Siswa. Makalah disampaikan dalam acara Pembekalan Guru daerah Terluar, Terpencil, dan Tertinggal di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta tanggal 26-6 Desember 2011.[online]. Tersedia: staff.uny.ac.id/sites/default/files/lain-lain/dr-insih-wilujengmpd/LEMBAR%20KERJA%20SISWA.docx (diakses tanggal 30 Desember 2017)

Thobroni, Muhammad dan A. Mustofa. 2011. Belajar & Pembelajaran (Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional). Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widyantini, T. 2013. Penyusunan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Bahan Ajar. Artikel. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Wijayanti, Tutik Fitri, Baskoro Adi Prayitno, dan Marjono. 2013. Pengaruh Pendekatan SAVI Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta. Pendidikan Biologi Volume 5, Nomor 1 Hal. 1-14. Tersedia Pada : http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bio/article/view/1433.

Yudiari, Made Mei. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus II Kecamatan Mendoyo Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Undiksha Singaraja.

Downloads

Published

2019-09-25

How to Cite

Sulaksana, Y. T., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) Berbantuan LKS terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(3), 180–188. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i3.19346

Issue

Section

Articles