Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Kadek Sutiani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dibia Univesritas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15956

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbasis penilaian kinerja terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalent post test only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV di SD gugus 1 Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Sebanyak 55 siswa dipilih sebagai sampel penelitian yang ditentukan melalui simple random sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA ranah kognitif yang dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t polled varians). Hasil uji-t, menunjukkan thitung = 8,57 dan ttabel = 2,005 (pada taraf signifikansi 5%). Berdasarkan kriteria pengujian, thitung > ttabel (8,57 > 2,005), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing berbasis penilaian kinerja berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Gugus 1 Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng.

References

Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodologi Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Agustiana, I Gusti Ayu Tri dan I Nyoman Tika. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika dan Kimia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Arhin, Ato Kwamina. 2015. “The Effect of Performance Assessment Driven Instruction on the Attitude and Achievement of Senior High School Students in Matematics in Cape Coast Metropolis, Ghana”. Tersedia pada https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1083838.pdf (diakses tanggal 05 Januari 2018).

Dewi, Gusti Ayu Made Taria. 2016. “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Asesmen Kinerja Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/7264/4962 (diakses tanggal 07 Desember 2017).

Fazet,Friske dan I Gusti Putu Asto. 2013. Aplikasi Model Pembelajaran CTL Menggunakan Metode Snowball Throwing Dengan Standar Kompetensi Dasar Teknik Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol.2, No.3.

Hafid R Hakim, Abdul R. 2013. Pengaruh Perpaduan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol.2, No.1.

Husien, Latifah. 2017. Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Herrmann, Kim J. 2013. “The Impact of Cooperative Learning on Student Engagement: Result From an Intervention”. Tersedia pada http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1469787413498035 (dikases tanggal 12 Maret 2018).

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Cet ke-3. Kata Pena.

Marhaeni, A. A. I. N., dkk. 2017. Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Oktaviani, L. 2014. “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPA”. Tersedia pada http://download.portalgaruda.org/article.php?article=258500&val=7028&title=pengaruh model problem based learning berbasis asesmen kinerja terhadap hasil belajar ipa ditinjau dari gaya kognitif (diakses tanggal 25 Desember 2017).

Rahma, Abd. 2017. Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Pada SDN No. 1 Pantolobete. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol. 5, No.4.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sialagan, Ardin dan Irmayanti. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus SMA Negeri 1 Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai). Jurnal Geografi, Vol.3, No.1.

Suardika, I Putu. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Lingkungan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/3874/3100 (diakses tanggal 11 Mei 2018).

Sujiantari, Kadek. 2016. “Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS (Studi pada SMP Negeri 1 Singaraja Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016)”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/viewFile/7573/5171 (diakses tanggap 11 Mei 2018)

Sukardjo, M. dan Ukim Komarudin. 2013. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cet ke-4. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tim MKDP. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Cet ke-3. Jakarta: Rajawali Press.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyuningsih, Sri Wida. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 1 Sangsit Buleleng”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10984/7037 (dikases tanggal 23 Desember 2017).

Widiana, I Wayan. 2016. “Pengembangan Asesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar”. Tersedia pada http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/50/47 (diakses tanggal 09 Maret 2018).

Wirawan, Rahmat. 2014. “Increasing Vocabulary Mastery of The Seventh Grade Students Through Snowball Throwing”. Tersedia pada http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ELTS/article/view/2131/1354 (dikases tanggal 23 Desember 2017).

Downloads

Published

2018-11-01

How to Cite

Sutiani, K., Suarni, N. K., & Dibia, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 2(3), 173–182. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15956

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)