Discovery-Inquiry Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA

Penulis

  • I W. Gylank Okka Prathama Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kadek Agus Sudiandika Sekolah Dasar Negeri 3 Temukus

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36089

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Discovery-Inquiry, IPA

Abstrak

Pembelajaran kurang menggunakan model inovatif yang menyebabkan hasil belajar muatan pelajaran IPA siswa kelas V sekolah dasar dibawah kriteria ketuntasan minimal, untuk memperbaiki hal tersebut diadakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPA siswa kelas V dengan menerapkan model Discovery-Inquiry. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.  Subjek penelitian pada siswa kelas V terdiri dari 21 siswa dengan rincian 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni dengan tes pilihan ganda diberikan kepada siswa, sedangkan metode analisis data yakni analisis kuantitatif dengan menghitung mean, daya serap, dan ketuntasan belajar siswa tiap siklus. Hasil Analisis data dalam penelitian ini menyatakan rerata hasil belajar pada prasiklus sebesar 67,19, siklus I sebesar 70,95, dan siklus II 81,14. Secara berurut dari prasiklus ke siklus I, prasiklus ke siklus II, dan siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 3,37 poin, 13,95 poin dan 10,19 poin. Terjadi peningkatan juga pada daya serap siswa dari prasiklus, siklus I, dan siklus II, yaitu 67,19%; 70,95%; 81,14%. Demikian pula terdapat peningkatan persentase siswa yang nilai hasil belajarnya memenuhi KKM dari prasiklus, siklus I, dan siklus II, yaitu 38,09%; 57,14%, dan 85,71%, Jadi model pembelajaran discovery-inquiry dapat meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPA siswa Sekolah Dasar.

Biografi Penulis

I W. Gylank Okka Prathama, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Profesi Guru Prajabatan

I Made Citra Wibawa, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Pendidikan Dasar

Referensi

Anitah, S. (2013). Strategi Pembelajaran. Biosel: Biology Science and Education, 2(2), 120. https://doi.org/10.33477/bs.v2i2.376.

Annisa, D. S., & Fitria, Y. (2020). Hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies., 4(2), 498–508. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3211.

Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Guru/Kepala dan Pengawas Sekolah/Dosen dan Mahasiswa/Peneliti. Rineka Cipta.

Ardianti, S. D., Prasetyo, A. P. B., & Susanti, R. (2014). Developing A Thematic Inquiry-Discovery Module on Metabolism For Junior Student. International Conference on Mathematics, Science, and Education, 2014(Icmse), 1–5.

Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488.

Budiasa, P., & Gading, I. K. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Gambar Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 253–263. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26526.

Defian, S. D. (2019). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SD N 05 Kuala Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(2), 22–43. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1234/jia.v2i2.551.

Djajadi, M. (2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Bumi Intaran.

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27–35. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8404.

Gonzaga, M. F., & Kase, E. B. S. (2020). Pengaruh Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SDK ST. Yoseph 3 Naikoten Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Selidik (Jurnal Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan), 1(2), 58–68. https://ejurnal.org/index.php/selidik/article/view/10.

Gosa, M. N., & Ade, J. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Materi Segitiga dan Segiempat. Jimat, 1(1), 42–50. https://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/jimat/article/view/96.

Harianto, J., & Agun tps://ejurnal.org/index.php/selidik/article/view/10g, P. (2020). Peningkatan Pembelajaran Pai Melalui Discovery Inquiry Pada Sekolah Dasar Di Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 203–217. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4793.

Hasan, A. (2019). Model Pembelajaran CTL Berbasis IT Untuk Menguasai Mufradar Bahasa Arab. Al-Lisa, 5(2), 133–147. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/al/article/view/860.

Hatuti, E. (2019). Penggunaan Media Tiga Dimensi dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IVB. Jurnal PGSD, 12(1), 55–62. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/10650.

Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. SEJ, 8(2), 112. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.9770.

Lepini, K. N. P., Suarjana, I. M., & Sudarmawan, G. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Penelitian Dan …, 5(2), 278–286. http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v5i2.37427.

Nabila. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000.

Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science and Phich Education Jurnal, 3(2). /https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992 PENGARUH.

Nurdin, K., Muh., H. S., & Muhammad, M. H. (2019). the Implementation of Inquiry-Discovery Learning. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.24256/ideas.v7i1.734.

Nurizka, A., Sukaryawan, M., & Lesmini, B. (2016). Pengaruh Model Discovery-Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Di Kelas X Sma It Raudhatul Ulum , Sakatiga. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 3(2), 147–158. https://doi.org/10.36706/jppk.v3i2.8161.

Pebriana, G. R., Dibia, I. K., & Renda, N. T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Universitas Pendidikan Ganesa. PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 7, 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/9861/6272.

Purwanti, E., Palupi, R. Z. P., Galuh, A., & Rianingsih, D. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Abad 21. CV Kota Tua Jalan Sanan.

Restyani, N. K. N., Wiyasa, K. N., & Abadi, I. . G. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Inquiry Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 168. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15399.

Sahiu, S., & Wijaya, H. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Psikomotorik Pada Mata Pelajaran Agama Kristen Kelas V Di SD Zion Makassar. Jurnal Jaffray, 15(2), 231–248. http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v15i2.262.

Sari, R., Jamal, F., & Nurjannah. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Di Sd N Ujong Patihah. 7(2), 12–23. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/526.

Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Negeri Mangunsari 07. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 76. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.408.

Suherman, A., & Susanti, Y. (2020). Use Of Inquiry Learning Model Type Expository With Type Discovery. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26. https://doi.org/10.31980/civicos.v4i1.784.

Sukma, F. M., & Sutarni, N. (2018). Pengaruh Manajemen Sumber Daya Berbasis Iso 9001:2008 Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 99. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11770.

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Mi). Elementary, 4(1). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/view/1969.

Suryawan, Wayan, S. I., & Komang, S. I. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery-Inquiry Terhadap Reduksi Miskonsepsi dan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(10), 1. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/3395.

Tompo, B., Ahmad, M. A., & Muris. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery-Inquiry untuk Mereduksi Miskonsepsi IPA Peserta Didik SMP. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 12(3), 240–253. https://doi.org/10.35580/jspf.v12i3.3053.

Wartini, A., Hadi al-asy’ari, M. K., & Multahada, A. (2017). Menggagas Model Pembelajaran Discovery-Inquiry pada Pendidikan Anak Usia Dini. Intizar, 23(1), 151–164. https://doi.org/10.19109/intizar.v23i1.1614.

Wartono, W., Takaria, J., Batlolona, J. R., Grusche, S., Hudha, M. N., & Jayanti, Y. M. (2018). Inquiry-Discovery Empowering High Order Thinking Skills and Scientific Literacy on Substance Pressure Topic. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2), 139–151. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2629.

Widiastuti, N. L. G. K. (2018). Pendidikan IPA SD. In Modul. Dwijendra.

Wulandari, D. G. R., & Mustadi, A. (2019). Comparison of Discovery and Inquiry Model: Which Model is More Effective in Natural Science (IPA) Learning? International Journal of Educational Research Review, 4, 711–718. https://doi.org/10.24331/ijere.628710.

Diterbitkan

2021-08-07

Cara Mengutip

Prathama, I. W. G. O., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Discovery-Inquiry Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 352–359. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36089

Terbitan

Bagian

Articles