Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan Talking Stick terhadap Keterampilan Membaca

Authors

  • Gusti Ayu Istya Utami Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dibia Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Aditya Antara Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24334

Keywords:

pendekatan saintifik, keterampilan membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berbantuan talking stick terhadap keterampilan membaca pemahaman kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng  tahun pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah kelas IV di Gugus IV Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 195 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas IV di SD Negeri 3 Bondalem yang berjumlah 23 orang dan kelas IV SD Negeri 5 Bondalem yang berjumlah 22 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 25 soal. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis, diperoleh thit sebesar 5,68 lebih dari ttab sebesar 2,007 yang diuji pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 43. Proses pembelajaran hendaknya lebih mengkreasikan pembelajaran dengan menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif, salah satunya adalah penerapan pendekatan saintifik agar dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa, sebab telah terbukti pada penelitian ini bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hal tersebut pendekatan saintifik berbantuan talking stick berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di Gugus IV Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019.

References

Agung, A . A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media.

Agung, A. A. Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama

Alek dan Achmad. 2011. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenada Media Grup.

Candiasa, I Made. 2010a. Statistika Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha

Daryanto, 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013: Yogyakarta: Gava media.

Dibia, I Ketut, Dkk. 2007. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Singaraja: Undiksha.

Phalguna, Komang Wahyu. 2015. Pengaruh Pendekata Saintifik Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa SD Kelas V. E-jurnal Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD: MIMBAR GSD VOL. NO 1 Tahun 2015.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Penelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Suandi, I Nengah dkk. 2018. Keterampilan Berbahasa Indonesia BerorientaIntegrasi Nasional dan Hasmoni Sosial. Depok: Rajawali Pers

Downloads

Published

2020-04-08

How to Cite

Utami, G. A. I., Dibia, I. K., & Antara, P. A. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan Talking Stick terhadap Keterampilan Membaca. International Journal of Elementary Education, 4(1), 64–72. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24334

Issue

Section

Article

Most read articles by the same author(s)