PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA

Penulis

  • Kadek Ayu Diah Ratna Sari undiksha
  • Komang Ngurah Wiyasa undiksha
  • Ni Nyoman Ganing undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan  kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan media konkret dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur tahun pelajaran 2017/2018.  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur tahun pelajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan teknik random sampling dengan mengacak kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVB  SD N 10 Kesiman sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB SD N 3 Kesiman sebagai kelompok kontrol  dengan jumlah masing – masing  kelompok eksperimen sebanyak 40 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 41 siswa. Data yang dikumpulkan adalah data kompetensi pengetahuan IPA dan dianalisis dengan uji-t. Setelah dianalisis dengan uji-t, diperoleh thitung = 2,372 pada taraf signifikansi 5% (a= 0,05) dengan dk = 79 dan ttabel (a=0,05) =  2,000. Berdasarkan kriteria pengujian thitung = 2,372 >  ttabel (a=0,05) =  2,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata gain skor kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol dengan rata-rata  = 0,41 > =  0,31, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Media Konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing  berbantuan Media Konkret  dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional  pada siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur tahun pelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, media konkret, kompetensi pengetahuan IPA

Referensi

Pelajar.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum Di Sekolah Dasar/ MadrasahIbtidaiyah.Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Daryanto,Drs.2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Suastra, I Wayan.2009. Pembelajaran Sains Terkini.Singaraja : Undiksha

Sugiyono, 2017. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan R&B. Bandung: Alfabeta

Puspawati, Kt.2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD Gugus V Kecamatan Buleleng”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Volume 1, Edisi Mei (hlm.1-10)

Diterbitkan

2018-12-21

Cara Mengutip

Diah Ratna Sari, K. A., Ngurah Wiyasa, K., & Ganing, N. N. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA. Mimbar Ilmu, 23(2), 104–112. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416

Terbitan

Bagian

Articles