Konseling Kognitif dengan Teknik Role Model Ki Barak Panji Sakti dan Malin Kundang Untuk Mengembangkan Minat Computational
DOI:
https://doi.org/10.23887/bisma.v2i1.19992Keywords:
konseling kognitif, teknik role model ki barak panji sakti, malin kundang, minat computationalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas konseling kognitif (Aaron Beck) dengan teknik ki barak panji sakti dan teknik malin kundang terhadap peningkatan minat computational. Sampel penelitian ini adalah 52 siswa yang dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah anava dua jalur dengan desain 2x2 faktorial dan t-scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan konseling kognitif (Aaron Beck) antara siswa yang mengikuti teknik ki barak panji sakti dengan teknik malin kundang terhadap minat computational (F=6,210; p<0,05), (2) terdapat pengaruh interaksi konseling kognitif (Aaron Beck) teknik ki barak panji sakti dengan teknik malin kundang terhadap minat computational (F=15,642;p<0,05), (3) terdapat perbedaan minat computational pada siswa yang mendapat teknik ki barak panji sakti dibandingkan dengan teknik malin kundang (t=9,559; α<2,008).References
Corey., Gerald 2003. teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung : PT. Refika Aditama.
Kartadinata, Sunaryo, et al. 2008. Penataan Pendidikan Profesi Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Suarni,Ketut.2004. Meningkatkan Motivasi Berprestasi Sekolah Menengah Umum di Bali dengan Strategi Pengelolaan Diri Model
Yates (Studi Kuasi Eksperimental Pada Siswa Kelas 1 SMU di Bali).Disertasi (tidak diterbitkan).Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.
Sukardi.2003. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1 Tahun 2003
Yates, BT.1985. Self Management : The Science and The Art Of Helping Yourself. California: Ward Sworth Publishing.Co