E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD

Authors

  • Titus Prayoga Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777

Keywords:

Worksheet, Interactive, Flate Shape, ethnomathematics, Balinese Culture

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh adanya permasalahan belum efektifnya penggunaan LKPD konvensional serta terhambatnya keaktifan peserta didik kelas I di masa pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan E-LKPD ineraktif dan pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik kelas I SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, desain, dan media pembelajaran, serta 30 peserta didik kelas I. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Diperoleh bahwa hasil penilaian uji ahli materi sebesar 94,64%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 97,50%, uji ahli media pembelajaran sebesar 97,05%, uji coba perorangan sebesar 90,14%, uji coba kelompok kecil sebesar 92,16%, dan uji coba kelompok besar sebesar 90,29% yang keseluruhan persentase skornya dikualifikasikan sangat baik. Sedangkan hasil uji efektivitas diperoleh bahwa pre-test memiliki rata-rata skor 65,1 dengan kualifikasi sedang dan post-test memiliki rata-rata skor 90,4 dengan kualifikasi sangat tinggi. Oleh karena itu, E-LKPD interaktif materi pengenalan bangun datar berbasis etnomatematika peserta didik kelas I ini layak dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.

Author Biographies

Titus Prayoga, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Dasar

Gusti Ngurah Sastra Agustika, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Dasar

Ni Wayan Suniasih, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Dasar

References

Anggraeni, S. W., Yayan, A., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah da. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636.

Baka, T. A., Laksana, D. N. L., & Dhiu, K. D. (2019). Konten dan Konteks Budaya Lokal Ngada sebagai Bahan Ajar Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 2(2), 46. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16181.

Bangsawan, B., Rijal, A., & Rozi, Z. F. (2020). Analisis Kesulitan Guru Menerapkan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Kelas V SD Negeri 61 Lubuklinggau. Jurnal Perspektif Pendidikan, 14(2), 133–141. https://doi.org/10.31540/jpp.v14i2.1106.

Elly S, A., & Mandasari, N. (2018). Analisis Proses Abstraksi Matematika dalam Memahami Konsep dan Prinsip Geometri Ditinjau dari Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(2), 61–70. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.312.

Erwin, V. A., & Yarmis. (2019). Multimedia Interaktif Bermuatan Permainan Edukatif di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 3(2580–1147), 9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.183.

Fairuz, F. R., Fajriah, N., & Danaryanti, A. (2020). Pengembangan LKPD Materi Pola Bilangan Berbasis Etnomatematika Sasirangan di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 29–38. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8343.

Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781.

Friansah, D., & Luthfiana, M. (2018). Desain Lembar Kerja Siswa Materi Sistem Persamaan Dua Variabel Berorientasi Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(2), 83–92. https://doi.org/10.31539/judika.vli2.322.

Handayani, R., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu Undiksha, 25(1), 120–131. https://doi.org/ 10.23887/mi.v25i1.24767.

Hung, M.-L. (2016). Teacher Readiness for Online Learning: Scal Development and Teacher Perceptions. Computers & Education, 94, 120–133. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.11.012.

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261.

Kebritchi, M., Lipschuetz, A., & Santiague, L. (2017). Issues and Challenges for Teaching Successful Online Courses in Higher Education. Journal of Educational Technology Systems, 46(1), 4–29. https://doi.org/10.1177/0047239516661713.

Khairiyah, U. (2018). Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV di SD/MI Lamongan. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2), 197–204. https://doi.org/10.53627/jam.v5i2.3476.

Kurniyawan, W., Khaq, M., & Anjarini, T. (2021). Pengembangan Modul Digital Terintegrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Subtema 1 Suhu dan Kalor. Jurnal Educatio, 7(3), 1280–1288. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1426.

Lapitan, L. D., Tiangco, C. E., Sumalinog, D. A. G., Sabarillo, N. S., & Diaz, J. M. (2021). An Effective Blended Online Teaching and Learning Strategy During The COVID-19 Pandemic. Education for Chemical Engineers, 35, 116–131. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012.

Lubis, M. T., Naashir, A., & Yanti, D. (2018). Identifikasi Etnomatematika Batik Besurek Bengkulu sebagai Media dan Alat Peraga Penyampaian Konsep Kekongruenan dan Kesebangunan. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(3), 267. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2103.

Luthfiana, M., Friansah, D., & Marcicilia. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Etnomatematika (Budaya Lubuklinggau) untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 3(1). https://doi.org/10.31539/judika.v3i1.1178.

Masamah, U. (2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Kudus. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4882.

Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online Teaching-Learning in Higher Education During Lockdown Period of COVID-19 Pandemic. International Journal of Educational Research Open, 1, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012.

Poerwanti, J. I. S., & Mahfud, H. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan Microsoft Power Point pada Guru-Guru Sekolah Dasar. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 265. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.2296.

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. 07(01), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293.

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD Berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456.

Putra, A. P., Nawawi, I., Badawi, A., Sutarno, Pratiwi, I., Kim, J., Untari, E., & Umaroh, M. (2019). Interactive Multimedia Analysis in Thematic Learning: A Study of Practical Aspect. 2019 5th International Conference on Education and Technology (ICET), 61–65. https://doi.org/10.1109/ICET48172.2019.8987218.

Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276.

Richardo, R. (2016). Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 118–125. https://doi.org/10.21927/literasi.

Salsabila, H., Restian, A., & Utami, I. W. P. (2021). Pengembangan Buku Ajar Kearifan Lokal Malang Raya pada Pembelajaran Tematik SIswa kelas IV SD. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(2). https://doi.org/10.30998/sap.v6i2.10276.

Saragih, M. J. (2019). Perlunya Belajar Mata Kuliah Aljabar Abstrak bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 249–265. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.104.

Scherer, R., Howard, S. K., Tondeur, J., & Siddiq, F. (2021). Profiling Teachers’ Readiness for Online Teaching and Learning in Higher Education: Who’s Ready? Computers in Human Behavior, 118, 106675. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106675.

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56.

Setiana, D. S., & Ayuningtyas, A. D. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 4(2), 67–74. https://doi.org/10.30738/jst.v4i2.3054.

Setiana, D. S., & Nuryadi, N. (2021). Analisis Efektivitas E-LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik) Berbasis Etnomatematika Batu Akik Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Gantang, 6(2), 113–123. https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.3566.

Sudarma, I. K., Tegeh, I. M., & Prabawa, D. G. A. P. (2015). Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual Teks dan Image (Cetakan Pe). Graha Ilmu.

Sukardi. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknua. Bumi Aksara.

Sundari, I. M., & Nugraha, J. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas XI di SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 6(2), 312–320. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25747.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Undiksha.

Tegeh, I. M., & Sudatha, I. G. W. (2019). Model-Model Desain Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Wahyuni, K. S. P., Candiasa, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301–311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476.

Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2), 11–29. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.012-02.

Downloads

Published

2022-04-25

How to Cite

Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>