Positive Correlation Between Learning Motivation and Student Learning Outcomes in Physics Subjects Momentum and Impulse Materials

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i3.34644

Keywords:

learning motivation and learning outcomes, physics

References

Aminoto, T., Dani, R., & Yuversa, E. (2019). Pengembangan Termometer Gas Sebagai Alat Peraga Pembelajaran Pokok Bahasan Skala Suhu Mutlak. Jurnal EduFisika, 4(2), 48–55. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i02.7636.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 12–18.

Arrasyid, H., Jufrida., & Darmaji. (2017). Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Kelas X SMA PGRI 2 Jambi. Jurnal Edufisika, 2(2), 68–80. https://doi.org/10.22437/edufisika.v5i02.10886.

Asmarani, A., & Idrus, I. (2017). Peningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Penerapan Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 16–22.

Astalini., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi sikap peserta didik terhadap mata pelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. Unnes Physics Education Jurnal, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.15294/upej.v8i1.29510.

Astalini., Kurniawan, Dwi. A., S., & Umaryanti. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika Di SMAN Kabupaten Batanghari. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3(2), 59–64. https://doi.org/10.26737/jipf.v3i2.694.

Astalini. (2019). Motivation and Attitude of Students on Physics Subject in the Middle School in Indonesia. International Education Studies, 12(9), 15–26. https://doi.org/10.5539/ies.v12n9p15.

Basuki, F, R., Jufrida., Kurniawan, W., Devi, I. P., & Fitaloka, O. (2019). Tes Keterampilan Proses Sains: Multiple Choice Format. Jurnal Pendidikan Sains(JPS), 7(2), 101–111. https://doi.org/10.22437/edufisika.v5i02.10886.

Cohen, L., Manion, L., Lecturer, P., Morrison, K., & Lecturer, S. (2007). Research Methods in Education.

Darmaji. (2019). A study relationship attitude toward physics, motivation, and character discipline students senior high school, in Indonesia. International Journal of Learning and Teaching, 11(3), 99–109. https://doi.org/10.18844/ijlt.v11i3.4207.

Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Nasih, N. R. (2019). Persepsi Mahasiswa pada Penuntun Praktikum Fisika Dasar II Berbasis Mobile Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 516–523.

Eliyana, E. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Belajar IPA Materi Tumbuhan Hijau Pada Siswa Kelas V SDN 3 Panjerejo di Masa Pandemi Covid-19. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(2), 87. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i2.1628.

Hairida, H. (2016). The Effectiveness Using Inquiry Based Natural Science Module With Authentic Assessment to Improve The Critical Thinking and Inquiry Skills of Junior High School Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/7681/5453.

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2), 1–13.

Hardian, K., Astalini, & Kurniawan, D, A. (2018). Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Jurnal Edufisika, 3(2), 1–12. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i02.4522.

Jufrida. (2019). Students’ attitude and motivation in mathematical physics. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(3), 401–408. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i3.20253.

Khodijah, Dwinda, N., Hendri, M., & Darmaji. (2016). Upaya Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Kelas XI MIA7 SMAN 1 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 1(2), 46–54. https://doi.org/10.22437/edufisika.v1i2.3429.

Kurnia, N., Hendri, M., & Pathoni, H. (2016). Hubungan persepsi dengan hasil belajar fisika siswa kelas X MIA di SMA Negeri 4 Kota Jambi dan SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Edufisika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.22437/edufisika.v1i2.3430.

Lestari, M. Y., & Diana, N. (2018). Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar I. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 49–54. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i1.2474.

Oktaviana, D., Jufrida., & Darmaji. (2016). Penerapan RPP Berbasis Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Kalor Dan Perpindahan Kalor Kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal EduFisika, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.22437/edufisika.v1i1.2957.

Parmiti, D., Rediani, N., Antara, I., & Jayadiningrat, M. (2021). The Effectiveness of Local Culture-Integrated Science Learning Through Project Based Assessment on Scientific Attitudes and Science Process Skills of Elementary School Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 439–446. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i3.31301.

Pasaribu, Dewi, S., Hendri, M., & Susanti, N. (2017). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X SMAN 10 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 2(1), 61–69. https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i01.4043.

Prabowo, A., & Heriyanto. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-BOOK) Oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1–9. https://www.academia.edu/26392333/Analisis_Pemanfaatan_Buku_Elektronik_E_Book_Oleh_Pemustaka_DI_Perpustakaan_Sma_Negeri_1_Semarang.

Primadona, H., Nehru., & Kurniawan, W. (2018). Perbandingan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Lectora Inspire dan Powerpoint Pada Materi Momentum Dan Impuls kelas X SMAN 3 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 3(1), 43–54. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i01.3956.

Priyantini, N. P. T., Sadia, I. ., & Suastra, I. W. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Bermuatan Karakter dengan setting Model Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan untuk Meningkatkan Karakter dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 5(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1568/1224.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak Dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.7155.

Putri, R. M., Risdianto, E., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Captivate Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 113–120. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.113-120.

Putri, R. Z., Lesmono, A. ., & Aristya, P. . (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa Man Bondowoso. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 168–174. https://doi.org/10.19184/jpf.v6i2.5017.

Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi Bahan Ajar Dengan Konteks Socio-Scientific Issues Pada Materi Zat Aditif Makanan Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156–164. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8814.

Saputra, W. R., Hendri, M., & Aminoto, T. (2019). Korelasi Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri Se-Kecamatan Jambi Selatan. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 36–45. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i01.3996.

Sari, Putri, E. N., & Nehru. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Rangkaian Arus Searah Untuk Kelas XII SMA. Jurnal EduFisika, 2(1), 70–79. https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i01.4044.

Simatupang, R. Y., Jufrida., & Aminoto, T. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Guided Inquiry Di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Artikel Ilmiah Jambi: Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/1529/1/ARTIKEL ILMIAH Risna.pdf.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistiari. (2018). Pengaruh Motivasi, Tipe Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Dan Keuangan, 2(1), 57–70. https://doi.org/10.2674 0/jpeka.v 2n1.p57-70.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/144.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262.

Tamayanti, P. A., Sujana, I. W., & Wiarta, I. W. (2019). Kontribusi Sikap Disiplin Dan Motif Berkompetisi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas Iv. Media Komunikasi FPIPS, 17(2), 89–99. https://doi.org/10.23887/mkfis.v17i2.22227.

Utami, Suci, A., Hendri, M., & Darmaji. (2017). Hubungan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI MIA SMAN 1 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 2(2), 58–67. https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i02.4544.

Wahyudi, W., & Lestari, I. (2019). Pengaruh Modul Praktikum Optika Berbasis Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 5(1), 33–44.

Wijayanti, R., & Wasitohadi, W. (2015). Efektivitas Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Berbantu Media Video Interaktif Ditinjau Dari Hasil Belajar Pkn. Satya Widya, 31(1), 54. https://doi.org/10.24246/j.sw.2015.v31.i1.p54-68.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Yusuf, M., & Wulan, A. R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 19–26. https://doi.org/10.21009/1.01204.

Downloads

Published

2021-12-11

How to Cite

Putri, H. (2021). Positive Correlation Between Learning Motivation and Student Learning Outcomes in Physics Subjects Momentum and Impulse Materials. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 4(3), 470–478. https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i3.34644

Issue

Section

Articles