PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Authors

  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Pt. Nanci Riastini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gst. N. Yudha Pustika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11601

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas SD 1 Blahkiuh. penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah SD 1 Blahkiuh yang terdiri dari 28 orang. Objek dari penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV semester II SD 1 Blahkiuh. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan data mengenai hasil belajar dikumpulkan melalui tes berbentuk uraian. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media konkret dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 1 Blahkiuh. Rata-rata aktivitas belajar pecahan bagi siswa pada siklus I mencapai 63,3% dengan kategori cukup aktif dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata aktivitas belajar pecahan bagi siswa adalah sebesar 77,8% dengan katergori aktif. Untuk hasil belajar pecahan bagi siswa juga mengalami peningkatan terbukti dari tes awal rata-rata persentase hasil belajar pecahan bagi siswa hanya mencapai 48,75% dengan kategori kurang, kemudian siklus I rata-rata hasil belajar pecahan bagi siswa mengalami peningkatan sebesar 64,28% dengan kategori cukup, dan di akhir siklus II rata-rata hasil belajar pecahan bagi siswa mencapai 78,57% dengan kategori baik.

References

Arsyad, Azhar. 1997. Media Pengajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Agung, A.A.Gede. 1997. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Singaraja: STKIP Singaraja.

-------, 1999. Metodalogi Penelitian Pendidikan, Singaraja: STKIP.

-------, 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: FIP IKIP Negeri Singaraja.

Depdiknas. 2002. Pedoman Studi IKIP Negeri Singaraja Fakultas MIPA. Singaraja: Depdiknas.

-------, 2004. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Moedjiono. 1994. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hudojo H. 1988. Belajar Mengajar dengan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Aksara.

Kunandar. 2007. Implementasi KTSP dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nurkancana dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Pitajeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 1989. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Suarjana, I Made. 2001. Buku Ajar Pendidikan Matematika I. Singaraja: IKIP Singaraja.

Suarjana, I Made dkk. 2007. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Prestasi Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar Nomor I Paket Agung Singaraja. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Sudarma, I Komang & Desak Putu Parmiti. 2007. Modul Media Pembelajaran SI PGSD. Singaraja: FIP UNDIKSHA.

Suartama, I Kadek. 2008. Bahan Ajar Media Pembelajaran. Singaraja: UNDIKSHA.

Sudiarta, I Wayan. 2010. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri 2 Sukadana Kecamatan Kubu Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan PGSD FIP Undiksha singaraja.

Sudiana, I Ketut. 2004. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Tahap Awal. Departemen Pendidikan Nasional.

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sutawidjaja, Akbar,dkk. 1992. Pendidikan matematika II. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyanto, dkk. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Sriyani, Nyoman. 2010. Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dalam Memecahkan Soal Cerita Pada Siswa Kelas II Semester I SD No. 4 Tukad Sumaga Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan PGSD FIP Undiksha Singaraja.

Zuriah, Nurul. 2005. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Malang: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2017-07-28

How to Cite

Suarjana, I. M., Nanci Riastini, N. P., & Yudha Pustika, I. G. N. (2017). PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR. International Journal of Elementary Education, 1(2), 103–114. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11601

Issue

Section

Article