PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • I Wayan Widarsa SMP Negeri 2 Kerambitan

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21816

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kerambitan Kelas VIII A Semester I Tahun pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran Matematika masing rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 71,37, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 77,37 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 82,16. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika Siswa Kelas VIII A Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 2 Kerambitan Tabanan.

References

Abdullah. 2002. “Fungsi Prestasi belajar Siswa” http://www.scribd.com/doc/9037208/. (diakses tanggal 20 Oktober 2014).

Agung, A.A. Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan Suatu Pengantar. Singaraja: FIP IKIP Negeri Singaraja.

-------. 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan.2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007.Jakarta: BSNP.

Downloads

Published

2019-11-01

Issue

Section

Articles