Pengaruh Media Komik Berwarna terhadap Hasil Belajar IPA Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19282Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media komik berwarna dan kelompok siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media komik berwarna pada siswa kelas II SD di Gugus II Kubutambahan, Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan desain Non Equivalen Post Test Only Control Group Desain. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas II SD di Gugus II Kubutambahan tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 191 siswa. Sampel penelitian sebagai kelas eksperimen yaitu kelas II SDN 04 Kubutambahan yang berjumlah 27 siswa dan kelas II SDN 07 Kubutambahan sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 siswa, sampel diperoleh dengan teknik random sampling. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda. Selanjutnya, dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung yaitu sebesar 4,75 lebih besar dari ttabel yaitu 1,67 yang diuji pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan 49. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media komik berwarna (kelompok eksperimen) dan kelompok siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media komik berwarna (kelompok kontrol). Selain itu, berdasarkan analisis deskriptif diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen yaitu 22,89 > rata-rata hasil belajar IPA kelompok kontrol yaitu 18,50. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik berwarna berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas II SD di Gugus II Kecamatan Kubutambahan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Media Komik Berwarna
Referensi
Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
KBBI.2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Online tersedia pada: http://kbbi.web.id/pembelajarankondusif. Diakses 10 Maret 2018.
Khusniati, M., S.D. Pamelasari. 2014. Penerapan Critical Review terhadap Buku Guru IPA Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Berpendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 3 No. 2 Hal. 168-176. Tersedia Pada: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii.
Novianti, Riska dwi. 2010. Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN Ngembung. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol 10 No. 1. Universitas Negeri Surabaya.
Pramadi, I Putu Wina Yasa. 2013. Pengaruh Penggunaan Komik Berorientasi Kearifan Lokal Bali Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika. E- Journal Progam Pasca Sarjana Volume 3. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Rusman, 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Sulthon. 2016. Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Elementary Vol. 4 ∫ No. 1 Hal. 38-54. Tersedia Pada: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/download/1969/pdf.
Sumiyadi, Kasmadi Imam Supardi, Masturi. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri Dan Berwawasan Konservasi. Journal of Innovative Science Education Vl. 4 No. 1 Hal. 1-8. Tersedia Pada: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Suwatra, dkk. 2015. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Singaraja: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Wati, Ega rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. CV Solusi Distribusi: Kata Pena.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)