Korelasi Antara Lingkungan Keluarga dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS

Authors

  • Rizky Krisna
  • Luh Putu Putrini Mahadewi
  • I Wayan Widiana

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28984

Abstract

Penelitian ini didasari oleh beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis korelasi yang signifikan secara simultan antara lingkungan keluarga dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini adalah penelitian expost-facto dengan metode non tes yang dianalisis menggunakan uji analisis regresi sederhana dan berganda. Berdasarkan hasil analisis pada taraf signifikansi 5% = (0,189), diperoleh bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara lingkungan keluarga dan hasil belajar IPS dengan rx1y = 0,724 (52,4%), terdapat korelasi yang signifikan antara gaya belajar siswa dan hasil belajar IPS dengan rx2y = 0,614 (37,7%), dan secara simultan terdapat korelasi yang signifikan antara lingkungan keluarga dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Buleleng dengan rx1x2y = 0,764 (58,4%). Dengan demikian, baik buruknya hasil belajar IPS siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor lingkungan keluarga dan gaya belajar siswa.

References

Adiyani, & Susilaningsih. (2018). Hubungan Lingkugan Keluarga Dan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V. Joyful Learning Journal, 7(3). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj

Agung, A. A. G. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047

Aryawan, Sudatha, & Sukmana. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 180–191. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290

Cahyani, R. A. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. Joyful Learning Journal, 7(1), 48–54. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/23230

Cicilia, Y., & Nursalim. (2019). Gaya dan Strategi Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 222–232.

Gading, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press.

Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, A. M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321–328.

Hanifah, Joharman, & Suhartono. (2020). Hanifah Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Sekecamatan Ambal Tahun Ajaran 2019/2020. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/38886

Hapnita, W. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017. Cived, 5(1).

I Gede Sadhu Satwika Pasek, I Komang Sudarma, I. G. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Trikaya Parisudha. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1, 19–27.

Istikomah, & Usman. (2019). Relationship Student Attitude, Learning Independence, And Learning Style With Learning Outcomes. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3415256

Nasuha. (2015). Pengembangan Personalisasi Gaya Belajar pada E-learning dengan Menggunakan Felder Silverman Learning Style Model untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Janapati), 4(2), 39–44.

Nasution, S. (2019). Pendidikan Lingkungan Keluarga. Tazkiya, 8(1), 115–124.

Ningrat, S. P., & Sumantri, M. (2019). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd. Journal of Education Technology, 2(4), 145. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16426

Noervadila, Irma, & Misriyati. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X Ips Semester Genap Di Ma Fathus Salafi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 8(1), 48–56. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.582

Nurlia, Hala, Muchtar, Jumadi, & Taiyeb. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6552

Prathidina, P. (2019). Hubungan Gaya Belajar Dan Keaktifan Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali. Universitas Negeri Semarang.

Puspitasari. (2018). Metode Pembelajaran Bermain Peran Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, I(1), 55–64. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.31949%2Fjcp.v1i1.347

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suciptiati, E., Bisri, H., Sya, M. F., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Bogor, U. D. (2019). Increasing Participation and Results of Ips Learning. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 27.

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sutardi, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188–198.

Taiyeb, A. M., & Nurul, M. (2015). Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Jurnal Bionature, 16(1), 8–16. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/bionature.v16i1.1563

Tresnati, K. N. (2016). Hubungan lingkungan keluarga dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD di gugus kresna dan shinta kecamatan semarang barat. Universitas Negeri Malang.

Vivi Novita Sari, A., & Sudirman, D. (2018). Hubungan Lingkungan Keluarga dan Motivasi dengan Hasil Belajar Kelas IV SD. Jurnal Pedagogi, 1–12. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/18022

Wulandari, R. (2011). Hubungan Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester IV Program Study D IV Kebidanan Universitas Sebelas Maret Tahun Ajaran 2007 / 2008. KesMaDasKa, 2(1), 45–52. https://doi.org/2087-5002

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Krisna, R., Mahadewi, L. P. P., & Widiana, I. W. (2020). Korelasi Antara Lingkungan Keluarga dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar Ilmu, 25(3), 470–482. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28984

Issue

Section

Articles