PENERAPAN PROSES MENULIS BERBASIS PORTOFOLIO BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11600Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan proses menulis berbasis portofolio berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV SD No. 6 panji. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD No. 6 Panji yang terdiri dari 19 orang siswa, yaitu 13 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD No. 6 Panji. Persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan, terbukti dari hasil yang diperoleh pada siklus I dengan nilai 77,10 dan pada siklus II menjadi 88,40 yang termasuk ke dalam kategori tinggi, sedangkan siswa yang mencapai ketuntasan dari 17 orang siswa menjadi 18 orang siswa dan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 77,10% menjadi 88,40% pada siklus II. Dengan demikian penerapan penerapan proses menulis berbasis portofolio berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD No. 6 PanjiReferensi
Abimanyu, Soli, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Ditjen pendidikan Tinggi.
Agung, A.A. Gede. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Analisis Data dalam PTK). Makalah disajikan pada Workshop Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha. Singaraja 27 September 2010.
-------. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Negeri Singaraja.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Depdiknas. 2004. Pedoman Pengembangan portofolio untuk penilaian. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Dibia, Ketut, dkk. 2007. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Singaraja : Undiksha.
Djauhar, Siddiq, dkk. 2008. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Fajar, Arnie. 2002. Portofolio dalam pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hakim. 2010. Model Pembelajaran Kooperatif. Tersedia pada http://blog.unm.ac.id/hakim/2010/02/16/model-pembelajarankooperatif/ (diakses tanggal 10 April 2010).
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Setifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mikarsa, Prianto, dkk. 2007. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rakhmat, Cece dan Suherdi. 1998/1999. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Santosa, Sutejo, dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudrajat,Akhmad. 2008. Tersedia pada http://www.psbpsma.org/content/blog/ pengertian-pendekatan-strategi-metode-teknik-taktik-dan-model-pembelajaran (diakses tanggal, 17 Oktober 2010).
Suderajat dan Sumarna. 2009. Tersedia pada http://tsauri28.myhaley.com/blog/ penilaian-portofolio-online/ (diakses tanggal, 17 Oktober 2010).
Sumantri dan Permana. 1998/1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Suprayeki, Dicky, dkk. 2008. Pembaharuan Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suranata, Kadek. 2009. Pedoman Pengembangan Penilaian Portofolio. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan UNDIKSHA Singaraja.
Tegeh, I Made. 2008. Media Pembelajaran. Malang: Penelitian Disertasi Program Doktor Teknologi Pembelajaran dan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Undiksha. 2009. Pedoman Penulisan Sekripsi dan Tugas Akhir. Singaraja: Undiksha Singaraja.
Wiranataputra, Udin S, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)