Model Pembelajaran STAD Berorientasi THK Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Putu Ayu Winaastari Unirsitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Yudiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Kusmariyatni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26617

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan model pembelajaran yang kurang inovatif yang mengakibatkan rendahnya kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Teams Achivement Devision (STAD) berorientasi Tri Hita Kara (THK)  terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian yang bersifat quasi eksperiment menggunakan desain non-equivalent post-test only control group desaig pada populasi siswa sebanyak 210 orang dengan menggunakan sempel sebanyak 26 siswa pada kelompok eksperimen dan 22 orang siswa pada kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah metode tes, bentuk tes yang dikembangkan adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dengan menentukan mean, median, modus dan stadar deviasi serta menggunakan analisis statistik inferensial dengan melakukan uji homogenitas varian dan uji normalitas data serta uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh  = 6,398. Sedangkan  pada taraf sighifikan 5% adalah 2,021 yang menunjukan bahwa    (6,398 > 2,021), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) berorientasi Tri Hita Karana (THK) terhadap kompetensi pengetahuan IPA di kelas V SD.

Author Biographies

Ni Putu Ayu Winaastari, Unirsitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Kadek Yudiana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ni Nyoman Kusmariyatni, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung, A.A G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Anjani. 2017. “Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Berbasis Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2), 1-10

Arismunandar & Hengki Wijaya. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray16(2): 175–96.

Ariyanto, Metta. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Jurnal ISSN 3(2): 134–40.

Christian, Rima Yusi., dkk 2018. “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Student Team Achievment Divisions ( Stad ) Dan Teams Game Tournament ( Tgt ) Siswa Kelas 4 Sd. 2(1), 75-84.

Dantes, N. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.

Emilia., dkk. 2019. Perbedaan Pengaruh Model Kooperatif Tipe Tgt Dan Stad Dengan Multimedia Interaktif Ceria Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Tematik Kelas 5 Sd. Jurnal basicedu 3(2): 524–32.

Esminarto. 2016. Implementasi Model Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siwa .Jurnal Riset Dan Konseptual,1(1), 16–23.

Evri, Wardani., Anik Yuestini, & I Made Sudiartana. 2016: 99–112.

Fadhilaturrahmi. 2019. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Gi Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa Sekolah Dasar: Jurnal Ilmu Pendidikan 1(1): 43–55.

Hardyanti., dkk. 2017. Penilaian Sistem Pengendalian Intern Dengan Konsep Tri Hita Karana Pada Perkumpulan Petani Pengguna Air ( P3a ) Subak Tibu Beleng Di Desa Penyaringan Kecamatan: Jurusan Akuntansi Program S1 7(1).

Khunandar. 2014. Penilaian Autentik.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kosasi.2013. Strategi Bealajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya

Koyan, I. W. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press

Lestari. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara Tahun Ajaran 2016/2017: e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar Pgsd Undiksha 5(2).

Noviana, Eddy. & Muhammad Nailul Huda. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Sd Negeri 79 Pekanbaru.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7(2), 204.

Paramandhita, Ade. Penerapan Ajaran Tri Hita Karana Pada Anak Usia Dini Di Tk Dharmayasa Kecamatan Klungkung Kabupaten Klungkung: Jurnal Penelitian Agama Hindu 1(2), (205–208).

Purbosari, Para Mitta. 2016. Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) Untuk Meningkatkan Academic Skill Pada Mahasiswa: Scholaria ,231–38.

Purnomo. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Stad Dan Circ Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD: Jurnal Unimus.5(1), 36-48.

Putra, Purniadi. 2017. “Pendekatan Etnopedagogi Dalam Pembelajaran IPA SD / MI: Primary Education Journal (PEJ) 1(1), 17–23.

Putra, Randi Eka, dan Ade Marta Putra. 2018. Meningkatkan Proses Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Dengan Materi Passing Bawah Bola Voli Mini Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Stad Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 168 / Ii Sumber Mulya Kabupaten Bungo: Jurnal Muara Olahraga1(1), 87–97.

Rahayu, E. S., & Made Nuryata. 2013. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta: Sekarmita.

Sudana & Astra Wesnawa. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA: Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1): 1-6

Solihah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika: Jurnal SAP 1(1). 45–53.

Suryaniti., dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Berbantuan Media Audio Visual Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA: e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD 5(2), 1-10.

Tri Rahmawati, Senja. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Simbaringin Kutorejo Mojokerto Abstrak Penelitian Ini Didasarkan Atas Rendahnya Keterampilan Siswa Dalam Menulis Narasi , Yang Dibuktikan Dengan Masih Belum Lengkap Dan Runtutnya Hasil Tulisan Narasi, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(7), 3751-3760.

Utami, Lia. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Berbantuan Media Gambar Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2016/2017, e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD,5(2). 1-10

Utami, Putri dan Wahidul Basri. 2019. Pengaruh Model Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Jurnal Penelitian Aktual dan Kajian Analisis Reformasi Pendidikan, 13–25.

Wibisana., Ni Nyoman Kusmariyatni & Kadek Yudiana. 2019. “Pengaruh Model Cooperatif Script Berbasis Tri HitA, Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia 2(2), 66-75.

Zahro., dkk. 2018. Pengaruh model pembelajaran student team achievement devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(2), 196-205.

Downloads

Published

2020-07-24

How to Cite

Winaastari, N. P. A., Yudiana, K., & Kusmariyatni, N. N. (2020). Model Pembelajaran STAD Berorientasi THK Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 280–289. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26617

Issue

Section

Articles