Pengaruh Model CLIS terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD di Gugus X Kecamatan Kintamani
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19335Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh secara efektif implementasi model pembeljaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar IPA siswa dan (2) perbedaan hasil belajar IPA siswa yang mrngikuti pembelajaran dengan enerapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus X Kecamatan Kintamani. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain non equivalent post – test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus X Kecamatan Kintamani yang berjumlah 97 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SDN Sekardadi berjumlah 25 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN 1Terunyan berjumlah 20 orang sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes, yaitu tes objektif. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji-t dan ANAVA-A.Penelitian ini memperoleh hasil bahwa: (1) terdapat pengaruh secara efektif implementasi model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar IPA dengan menunjukkan efektivitas tinggi hasil ES = 1,84 dan (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model Children Learning In Science (CLIS) dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model konvensional dengan Fhitung = 25,08 > Ftabel = 4,0566. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus X Kecamatan Kintamani.
Kata Kunci: model CLIS, hasil belajar IPA
Referensi
Budiarto Fariz, dkk. (2014). “Keefektifan Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Negeri Malang.Jurnal Of ElementaryEducation 4.
Darmawati, Ni Pt. A., dkk (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science Berbantuan Metode Talking Stick Terhadap Sikap Ilmiah dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha.e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Ganesha, U. P. (n.d.). “Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD di Gugus VI Kecamatan Sawan”.
Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ismai, Ali. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Fluida. JIPFRI: Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah Vol. 1 No. 2 Hal. 83 – 87. Tersedia Pada: https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIPFRI/article/view/114.
Koyan, I. Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif .Singaraja: Universitas Pendidikan Ganeha Pers.
Lasmawan, I Wayan. 2013. Telaah Kurikulum. Singaraja: Surya Grafika.
Luh, N., Susanti, D., dkk. (2014). “Model Pembelajaran CLIS Berbantuan Media GrafisBerpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar Timur”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha.e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Nurani, Lilis Endah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dengan Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Bagian Bunga dan Fungsinya pada Siswa Kelas IV SDN Gayam Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia Vol. 1 No. 2 Hal. 1-12. Tersedia Pada: http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/27fd3066a855681d9a7bd4ebcf59a97d.pdf.
Rasana, I. Dewa. PutuRaka. 2009. Laporan Sabbatical Leave Model-Model Pembelajaran.Singaraja: Undiksha.
Rifai, Moh, dkk. (2017). “Efektivitas Model Pembelajaran CLIS Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA”.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun.
Samatowa, Usman. 2010.Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.
Susanto, Ahmad. 2013. TeoriBelajardanPembelajaran di SekolahDasar. Jakarta: Kencana.
Vidayanti Rismi., dkk (2017). “Keefektifan Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV”. Jurusan Pemdas Mahakam, FIP Universitas PGRI Semarang.
Wardani, Riska Fajar Ayu Kusuma, Moh. Rifai, Titin Kuntum Mandalawati. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Clis Berbantuan Media Slide Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dsar dan Pembelajaran Vol. 7 No. 2 Hal. 104 – 114. Tersedia Pada: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)