Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berorientasi (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Kovariabel Kemampuan Verbal
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24360Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran berpendekatan saintifik berorientasi Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia, (2) pengaruh pembelajaran berpendekatan saintifik berorientasi Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia setelah kemampuan verbal dikendalikan, dan (3) besarnya kontribusi kemampuan verbal terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V di gugus I kecamatan jembrana. Jenis penelitian ini adalah kuasi-eksperimental, dengan desain posstest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Jembrana yang berjumlah 162 orang. Sampel ditarik dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 41 siswa. Data hasil belajar Bahasa Indonesia dan kemampuan verbal dikumpulkan dengan metode tes. Data dianalaisis dengan menggunakan ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang mengikuti model pembelajaran CIRC dengan siswa yang mengikut pembelajaran konvensional (Sig =0,001 < 0,05), (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa Indonesia siswa dengan kovariabel kemampuan verbal dikendalikan (Sig = 0.046 < 0,05), (3) terdapat kontribusi kemampuan verbal terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa dengan besarya kontibusi yaitu 48,7%.
References
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha
----------. 2015. Statistik Inferensial. Singaraja: Undiksha
Dewi, Ni Kadek Trisna. 2013. “Pengaruh Implementasi Asesmen Portofolio Terhadap Kemampuan Menulis Dalam Bahasa Inggris Dengan Kovariabel Kemampuan Verbal Pada Siswa Kelas Xi IPB SMAN 1 Banjarangkan”. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
----------. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Mulyasa. 2013. Pengemangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Musfiqon, HM. dan Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo : Nizamia Learning Center
Kurniawan, Hardi. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Kritis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Vii Mts N 13 Jakarta Selatan”. Jakarta: Uin Syarif Hidayatullah.
Ngalimun. 2016. Startegi dan Model Pembelajaran. Jogjakarta: Aswaja Pressindo.
Sugiartini, Ni Kt Ratna. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Ips Kelas IV Gugus I Kecamatan Manggis”.Volume 001.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Susanto, Joko. 2012. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Di Sd”. Semarang: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang.
Sumayasa, I N., A.A.I.N. Marhaeni, dan N. Dantes. 2015. “Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Se Gugus VI Kecamatan Abang, Karangasem”. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 5, No.1. Tersedia pada http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/ view/1493. Diakses pada 8 Juni 2019.
Tristiantari, Ni Ketut Desia. 2016. “Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis”. Volume 5. Nomor 2 (hlm. 204-206).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Uno, Hamsah B, dan Nurdin Mohamad. 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Pradnyani, Dyah Puspa Shinta. 2014. “Pengaruh Penerapan Asesmen Kinerja Terhadap Kemampuan Menulis Dalam Bahasa Jepang Dengan Kovariabel Kemampuan Verbal Pada Siswa Kelas Xii IPB Sma Negeri 1 Banjarangakan”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4.
Widiani, T., M.Rifat, R.Ijuddin. 2016. “Penerapan Pendekatan Saintifik dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Berpikir Kreatif Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 5, No.1. Tersedia pada http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13550. Diakses pada 8 Juni 2019.
Yudiani, Ni Made. 2014. “Kontribusi Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pelajaran Matematika”. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)