Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan Talking Stick terhadap Keterampilan Membaca
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24334Keywords:
pendekatan saintifik, keterampilan membacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berbantuan talking stick terhadap keterampilan membaca pemahaman kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah kelas IV di Gugus IV Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 195 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas IV di SD Negeri 3 Bondalem yang berjumlah 23 orang dan kelas IV SD Negeri 5 Bondalem yang berjumlah 22 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 25 soal. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis, diperoleh thit sebesar 5,68 lebih dari ttab sebesar 2,007 yang diuji pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 43. Proses pembelajaran hendaknya lebih mengkreasikan pembelajaran dengan menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif, salah satunya adalah penerapan pendekatan saintifik agar dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa, sebab telah terbukti pada penelitian ini bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hal tersebut pendekatan saintifik berbantuan talking stick berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di Gugus IV Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019.References
Agung, A . A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media.
Agung, A. A. Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama
Alek dan Achmad. 2011. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenada Media Grup.
Candiasa, I Made. 2010a. Statistika Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha
Daryanto, 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013: Yogyakarta: Gava media.
Dibia, I Ketut, Dkk. 2007. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Singaraja: Undiksha.
Phalguna, Komang Wahyu. 2015. Pengaruh Pendekata Saintifik Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa SD Kelas V. E-jurnal Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD: MIMBAR GSD VOL. NO 1 Tahun 2015.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Penelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Suandi, I Nengah dkk. 2018. Keterampilan Berbahasa Indonesia BerorientaIntegrasi Nasional dan Hasmoni Sosial. Depok: Rajawali Pers
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)