Model Advance Organizer Berbantuan Media Grafis Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25152Abstrak
Rendahnya pencapaian kompetensi pengetahuan IPS siswa di Sekolah Dasar disebabkan karena proses pembelajaran yang berlangsung kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran advance organizer berbantuan media grafis terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan the post test only no-treatment control group design. Populasi yang dilibatkan ialah seluruh kelas IV SD sebanyak 272. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel secara keseluruhan ialah 66 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kompetensi pengetahuan IPS. Data post-test kompetensi pengetahuan IPS dianalisis menggunakan uji-t tipe polled varians. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 7,79 dan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 64 diperoleh ttabel = 2,00. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran advance organizer berbantuan media grafis berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPS kelas IV SD yang disebabkan karena pembelajaran dengan menggunakan advance organizer berbantuan media grafis memiliki timbal balik yang posistif terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa SD melalui tahapan-tahapa dalam proses pembelajaran yang melatih peserta didik untuk menemukan konsepnya sendiri dalam proses belajar dan akan mempermudah pemahaman peserta didik.
Referensi
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Adi Kusuma Atmaja, K. et al. (2019) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Song Berbasis Lagu Anak Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Sukawati’, Ejournal.Undiksha.Ac.Id, pp. 157–162. Available at: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17988.
Anika, M. and Fajar, W. (2020) ‘Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS’, 4(1), pp. 84–89.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Atsery, L. F. W., Haris, I. A. and Indrayani, L. (2019) ‘Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Untuk Meningkatkan Hasil Belajr Ips (Ilmu Pengetahuan Sosial) Siswa Kelas Vii Mts Al-Kiriyah Tegallinggah Kabupaten Buleleng 2018/2019’, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), p. 109. doi: 10.23887/jjpe.v11i1.20129.
Dr. I Wayan Rinda Suardika, S. (2013) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Operant Conditioning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Letkol Wisnu’, MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). doi: 10.23887/jjpgsd.v2i1.3084.
Gede, I. D. et al. (2019) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS’, 3(3), pp. 387–393.
Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS Fiosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jihad, A & Abdul H. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Pressindo.
Joyce, Bruce, dkk. 2011. Model of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kosasih, E. 2014. Model pembelajaran Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kd. Meta Dewi, I. M. P. I. B. S. M. (2013) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn 18 Pemecutan’, MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). Available at: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1556.
Muhammad Fahreizza Ibrahim Al Afghani, K. P. R. (2017) ‘Penerapan Model Advance Organizer Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pesawat Sederhana Pada Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), pp. 195–199.
Ni Pt. Dayantari1, Ndara Tanggu Renda2, N. N. M. A. (2013) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Mencari Pasangan ( Make a Match ) Terhadap Hasil’, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Mencari Pasangan (Make a Match) Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd, (1).
Pendidikan, J., Sekolah, G. and Ganesha, U. P. (2013) ‘Pengaruh Strategi Belajar Pq4r Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas IV SD Gugus Saba Gianyar Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha’.
Pratiwi, I. G. A. R., Manuaba, I. B. S. and Sujana, I. W. (2020) ‘Kontribusi Kecerdasan Interpersonal dan Aktualisasi Diri dalam Kelompok Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS’, 4(2), pp. 209–220.
Putra, M., Darsana, I. W. and Darmayanti, N. K. A. M. (2017) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbasis Reinforcement Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas V’, International Journal of Elementary Education, 1(2), p. 145. doi: 10.23887/ijee.v1i2.11607.
Romaliyana, R. Y., Putra, M. and Sujana, I. W. (2019) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Flipchart Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas V’, Media Komunikasi FPIPS, 18(1), pp. 311–319. doi: 10.23887/mkfis.v18i1.22235.
Setyosari, Punaji H. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.
Setyowati, R. et al. (2016) ‘Harmoni Sosial : Jurnal Pendidikan IPS Volume 3 , No 1 , Maret 2016 ( 74-81 ) Online : http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi Efektivitas Pendekatan Scientific Dengan Pbl Dan Problem Solving The Effectiveness Of Scientific Approach With Pbl And Problem ’, 3(1), pp. 74–81.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfa Beta.
Suharmantari, ni pt, Wiyasa, i km and Suadnyana, i ngh (2013) ‘Model Elaborasi Berbantuan Media Grafis Terhadap’, journal mimbar PGSD Ganesha, 1(1). Available at: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1379/1240.
Sukiman, 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Sulianto, J., Anitah, S. and Pembelajaran, P. (2017) ‘Pengembangan Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Penalaran Siswa Di’, 8(4), pp. 209–219.
Sultan, U. and Tirtayasa, A. (2019) ‘Efektivitas Penggunaan Media Grafis Dalam Meningkatkan’, 2(1), pp. 667–677.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Thyer, Bruce A. 2012. “Quasi-Eksperimental Research Design”. Florida: Florida State University.
Tia Lestari, K. et al. (2015) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Ips Kelas III SD’, (1). Available at: https://www.neliti.com/publications/124577/pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-teknik-make-a-match-terhadap-motivasi-bel.
Universitas Pendidikan Ganesha. 2016. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Wirastini, L., Sujana, I. W. and Negara, I. G. A. O. (2013) ‘Penerapan Model Pembelajaran Akselerasi Berbantuan Media Grafis Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IVB SDN 1 Padang Sambian’.
Yopiani, P. S. and Suryaabadi, I. B. G. (no date) ‘Pengaruh Model Learning Cycle 5e ( Engagement , Exsploration , Explanation , Elaboration , Evaluation ) Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Pkn Kelas V SD N 1 Kesiman’.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.