PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN KELASE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Penulis

  • Alexander Hamonangan Simamora Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Putrini Mahadewi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21260

Abstrak

Abstrak

Masalah yang ditemukan di SMP Negeri 2 Singaraja adalah hasil belajar IPA siswa belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan e-learning (2) mendeskripsikan kualitas hasil validasi pengembangan e-learning yang dikembangkan menurut review para ahli dan uji coba produk, (3) mengetahui efektivitas e-learning yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Hannafin and Peck. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pencatatan dokumen, kuesioner dan tes. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Rancang bangun e-learning mata pelajaran IPA dengan model Hannafin and Peck meliputi tiga tahapan. (2) E-learning mata pelajaran IPA yang dikembangkan valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan e-learning berpredikat sangat baik (91,4%), (b) hasil review ahli e-learning menunjukkan produk berpredikat baik (90,06%), (c) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan e-learning berpredikat sangat baik (89,02%), (d) hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan menunjukkan e-learning berpredikat sangat baik (89,93%), (89,34%) dan (83,03%). (3) Efektivitas pengembangan menunjukkan bahwa e-learning yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar IPA (thitung = 25,89 > ttabel = 2,390, pada taraf signifikansi 5%). Ini berarti bahwa e-learning terbukti efektif secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar IPA.

 

Kata-kata kunci : e-learning, Hannafin & Peck, Pengembangan

 

 

Abstract

The learning outcomes of the IX grade students at SMP Negeri 2 Singaraja especially in biology subject were not yet satisfactory. Furthemore, this research aims to (1) describe the architecture development of e-learning in biology subjects, (2) describe the quality of the results of the validation of the development of e-learning are developed according to the review experts and product trials in biology subjects, (3) test the effectiveness of e-learning developed against the results of the study biology subjects. This research is the development. The development model used is the Hannafin and Peck model.The data collected in this research is quantitative and qualitative data. Data was collected using the method of recording documents, questionnaires and tests. The results of this research are as follows. (1) The design of e-learning biology subjects with the Hannafin and Peck model includes three phases. (2) E-learning biology subjects developed valid with: (a) the results of expert review the contents of the subjects showed predicated e-learning is very good (92%), (b) the results of an e-learning expert reviews show products predicated good (89,33%), (c) the results of expert review of instructional design e-learning predicated showed very good (93%), (d) the results of individualtrials, small group trial and field trials demonstrate e-learning is predicated very good (90,22%), (90.11%) and (90%). (3) The effectiveness development shows that e-learning developed can effectively improve the learning results of science (tcount = 25,89 > t-table = 2,390, significance level 5%). That means e-learning proven to be effective can significantly improve Biology learning outcomes.

 

Keywords: Development, e-learning, Hannafin & Peck

Referensi

Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha

Duniawan, I. G. 2014. “Integrasi TIK, E-Learning Solusi Alternatif dalam Kegiatan Pembelajaran”. Makalah disajikan dalam Seminar Problematika Teknologi Pendidikan. Jurusan Teknologi Pendidikan. Singaraja, 22 Desember 2014.

Fithri, D. L. 2014. “Analisa dan Perancangan E-Learning Pembelajaran Grammer untuk Meningkatkan Potensi Siswa”. Jurnal SIMETRIS, Vol 5 No 1 April 2014 ISSN: 2252-4983.

Herawati. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran di Kelas VI SD Negeri 53 Banda Aceh. Jurnal Peluang, Volume 3, Nomor 2, Hal. 95-105. Tersedia Pada: http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/download/5720/4731.

Hutauruk, Pindo, Rinci Simbolon. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. SEJ (School Education Journal) Vol. 8. No 2 Hal. 121-129. Tersedia Pada: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/download/9770/9295.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Mahadewi, Luh Putu Putrini. 2013. Pemrograman Dengan Teks. Singaraja: Undiksha

Mahadewi, Luh Putu Putrini. 2016. Blended Learning Dinamisasi Seting Pembelajaran. Singaraja: FIP Undiksha.

Mahadewi, Luh Putu Putrini dan I Kadek Edi Yudiana. 2016.Pengembangan Prototype Pembelajaran Online Dengan Cognitive Load Theory Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di Fakultas Ilmu Pendidikan. (Laporan Penelitian). Singaraja: FIP Undiksha.

Mujakir. 2015.Kreativitas Guru dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Lantanida Journal, Vol. 3 No. 1, Hal. 82-92. Tersedia Pada: https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/1443/pdf.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sulthon. 2016. Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Elementary Vol. 4 ∫ No. 1 Hal. 38-54. Tersedia Pada: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/download/1969/pdf.

Suriyani, Henny Irma, Murni Sabilu, Safilu. 2017. Pengaruh Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Menggunakan Pendekatan Scientific Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. J. A M P I B I 2 (1) hal. (75 - 83). Tersedia Pada: http://ojs.uho.ac.id/index.php/ampibi/article/download/5060/3781.

Tegeh, I Made dan I Made Kirna. 2010. Metode Penelitian Pengembangan

Diterbitkan

2019-10-07

Cara Mengutip

Simamora, A. H., Gede Agung, A. A., & Mahadewi, L. P. P. (2019). PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN KELASE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Mimbar Ilmu, 24(2), 151–157. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21260

Terbitan

Bagian

Articles