MINAT BACA SISWA KELAS V SD NEGERI HARJOWINANGUN 02 TERSONO BATANG

Authors

  • Yuniar Indri Hapsari Program Studi PGSD Universitas PGRI Semarang
  • Iin Purnamasari Program Studi PGSD Universitas PGRI Semarang
  • Veriliyana Purnamasari Program Studi PGSD Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22634

Keywords:

Minat Baca, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat baca dan tingkat minat baca siswa kelas V SD Negeri Harjowinangun 02 tahun 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Obyek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Harjowinangun 02 Tersono yang berjumlah 15 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, pedoman wawancara, lembar angket, dan dokumentasi. Hasil analisis berdasarkan observasi, wawancara, dan, angket dapat diperoleh bahwa minat baca siswa kelas V SD Negeri Harjowinangun 02 rendah. Faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa kecerdasan, minat dan perhatian, motivasi, ketekunan, sikap, kebiasaan membaca, serta kondisi fisik dan kesehatan. Minat baca siswa tidak akan muncul jika tidak terdapat kemauan, kesehatan, kondisi fisik, kecerdasan, dan motivasi dari dalam siswa. Perpustakaan yang seadanya, bahan bacaan yang sudah usang bahkan beberapa tidak layak pakai, rendahnya dorongan dari guru, tidak dorongan dari orang tua, orang tua yang tidak memfasilitasi dikarenakan ekonomi kurang, tidak ada perhatian orang tua terhadap minat membaca anak. kebanyakan orang tua lebih terfokus pada hasil belajar, pembiasaan membaca yang tidak didapatkan siswa sejak kecil. Pengaruh lingkungan dan teman bermain yang tidak terbiasa dengan membaca secara tidak langsung akan mempengaruhi minat baca siswa. Pengaruh teknologi yang tidak terkendali. Misalnya pengaruh smartphone atau gadget tidak digunakan dengan bijak, pengaruh acara televisi sehingga siswa melupakan tugasnya sebagai siswa.

 

 

References

Achmad, Alek.(2016). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Danim Sudarwan.(2014). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Elferida, K., & Rahmah, E. (2012). Peran Pustakawan Dalam Memotivasi Siswa Memanfaatkan Perpustakaan Smk Tamansiswa Padang. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 436-441.

Handayaningrum, Y. (2010). Penerapan Media Cerita Bergambar (Cergam) Untuk Meningkatkan Minat Baca Biologi Siswa Pada Pokok Bahasan Bahan Kimia Dalam Makanan Kelas Viii Smp Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009 (Doctoral Dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Hardika Yulinar A – E-Jurnal Skripsi Mahasiswa Pgsd.2018. Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Optimalisasi Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Universitas Pgri Semarang. Diakses 01 Oktober 2018 (12:40 Wib)

Hari S – E-Jurnal Skripsi.2008. Membangun Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Penyediaan Buku Bergambar. Universitas Negeri Malang. Diakses 29 Oktober 2018 (21:18 Wib)

In Triatma – E-Jurnal Skripsi Mahasiswa Tp.2016. Minat Baca Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. Journal.Student.Uny.Ac.Id. Diakses 18 September 2018 (07:02 Wib)

Ismawati Esti Dan Faraz Umaya. (2016). Belajar Bahasa Di Kelas Awal.Ombak.

Kurnia, U. (2015). Efektivitas Penggunaan Gambar Pada Brosur Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas Xi Sman 5 Padang. Pillar Of Physics Education, 6(2).

Masri S Putra. (2008). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: Pt Indeks.

Moleong, Lexy J.(2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Parmadani, T. S., & Latifah, L. (2017). Pengaruh Minat Baca, Sumber Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 505.

Rosidi Ajip. (1983). Pembinaan Minat Baca Bahasa Dan Sastra Daerah. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sari, N. P., & Lukitaningsih, R. (2013). Penerapan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Bk Unesa, 1(1).

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Pt Rineka Cipta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Zuve, F. O. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi Menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Group Investigation. Jurnal Pendidikan Rokania, 1(2), 68-79.

Downloads

Issue

Section

Articles