Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21311Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus III Kecamatan Busungbiu Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian adalah Non Equivalent Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD Gugus III Kecamatan Busungbiu Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel ditentukan random sampling diperoleh SDN 1 Pelapuan sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 18 orang dan SDN 3 Umejero sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 19 orang. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPA meliputi aspek kognitif yang diperoleh dari tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (uji-t polled varians). berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung sebesar 5,28 lebih besar dari ttabel 2,042 dengan taraf signifikansi 5% dan db = 35. Dilihat dari hasil perhitungan rata-rata hasil belajar IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning adalah 19,39 lebih besar dari rata-rata hasil belajar IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional yaitu 15,74. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Busungbiu Tahun Pelajaran 2018/2019References
Handini, Dea, Diah Gusrayani, Regina Lichteria Panjaitan. 2016. Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Materi Gaya. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 Hal. 451-560. Tersedia Pada: http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2974.
Kasmawati, Nur Khalisah Latuconsina, Andi Ika Prasati Abrar. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 5 No. 2 Hal. 70-75. Tersedia Pada: http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika.
Lasmawan, Wayan. 2004. Pengembangan model pembelajaran IPS Sekolah Dasar dengan Menggunakan Model STM (Studi Pembelajaran pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Buleleng – Bali). (Disertasi). Bandung: PPS UPI Bandung.
Oemar Hamalik. 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum.. Bandung: Remaja Rosdakarya,
Rahmadi, I. W. H, Parmiti, P. D, & Widiana, I. W. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Gugus IV Kecamatan Petang Tahun Pelajaran 2017/2018. Mimbar PGSD, 6(1).
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sulthon. 2016. Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Elementary Vol. 4 ∫ No. 1 Hal. 38-54. Tersedia Pada: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/download/1969/pdf.
Sumiyadi, Kasmadi Imam Supardi, Masturi. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri Dan Berwawasan Konservasi. Journal of Innovative Science Education Vl. 4 No. 1 Hal. 1-8. Tersedia Pada: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise.
Suriyani, Henny Irma, Murni Sabilu, Safilu. 2017. Pengaruh Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Menggunakan Pendekatan Scientific Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. J. A M P I B I 2 (1) hal. (75 - 83). Tersedia Pada: http://ojs.uho.ac.id/index.php/ampibi/article/download/5060/3781.
Zulaiha, Siti. 2016. Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Implementasinya Dalam Rencana Pembelajaran PAI MI. Jurnal Pendidikan Islam vol. 1, no 01, Hal. 41-60. Tersedia Pada: http://journal.staincurup.ac.id/index.php/belajea/article/view/84.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)