Digital Choice Board Pada Topik Cerita Fiksi Berbasis Literasi Baca Tulis Untuk Siswa Kelas IV

Penulis

  • Putu Windy Widadari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Jampel Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.48673

Kata Kunci:

Digital choice board, literasi, membaca, menulis

Abstrak

Kurangnya media yang mendukung literasi baca tulis terintegrasi membuat pembelajaran menjadi berfokus pada pemberian materi saja dan berdampak pada penurunan hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengembangkan media digital choice board yang valid, praktis, dan efektif pada topik cerita fiksi berbasis literasi baca tulis kelas IV. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan model AADIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 2 ahli media, dan 2 ahli materi serta subjek uji coba yaitu 1 guru dan 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner dengan instrument penelitian berupa instrument ahli media dan ahli materi yang diajikan menggunakan skala likert. Analisis data penelitian dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas ahli media sebesar 94% (sangat baik),  ahli materi sebesar 97,5% (sangat baik). Untuk respon guru sebesar 95,6% dan siswa sebesar 95% (sangat baik). sehingga dapat disimpulkan bahwa, penggunaan digital choice board pada topik cerita fiksi berbasis literasi baca tulis dinyatakan efektif dalam proses pembelajaran di kelas IV.

Referensi

Abdulrahaman, M. D., Faruk, N., Oloyede, A. A., Surajudeen-Bakinde, N. T., Olawoyin, L. A., Mejabi, O. V., Imam-Fulani, Y. O., Fahm, A. O., & Azeez, A. L. (2020). Multimedia tools in the teaching and learning processes: A systematic review. Heliyon, 6(11). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05312. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05312

Abidin, Y., Rahayu, R., & Iskandar, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.

Anggreni, Jayanta, & Mahadewi. (2021). Multimedia Interaktif Berorientasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Muatan IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2). https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35715. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35715

Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224

Asrial, Syahrial, Kurniawan, D. A., Chan, F., Septianingsih, R., & Perdana, R. (2019). Multimedia innovation 4.0 in education: E-modul ethnoconstructivism. Universal Journal of Educational Research, 7(10), 2098–2107. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071007. DOI: https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071007

Boso, C. M., van der Merwe, A. S., & Gross, J. (2021). Students’ and educators’ experiences with instructional activities towards critical thinking skills acquisition in a nursing school. International Journal of Africa Nursing Sciences, 14, 100293. https://doi.org/10.1016/j.ijans.2021.100293. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijans.2021.100293

Bustanil S, M., Asrowi, & Adianto, D. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568

Cahyani, D., Inggrid, Nulhakim, L., & Yuliana, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Dongeng Fabel Terhadap Minat Literasi siswa SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 337. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35271. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35271

Chan, B. S. K., Churchill, D., & Chiu, T. K. F. (2017). Digital Literacy Learning in Higher Education through Digital Storytelling Approach. Journal of International Education Research (JIER), 13(1), 1–16. https://doi.org/10.19030/jier.v13i1.9907. DOI: https://doi.org/10.19030/jier.v13i1.9907

Churchill, N. (2020). Development of Students’ Digital Literacy Skills through Digital Storytelling with Mobile Devices. Educational Media International, 57(3), 271–284. https://doi.org/10.1080/09523987.2020.1833680. DOI: https://doi.org/10.1080/09523987.2020.1833680

Fauyan, M. (2019). Developing Interactive Multimedia Through Ispring on Indonesian Language Learning with The Insights of Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 177. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.4173. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.4173

Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493

Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339

Hadiansah, D., & Sauri, R. S. (2021). Gerakan Literasi Baca-Tulis (Glbt) Dalam Membangun Ekosistem Sekolah Literat (Esl) Pada Sma Di Kabupaten Garut. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 3(1), 37–43. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v3i1.3319. DOI: https://doi.org/10.33751/jsalaka.v3i1.3319

Halawa, N., Ramadhan, S., & Gani, E. (2020). Kontribusi Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Edukasi Khatulistiwa, 3(1), 27. https://doi.org/10.26418/ekha.v2i2.32786. DOI: https://doi.org/10.26418/ekha.v2i2.32786

Handayani, P., & Koeswati, H. D. (2020). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.365. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.365

Hanik, E. umi. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary Islamic Teacher Journal, 8(1), 183–208. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary. DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417

Hoerunnisa, A., Suryani, N., & Efendi, A. (2019). the Effectiveness of the Use of E-Learning in Multimedia Classes To Improve Vocational Students’ Learning Achievement and Motivation. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 123. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p123--137. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p123--137

Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Untuk Siswa Kelas X Ips Di Man 1 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 135. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642. DOI: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642

Lavi, R., Tal, M., & Dori, Y. J. (2021). Perceptions of STEM alumni and students on developing 21st century skills through methods of teaching and learning. Studies in Educational Evaluation, 70(1). https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101002. DOI: https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101002

Lumbantobing, M. A., Munadi, S., & Wijanarka, B. S. (2019). Pengembangan E-Modul Interaktif untuk Discovery Learning pada Pembelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/dinamika.v4i1.24275. DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v4i1.24275

Majid, S., Foo, S., & Chang, Y. K. (2020). Appraising information literacy skills of students in Singapore. Aslib Journal of Information Management, 72(3). https://doi.org/10.1108/AJIM-01-2020-0006/full/html. DOI: https://doi.org/10.1108/AJIM-01-2020-0006

Malik, M. S., & Maemunah. (2020). Kemampuan Literasi Baca Tulis Anak Usia Dasar (Studi Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia 7-12 Tahun di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Tajungsari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati). JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 6(2), 195–214. https://doi.org/10.19109/jip.v6i2.5754. DOI: https://doi.org/10.19109/jip.v6i2.5754

Marnita, & Ernawati. (2017). The Use of Interactive Multimedia (Macromedia Flash) to Increase Creative Thinking Ability of Students in Basic Physics Subject. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(2), 71–78. https://doi.org/10.15294/jpfi.v13i2.10152. DOI: https://doi.org/10.15294/jpfi.v13i2.4603

Marsh, J. (2016). The Digital Literacy Skills and Competences of Children of Pre-School Age. Media Education, 7(2), 197–214. https://doi.org/10.14605/MED721603.

Megantari, K. A., Margunayasa, I. G., & Agustina, A. G. T. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital. Jurnal Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 140. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251

Meilia, M., & Murdiana, M. (2019). Pendidik Harus Melek Kompetensi Dalam Menghadapi Pendidikan Abad Ke-21. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(1), 88–104. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i1.19. DOI: https://doi.org/10.36670/alamin.v2i1.19

Melinda, V. A., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ips Berbasis Virtual Field Trip (Vft) Pada Kelas V Sdnu Kraton-Kencong. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 158–164. https://doi.org/10.17977/um031v3i22017p158.

Molina, A. I., Navarro, Ó., Ortega, M., & Lacruz, M. (2018). Evaluating multimedia learning materials in primary education using eye tracking. Computer Standards & Interfaces, 59, 45–60. https://doi.org/10.1016/j.csi.2018.02.004. DOI: https://doi.org/10.1016/j.csi.2018.02.004

Musfiroh, T., & Listyorini, B. (2016). Konstruk kompetensi literasi untuk siswa sekolah dasar. Litera, 15(1). https://doi.org/10.1108/978-1-78973-973-220191007. DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v15i1.9751

Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133

Nikmatillah, N. (2018). Penggunaan Media Papan Persilangan dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perkawinan Silang Mahluk Hidup untuk Siswa Kelas IX C SMP Negeri 7 Malang Tahun 2015/2016. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2187. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2187

Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). GERAKAN Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke- 21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1862. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1862

Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561. DOI: https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561

Nurcholis, R. A., & Istiningsih, G. (2021). Problematika dan Solusi Program Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Butuh. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 189–195. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206

Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bas, 5(5), 4093–4100. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490

Park, H., Kim, H. S., & Park, H. W. (2020). A Scientometric Study of Digital Literacy, ICT Literacy, Information Literacy, and Media Literacy. Journal of Data and Information Science. https://doi.org/10.2478/jdis-2021-0001. DOI: https://doi.org/10.2478/jdis-2021-0001

Pinatih, S. A. C., Putra, D. B. K., & Semara, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279.

Prastyo, Y. D., Silviyani, & Dharmawan, Y. Y. (2021). The Effect of Board Games on Students’ Communicative Competence. Beyond Linguistika: Journal of Linguistics and Language Education, 4(2), 33. https://doi.org/10.36448/bl.v4i2.2279. DOI: https://doi.org/10.36448/bl.v4i2.2279

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357

Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9486. DOI: https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9486

Rachmadtullah, R. (2018). Development Of Computer Based Interactive Multimedia: Study on Learning In Elementary Education. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(4), 2035–2038. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384. DOI: https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384

Rahayu, T., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2019). Pengembangan Media Website Hybrid Learning berbasis Kemampuan Literasi Digital dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 130. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1567. DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1567

Rastati, R. (2018). Media Literasi Bagi Digital Natives: Persektif Generasi Z Di Jakarta. Kwangsan: Jurnal Teknologi PendidikanJurnal Teknologi Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p60--73. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p43--57

Ratminingsih, N. M. (2018). Implementasi Board Games Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(1), 19. https://doi.org/10.17977/um048v24i1p19-28. DOI: https://doi.org/10.17977/um048v24i1p19-28

Ristanto, R. H., Rusdi, R., Mahardika, R. D., Darmawan, E., & Ismirawati, N. (2020). Digital Flipbook Imunopedia (DFI): A Development in Immune System e-Learning Media. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 14(19), 140–162. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i19.16795. DOI: https://doi.org/10.3991/ijim.v14i19.16795

Rovers, S. F. E., Clarebout, G.Rovers, S. F. E., Clarebout, G., Savelberg, H. H. C. M., & Merriënboer, V. (2018). Improving student expectations of learning in a problem-based environment. Computers in Human Behavior, 87, 416–423. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.02.016. DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.02.016

Sari, P. A. P. (2019). Hubungan Literasi Baca Tulis Dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24324.

Setiawan, Beni, & Olenggius, J. D. (2019). Meningkatkan kemampuan literasi matematis mahasiswa melalui bahan ajar berbasis keterampilan metakognisi. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i2.511. DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i2.511

Setiyani, Putri, D. P., Ferdianto, F., & Fauji, S. H. (2020). Designing a digital teaching module based on mathematical communication in relation and function. Journal on Mathematics Education, 11(2), 223–236. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.7320.223-236. DOI: https://doi.org/10.22342/jme.11.2.7320.223-236

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979

Suandewi, P. M., Putrayasa, I. B., & Gunatama, G. (2019). Hubungan Budaya Literasi (Baca-Tulis) Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xisma Negeri 7 Denpasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20453. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20453

Sukmana, A. I. W. I. Y., Pratiwi, N. P. E. Y., & Pudjawan, K. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V. Jurnal EDUTECH, 6(1), 123–133. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20277.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 171–185. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138

Sung, E. (2017). The influence of visualization tendency on problem-solving ability and learning achievement of primary school students in South Korea. Thinking Skills and Creativity, 26(1), 168–175. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.10. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.10.007

Syahputra, E. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Trianawati. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus VI Abiansemal Tahun Ajaran 2018/2019. International Journal of Elementary Education, 4. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24337. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24337

Trisnanti, I. A. N. L., Tirtayani, L. A., & Putra, I. K. A. (2018). Pengaruh Media Flashcard Bilingual Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Permulaan Anak Kelompok B TK Gugus Mawa. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(3), 346. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15200. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15200

Wei, B., Lin, J., Chen, S., & Chen, Y. (2020). Integrating 21st century competencies into a K-12 curriculum reform in Macau. Asia Pacific Journal of Education. https://doi.org/10.1080/02188791.2020.1824893. DOI: https://doi.org/10.1080/02188791.2020.1824893

Widiyarto, S., Cleopatra, M., Sahrazad, S., Ati, A. P., Sandiar, L., & Widiarto, T. (2021). Penyuluhan Literasi Baca Tulis Pada Siswa SMA. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(1), 122–126. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i1.2503. DOI: https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i1.2503

Wijayanti, S. H., Utami, N., Pratikto, A., & Pramono, H. (2020). Menggerakkan Literasi Baca-Tulis Di Rusunawa Muara Baru Pluit. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7234. DOI: https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7234

Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 2(8), 1024–1029. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9759.

Yildiz, E. P. (2020). Opinions of academicians on digital literacy: A phenomenology study. Cypriot Journal of Educational Sciences. https://doi.org/10.18844/cjes.v15i3.4913. DOI: https://doi.org/10.18844/cjes.v15i3.4913

Diterbitkan

2022-07-26

Cara Mengutip

Widadari, P. W. ., & Jampel, I. N. . (2022). Digital Choice Board Pada Topik Cerita Fiksi Berbasis Literasi Baca Tulis Untuk Siswa Kelas IV. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 329–337. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.48673

Terbitan

Bagian

Articles