ANALISIS KUALITAS SOAL KEMAMPUAN MEMBEDAKAN RANGKAIAN SERI DAN PARALEL MELALUI TEORI TES KLASIK DAN MODEL RASCH

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24080

Keywords:

soal, seri, paralel, teori tes klasik, model rasch

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil perbandingan analisis kualitas soal kemampuan membedakan rangkaian seri dan rangkaian paralel melalui pendekatan teori tes klasik dan model Rasch dilihat dari aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, serta daya pembeda soal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan proses pengambilan data dilakukan pada bulan Februari 2020. Data diperoleh melalui metode dokumentasi berupa 40 butir soal pilihan ganda dengan dua opsi jawaban dan diujikan kepada 195 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Mataram. Data dianalisis dengan pendekatan teori tes klasik menggunakan SPSS 18.0 dan model Rasch dengan software Winstep. Kualitas soal dari aspek validitas dengan pendekatan teori tes klasik diperoleh 30 soal yang dikategorikan valid dan 10 soal dianggap tidak valid sedangkan dengan model Rasch diperoleh 5 soal kategorikan valid dan 35 soal dikategorikan tidak valid. Nilai reliabilitas Cronbach Alpha (KR-20) soal tes melalui pendekatan teori tes klasik adalah 0,470 (buruk) dan nilai reliabilitas Cronbach Alpha (KR-20) pada model Rasch adalah 0,640 (cukup) dengan nilai Person Reliability sebesar 0,60 (lemah) dan Item Reliability sebesar 0,97 (istimewa). Rata-rata indeks tingkat kesukaran soal pada pendekatan teori tes klasik adalah 0,631 dengan kategori sedang, sedangkan hasil analisis tingkat kesukaran berdasarkan model Rasch menunjukkan terdapat empat kategori tingkat kesulitan butir soal yaitu 7 soal yang termasuk sangat mudah, 13 soal mudah, 15 soal sulit, serta 5 soal sangat sulit. Daya pembeda butir soal dengan pendekatan teori tes klasik berada pada kategori buruk (20 item), kategori cukup 19 butir soal, serta 1 item dengan kategori baik. Daya pembeda butir soal dari pemodelan Rasch diperoleh 8 (delapan) kelompok butir soal yang didasarkan pada indeks separasi butir soal (H=8,28).

References

Bagiyono, B. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. WIDYANUKLIDA, 16(1), 1–12.

Hayati, S., & Lailatussaadah, L. (2016). VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN PENGETAHUAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) MENGGUNAKAN MODEL RASCH. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(2), 169. https://doi.org/10.22373/jid.v16i2.593

Iskandar, A., & Rizal, M. (2018). Analisis kualitas soal di perguruan tinggi berbasis aplikasi TAP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 12. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.15609

Kadir, A. (2015). MENYUSUN DAN MENGANALISIS TES HASIL BELAJAR. AL-TA’DIB : Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 70–81. https://doi.org/10.31332/atdb.v8i2.411

Lestari, K., & Yudhanegara, M. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mania, S. (2008). TEKNIK NON TES: TELAAH ATAS FUNGSI WAWANCARA DAN KUESIONER DALAM EVALUASI PENDIDIKAN. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(1), 45–54. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a4

Nuswowati, M., Binadja, A., Soeprodjo, S., & Ifada, K. E. N. (2010). PENGARUH VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER BIDANG STUDI KIMIA TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 566–573.

Perdana, S. A. (2018). ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN PENGUKURAN PEMAHAMAN KONSEP PERSAMAAN KUADRAT MELALUI TEORI TES KLASIK DAN RASCH MODEL. Jurnal Kiprah, 6(1), 41–48. https://doi.org/10.31629/kiprah.v6i1.574

Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). ANALISIS KUALITAS SOAL PRA UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11370

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata.

Syofian. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: PRENAMEDIA GROUP.

Tri Wahyuningsih, E. (2015). ANALISIS BUTIR SOAL TES OBJEKTIF BUATAN GURU ULANGAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 MLATI TAHUN AJARAN 2013/2014 (Universitas Negeri Yogyakarta). Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26627

Wahyudi, W. (2010). Assesment Pembelajaran Berbasis Portofolio di Sekolah. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1), 288–296. https://doi.org/10.26418/jvip.v2i1.370

Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2018). ANALISIS SOAL MODUL LABORATORIUM FISIKA SEKOLAH I MENGGUNAKAN RACSH MODEL. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(1). https://doi.org/10.30870/gravity.v4i1.3116

Downloads

Published

2020-03-14

How to Cite

Erfan, M., Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Astria, F. P., & Ratu, T. (2020). ANALISIS KUALITAS SOAL KEMAMPUAN MEMBEDAKAN RANGKAIAN SERI DAN PARALEL MELALUI TEORI TES KLASIK DAN MODEL RASCH. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24080

Issue

Section

Articles