PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PKN SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16408Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pair Check berbasis penilaian kinerja terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Desain penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan yang berjumlah 301 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel yang didapatkan disetarakan terlebih dahulu menggunakan teknik matching. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan cara mengundi sehingga diperoleh siswa kelas IV SDN 1 Sesetan dengan jumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SDN 18 Sesetan dengan jumlah 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa yang berjumlah 31 butir tes yang telah di validasi. Data kompetensi pengetahuan PKn dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 3,870 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 58 diperoleh nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung = 3,870 > ttabel = 2,000. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Pair Check berbasis penilaian kinerja terhadap terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci : Pair Check, penilaian kinerja, kompetensi pengetahuan PKn
Referensi
Agung, A.A.G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fathurrohman, dan Wuri Wuryandani. 2011. Pembelajaran PKn Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Nuha Litera.
Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2016. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik.Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Ragam Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta : Kata Pena
Mulyasa. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sani, Ridwan Abdulah. 2016. Penilaian Autentik. Yogyakarta : Bumi Aksara.
Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-ruzz Media.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Widiadnyani, Luh Gd. Putri Ayu. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Pair Check Berbatuan Media Lingkungan Hidup Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 5 Pedungan Tahun Ajaran 2013/2014”. E-JournalPGSD Undiksha Mimbar PGSD Volume 2, No.1 (hlm. 1-10) (diakses pada 17 Januari 2018).
Yantiani, Ni Md. 2013. “Pembelajaran Kooperatif Pair Check Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang dan Bangun Datar Siswa Kelas IV Gugus IV Semarapura”. E-Journal PGSD Undiksha Mimbar PGSD Volume 2, No.1 (hlm. 1-10) (diakses pada 17 Januari 2018).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.