PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN

Authors

  • Muhammad Rizal P.L.K Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Yovitha Yuliejantiningsih Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Tri Hartini Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22688

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling Simbolik, Kedisiplinan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik untuk meningkatkankan kedisiplinan pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui metode penelitian true experimental design dengan model pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 107 siswa. Sampel dalam penelitian yaitu 30 siswa kelas X SMK 01 Muhammadiyah Semarang yang diambil dengan menggunakan teknik Cluster random sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala kedisiplinan. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diperoleh hasil thitung = 4,89. Selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% (0.05) yaitu 2,131. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung = 4,89 > ttabel = 2,131. Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas X SMK 01 Muhammadiyah Semarang tahun pelajaran 2018/2019” diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik dapat meningkatkankan kedisiplinan siswa.

 

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti. 2012. Buku Pintar Panduan Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta:Araska

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. 2010. Strategibelajar mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamzah. 2008. Model Pelajaran “ Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif”. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hartinah 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.

Hurlock, Elizabeth B. 2013. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Komalasari, Gantina, Eka Wahyuni, Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Lewis. 2004. Dilema Kedisiplinan. Jakarta: PT Grasindo Widiasarana Indonesia

Lilis, Ratna. 2013. Teknik-Teknik Konseling. Yogyakarta: Budi Utama.

Maulana, Riki. 2016. Pengembangan model bimbingan kelompok berbasis islami untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa SMK . Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Volume 2 Nomor 1 Juni 2016

Mugiarso, Heru, dkk. 2009. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UPT UNNES Press.

Nurihsan, Ahmad Juantika. 2009. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nurikhsan, Achmad jentika. 2014. Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan (edisi revisi). Bandung: Refika Aditama

Prayitno. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konsling. Jakarta: Rineka Cipta.

Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rintyastini.2006. Bimbingan dan Konseling 2. Jakarta:Erlangga.

Roshita. 2014. Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling. Pekalongan: SMP Wonopinggono. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. Volume 16 Pada 17 April 2018.

Soegeng. 2015. Dasar-dasar Penelitian. Yogyakarta : Magnum Pustaka Utama.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukarno, Anton dan Venty. 2015. Statistik Pendidikan: Universitas PGRI Semarang.

Sukarno, Anton. 2008. Statistik Lanjut. Surakarta. UNS Press.

Sutanti, Tri . 2015. Efektivitas Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Empati Mahasiswa Prodi Bk Universitas Ahmad Dahlan . Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Volume 1 Nomor 2 Desember 2015.

Tohirin. 2015. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Madrasah (Berbasis Integrasi)Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja grafindo persada.

Wantah, Maria J. 2005. Pengembangan Disiplin Dan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat jendral pendidikan tenaga perguruan tinggi.

Downloads

How to Cite

Rizal P.L.K, M., Yuliejantiningsih, Y., & Hartini, T. (2019). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(3), 379–385. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22688

Issue

Section

Articles