PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN

Muhammad Rizal P.L.K, Yovitha Yuliejantiningsih, Tri Hartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik untuk meningkatkankan kedisiplinan pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui metode penelitian true experimental design dengan model pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 107 siswa. Sampel dalam penelitian yaitu 30 siswa kelas X SMK 01 Muhammadiyah Semarang yang diambil dengan menggunakan teknik Cluster random sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala kedisiplinan. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diperoleh hasil thitung = 4,89. Selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% (0.05) yaitu 2,131. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung = 4,89 > ttabel = 2,131. Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas X SMK 01 Muhammadiyah Semarang tahun pelajaran 2018/2019” diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik dapat meningkatkankan kedisiplinan siswa.

 

 


Keywords


Bimbingan Kelompok; Teknik Modelling Simbolik; Kedisiplinan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti. 2012. Buku Pintar Panduan Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta:Araska

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. 2010. Strategibelajar mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamzah. 2008. Model Pelajaran “ Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif”. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hartinah 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.

Hurlock, Elizabeth B. 2013. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Komalasari, Gantina, Eka Wahyuni, Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Lewis. 2004. Dilema Kedisiplinan. Jakarta: PT Grasindo Widiasarana Indonesia

Lilis, Ratna. 2013. Teknik-Teknik Konseling. Yogyakarta: Budi Utama.

Maulana, Riki. 2016. Pengembangan model bimbingan kelompok berbasis islami untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa SMK . Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Volume 2 Nomor 1 Juni 2016

Mugiarso, Heru, dkk. 2009. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UPT UNNES Press.

Nurihsan, Ahmad Juantika. 2009. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nurikhsan, Achmad jentika. 2014. Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan (edisi revisi). Bandung: Refika Aditama

Prayitno. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konsling. Jakarta: Rineka Cipta.

Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rintyastini.2006. Bimbingan dan Konseling 2. Jakarta:Erlangga.

Roshita. 2014. Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling. Pekalongan: SMP Wonopinggono. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. Volume 16 Pada 17 April 2018.

Soegeng. 2015. Dasar-dasar Penelitian. Yogyakarta : Magnum Pustaka Utama.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukarno, Anton dan Venty. 2015. Statistik Pendidikan: Universitas PGRI Semarang.

Sukarno, Anton. 2008. Statistik Lanjut. Surakarta. UNS Press.

Sutanti, Tri . 2015. Efektivitas Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Empati Mahasiswa Prodi Bk Universitas Ahmad Dahlan . Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Volume 1 Nomor 2 Desember 2015.

Tohirin. 2015. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Madrasah (Berbasis Integrasi)Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja grafindo persada.

Wantah, Maria J. 2005. Pengembangan Disiplin Dan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat jendral pendidikan tenaga perguruan tinggi.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22688

Article Metrics

Abstract view : 569 times
PDF file view : 739 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22688.g14081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal Of Educational Research and Review


Indonesian Journal of Educational Research and Review is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Indonesian Journal of Educational Research and Review indexed by:

Akreditasi SINTA 2        BASE Ekuitas

 

Creative Commons License
Indonesian Journal of Educational Research and Review is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.