Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Mind Mapping Terhadap Aktivitas Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.26801Abstract
Pembelajaran yang berlangsung kurang optimal sehingga konsep dan pengetahuan siswa tentang pembelajaran IPA masih kurang, kemudian siswa juga kurang aktif serta kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan ide di dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan kurangnya aktivitas siswa dalam mengasah kemampuannya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap aktivitas belajar IPA siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 145. Jumlah keseluruhan sampel adalah 48 orang yang diambil dengan teknik group desind random sampling. Data aktivitas belajar dikumpulkan menggunakan metode non tes berupa lembar observasi. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post test aktivitas belajar kelompok eksperimen adalah 89,20. Sedangkan rata-rata nilai post test aktivitas belajar kelompok kontrol adalah 74,13. Berdasarkan analisis uji-t diperoleh nilai thitung =7,040 dan ttabel yang diuji pada taraf signifikansi 5% dengan db = 46 adalah 1,690. Ini berarti thitung (7,040) > ttabel (1,690), sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap aktivitas belajar IPA
References
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Andriani, K., Sudana, D. N., & Suranata, K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Peta Pikiran ( Mind Mapping ) Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd Semester Ganjil Di Gugus Vi Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2013-2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Ardiyasa, I. K. P., Ndara Tanggu, R., & Murda, I. N. (2016). Penerapan Model Savi Berbantuan Benda Konkrit Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Kelas V. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1), 1–11.
Arini, N. W. (2012). Keterampilan Menulis Deskripsi. Pendidikan Dan Pengajaran, 45, 66–74.
Astuti, N. K. W., Gading, I. K., & Sudana, D. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Universitas Pendidikan Ganesha. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., & Sudrajat, K. S. (2018). Model Pendidikan Paulo Freire, Refleksi Pendidikan Ipa Sd Di Indonesia (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 1. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.2745
Efiyanti, N. P., Suarni, N. K., & Parmiti, D. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Hasil Belajar Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19174
Gading, I. K., Suja, W., Sudarma, I. K., Divayana, D. G. H., & Widiana, I. W. (2018). Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran.
Gita Cemara, G. A., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Peta Pikiran Terhadap Kreativitas dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 359. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18895
Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Hanifah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Terpadu Mata Pelajaran IPA Peserta Didik Kelas IV SD N 1 Labuhan Ratu. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
Juniarta, I Dewa Gede Satria, Ni Wayan Arini, I. M. C. W. (2014). Pengaruh Pendekatan SAVI Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 5 Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Kadek Yuliantini, A. A. Gede Agung, I. M. C. W. (2017). Pengaruh Make a Match Berbantuan Kartu Teka Teki Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv. 5(2), 1–10.
Kartika, N. M. D., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.17
Lawe, Y. U. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Journal of Education Technology, 2(1), 26–34.
Mahendra, I Wayan Rati, N. W., & Riastini, P. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Permainan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2).
Marhaeni, M., & Suastra, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Time Token Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 5(1), 124768.
Nopiyanti, N. K. S., Sulastri, M., & Suwatra, I. I. W. (2016). Penerapan Model Word Square Berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).
Pittariawati. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMA Kelas XI Pada Materi Teks Prosedur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 73–81.
Prachagool, V., & Nuangchalerm, P. (2019). Investigating the nature of science: An empirical report on the teacher development program in Thailand. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 32–38. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.17275
Pramita Dewi, N. M. D., Surya Abadi, I. G., & Suniasih, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas Iv. Mimbar Ilmu, 23(1), 129–138. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16405
Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63
Putra, I. K. D. A. S., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 5(2), 1–10.
Putri, N. M. C. N. M., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 7(2), 57–64.
Rahardiana, G., Redjeki, T., & Mulyani, S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dilengkapi Lab Riil Dan Virtuil Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas Xi Ipa Semester Genap Sma Negeri 1 Pulokulon Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(1), 120–126.
Redhana, I. W., Sudria, I. B. N., Suardana, I. N., Suja, I. W., & Haryani, S. (2019). Students’ satisfaction index on chemistry learning process. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 101–109. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.15331
Rosalina, E., & Pertiwi, H. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(2).
Safitri, A. Z., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Keefektifaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantu Media Question Card untuk Meningkatkan Pemahaman Tema Keyanya Negeriku. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 278–285. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19452
Sarnoko, S., Ruminiati, R., & Setyosari, P. (2016). Penerapan Pendekatan Savi Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sdn I Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1235–1241. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6524
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzz Media.
Suastika, I. K. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Bilangan Berbasis Tematik Saintifik. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(1), 24–32. https://doi.org/10.21067/jip.v8i1.2177
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabetha cv.
Triani, D. S., Winarni, E. W., & Muktadir, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 13–21.
Yudiari, M. M., Parmiti, D. P., & Sudana, D. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5683
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)