Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Mahayu Fahza Aulia Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nengah Suadnyana

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24880

Keywords:

Make A Match, Audio Visual, kompetensi pengetahuan IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match berbantuan media Audio Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus III Kuta Utara tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus III Kuta Utara tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 518 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak kelas IV SD No. 2 Kerobokan sebagai kelompok eksperimen dan sebanyak kelas IV A SD No. 1 Kerobokan Kaja sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan menggunakan tes objektif dengan bentuk pilihan ganda biasa. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan harga thitung = 5,128 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 70 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuaan IPA kelompok yang dibelajarkan model pembelajaran Make A Match berbantuan media Audio Visual dengan kelompok yang dibelajarkan secara konvensional pada kelas IV SD Gugus III Kuta Utara tahun ajaran 2018/2019. Demikian pula rata - rata gain skor ternormalisasi kelompok eksperimen lebih dari rata – rata kelompok kontrol (0,52 > 0,32). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match berbantuan media Audio Visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus III Kuta Utara tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk melaksanakan penelitian selanjutnya atau menemukan inovasi kegiatan pembelajaran lainnya yang bermakna bagi siswa.

References

Agung, A.A Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Yogyakarta: Andi

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ridwan, Abdullah Sani. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sulistyowati, Eka dan Asih Widi Wisudawati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfa Beta.

Undang – Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Medua Pembelajaran Visual-Audi Visual – Komputer – Power Point – Internet – Interactive Video. Yogyakarta: Kata Pena

Downloads

Published

2020-05-15

Issue

Section

Articles