PENERAPAN PENDEKATAN STARTER EKSPERIMEN (PSE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA

Authors

  • I Ketut Dibia Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Marta Adiasih Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11442

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sumber energi panas dan perpindahan panas kelas IV semester genap di SD No. 2 Banjar Tegal Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2010/2011 setelah penerapan pendekatan starter eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap rencana tindakan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD No.2 Banjar Tegal Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 17 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes pilihan ganda dan uraian singkat. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PSE dalam pembelajara IPA, dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari rata-rata skor awal sebesar 57,35 meningkat menjadi 66,76 pada siklus I dan meningkat menjadi 80 pada siklus II

References

Agung, A.A. Gede. (2005). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: STKIP.

Aldho. (2008). Hakikat Sains. Tersedia pada aldhoportofolio. blogspot.com/2008/12/hakikat-sains.html (diakses tanggal 24 Oktober 2010).

Arbi, Zanti Sultan dan Syahniar Syahrun. (1993). Dasar Dasar Kependidikan. Jakarta: Depdikbud.

Arikunto, Suharsimi dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asy’ari, Muslichach. (2006). Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

BNSP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Depdiknas.

Dibia, Ketut, dkk. (2007). Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Singaraja: Depdiknas

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Education For Our Country. (2010). Starter Experiment Approach/ Pendekatan Starter Eksperimen (PSE). Tersedia pada www.papantulisku.com/01/25/starter-experiment-approach-pendekatan.html (diakses tanggal 22 Oktober 2010).

Fadjar, Malik. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Hamalik, Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hartoto. (2010). Pengertian Pendidikan. Tersedia pada Hartoto@ http://fatamorghana.wordpress.com (diakses tanggal 10 Oktober 2010).

Juhji. (2008). Hakikat Sains. Tersedia pada juhji-science-sd.blogspot. com/08/15/hakikat-sains-mengetahui-cara-pandang.html (diakses tanggal 24 Oktober 2010).

Lapono, Nabisi, dkk. (2008). Belajar dan Pembelajaran SD 2 SKS. Jakarta: Depdiknas.

Mardalis. (2006). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Memes, Wayan. (2002). Pendekatan Starter Eksperimen sebagai Alternatif Model Pembelajaran IPA yang Berwawasan Sains Teknologi untuk Mensukseskan Pendidikan Dasar. Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Pengajarannya. Tahun 31 Nomor 1 Januari 2002 (hal.50-61).

Moedjiono dan Dimyati. (1992). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Dekdikbud.

Nurkancana dan Sunartana. (1990). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Rivai, Veithzal. (2000). Upaya-upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kepemimpinan Peserta Diklat Spama Survei di Diklat Departmen Kesehatan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Januari 2003 (hal. 130).

Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sidin, Muhammad. 2007. Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Beberapa Faktor Psikologis Survei pada Siswa Kelas II SMU Negeri di Makasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi khusus II (hal. 85).

Slamet, Adeng, dkk. (2010). Praktikum IPA 2 SKS. Jakarta: Depdiknas.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suastra, I. W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Buku Ajar. Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja.

Subagio, I Wayan. (2006). Masalah-masalah Penerapan Model Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Starter Eksperimen dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Kumpulan Karya Ilmiah Dosen Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Pendidikan MIPA IKIP Negeri Singaraja (hal. 45-53).

Subamia, I Dewa Putu. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Pendekatan Starter Eksperimen (PSE) terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV SD. Tesis_(tidak diterbitkan) Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Subarinah, S. (2006). Pengembangan Rancangan Mata Kuliah Geometri Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Konstrukstivisme Pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi khusus (hal. 252-269).

Sudana, dkk. (2006). Pendidikan Sains D2 PGSD. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudijono, Anas. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sumantri, Mulyani dan Johan Permana. (1999). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Debdikbud.

Susandi, Deddy Wara. (2010). Artikel Konstruktivisme di Sekolah Kejuruan. Tersedia pada http://www.smkn2pandeglang.net/index.php/artikel/ pendidikan (diakses tanggal 23 Oktober 2010).

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahyudin, Dinn. H, dkk. (2002). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Yasa, Doantara. (2008). Pendekatan Starter Eksperimen (PSE). Tersedia padaipotes.wordpress.com /05/24/pendekatan-starter-eksperimen-pse/ (diakses tanggal 22 Oktober 2010).

Downloads

How to Cite

Dibia, I. K., & Adiasih, M. M. (2017). PENERAPAN PENDEKATAN STARTER EKSPERIMEN (PSE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA. International Journal of Elementary Education, 1(1), 72–85. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11442

Issue

Section

Article

Most read articles by the same author(s)