PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan media konkret dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur tahun pelajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan teknik random sampling dengan mengacak kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVB SD N 10 Kesiman sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB SD N 3 Kesiman sebagai kelompok kontrol dengan jumlah masing – masing kelompok eksperimen sebanyak 40 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 41 siswa. Data yang dikumpulkan adalah data kompetensi pengetahuan IPA dan dianalisis dengan uji-t. Setelah dianalisis dengan uji-t, diperoleh thitung = 2,372 pada taraf signifikansi 5% (a= 0,05) dengan dk = 79 dan ttabel (a=0,05) = 2,000. Berdasarkan kriteria pengujian thitung = 2,372 > ttabel (a=0,05) = 2,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata gain skor kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol dengan rata-rata = 0,41 > = 0,31, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Media Konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Media Konkret dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, media konkret, kompetensi pengetahuan IPA
References
Pelajar.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum Di Sekolah Dasar/ MadrasahIbtidaiyah.Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Daryanto,Drs.2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Suastra, I Wayan.2009. Pembelajaran Sains Terkini.Singaraja : Undiksha
Sugiyono, 2017. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono.2014. Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan R&B. Bandung: Alfabeta
Puspawati, Kt.2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD Gugus V Kecamatan Buleleng”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Volume 1, Edisi Mei (hlm.1-10)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.