Konseling Kognitif dengan Teknik Role Model Ki Barak Panji Sakti dan Malin Kundang Untuk Mengembangkan Minat Computational
DOI:
https://doi.org/10.23887/bisma.v2i1.19992Keywords:
konseling kognitif, teknik role model ki barak panji sakti, malin kundang, minat computationalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas konseling kognitif (Aaron Beck) dengan teknik ki barak panji sakti dan teknik malin kundang terhadap peningkatan minat computational. Sampel penelitian ini adalah 52 siswa yang dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah anava dua jalur dengan desain 2x2 faktorial dan t-scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan konseling kognitif (Aaron Beck) antara siswa yang mengikuti teknik ki barak panji sakti dengan teknik malin kundang terhadap minat computational (F=6,210; p<0,05), (2) terdapat pengaruh interaksi konseling kognitif (Aaron Beck) teknik ki barak panji sakti dengan teknik malin kundang terhadap minat computational (F=15,642;p<0,05), (3) terdapat perbedaan minat computational pada siswa yang mendapat teknik ki barak panji sakti dibandingkan dengan teknik malin kundang (t=9,559; α<2,008).References
Corey., Gerald 2003. teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung : PT. Refika Aditama.
Kartadinata, Sunaryo, et al. 2008. Penataan Pendidikan Profesi Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Suarni,Ketut.2004. Meningkatkan Motivasi Berprestasi Sekolah Menengah Umum di Bali dengan Strategi Pengelolaan Diri Model
Yates (Studi Kuasi Eksperimental Pada Siswa Kelas 1 SMU di Bali).Disertasi (tidak diterbitkan).Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.
Sukardi.2003. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1 Tahun 2003
Yates, BT.1985. Self Management : The Science and The Art Of Helping Yourself. California: Ward Sworth Publishing.Co
Downloads
Published
Issue
Section
License
BISMA the Journal of Counseling is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
BISMA Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
BISMA The Journal of Counseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in BISMA Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of BISMA Journal are required to cite the original source, including the author's names, BISMA Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the BISMA Journal held the first publication right.