Positive Correlation Between Learning Motivation and Student Learning Outcomes in Physics Subjects Momentum and Impulse Materials

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i3.34644

Keywords:

learning motivation and learning outcomes, physics

References

Aminoto, T., Dani, R., & Yuversa, E. (2019). Pengembangan Termometer Gas Sebagai Alat Peraga Pembelajaran Pokok Bahasan Skala Suhu Mutlak. Jurnal EduFisika, 4(2), 48–55. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i02.7636.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 12–18.

Arrasyid, H., Jufrida., & Darmaji. (2017). Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Kelas X SMA PGRI 2 Jambi. Jurnal Edufisika, 2(2), 68–80. https://doi.org/10.22437/edufisika.v5i02.10886.

Asmarani, A., & Idrus, I. (2017). Peningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Penerapan Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 16–22.

Astalini., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi sikap peserta didik terhadap mata pelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. Unnes Physics Education Jurnal, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.15294/upej.v8i1.29510.

Astalini., Kurniawan, Dwi. A., S., & Umaryanti. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika Di SMAN Kabupaten Batanghari. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3(2), 59–64. https://doi.org/10.26737/jipf.v3i2.694.

Astalini. (2019). Motivation and Attitude of Students on Physics Subject in the Middle School in Indonesia. International Education Studies, 12(9), 15–26. https://doi.org/10.5539/ies.v12n9p15.

Basuki, F, R., Jufrida., Kurniawan, W., Devi, I. P., & Fitaloka, O. (2019). Tes Keterampilan Proses Sains: Multiple Choice Format. Jurnal Pendidikan Sains(JPS), 7(2), 101–111. https://doi.org/10.22437/edufisika.v5i02.10886.

Cohen, L., Manion, L., Lecturer, P., Morrison, K., & Lecturer, S. (2007). Research Methods in Education.

Darmaji. (2019). A study relationship attitude toward physics, motivation, and character discipline students senior high school, in Indonesia. International Journal of Learning and Teaching, 11(3), 99–109. https://doi.org/10.18844/ijlt.v11i3.4207.

Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Nasih, N. R. (2019). Persepsi Mahasiswa pada Penuntun Praktikum Fisika Dasar II Berbasis Mobile Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 516–523.

Eliyana, E. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Belajar IPA Materi Tumbuhan Hijau Pada Siswa Kelas V SDN 3 Panjerejo di Masa Pandemi Covid-19. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(2), 87. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i2.1628.

Hairida, H. (2016). The Effectiveness Using Inquiry Based Natural Science Module With Authentic Assessment to Improve The Critical Thinking and Inquiry Skills of Junior High School Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/7681/5453.

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2), 1–13.

Hardian, K., Astalini, & Kurniawan, D, A. (2018). Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Jurnal Edufisika, 3(2), 1–12. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i02.4522.

Jufrida. (2019). Students’ attitude and motivation in mathematical physics. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(3), 401–408. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i3.20253.

Khodijah, Dwinda, N., Hendri, M., & Darmaji. (2016). Upaya Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Kelas XI MIA7 SMAN 1 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 1(2), 46–54. https://doi.org/10.22437/edufisika.v1i2.3429.

Kurnia, N., Hendri, M., & Pathoni, H. (2016). Hubungan persepsi dengan hasil belajar fisika siswa kelas X MIA di SMA Negeri 4 Kota Jambi dan SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Edufisika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.22437/edufisika.v1i2.3430.

Lestari, M. Y., & Diana, N. (2018). Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar I. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 49–54. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i1.2474.

Oktaviana, D., Jufrida., & Darmaji. (2016). Penerapan RPP Berbasis Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Kalor Dan Perpindahan Kalor Kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal EduFisika, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.22437/edufisika.v1i1.2957.

Parmiti, D., Rediani, N., Antara, I., & Jayadiningrat, M. (2021). The Effectiveness of Local Culture-Integrated Science Learning Through Project Based Assessment on Scientific Attitudes and Science Process Skills of Elementary School Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 439–446. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i3.31301.

Pasaribu, Dewi, S., Hendri, M., & Susanti, N. (2017). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X SMAN 10 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 2(1), 61–69. https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i01.4043.

Prabowo, A., & Heriyanto. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-BOOK) Oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1–9. https://www.academia.edu/26392333/Analisis_Pemanfaatan_Buku_Elektronik_E_Book_Oleh_Pemustaka_DI_Perpustakaan_Sma_Negeri_1_Semarang.

Primadona, H., Nehru., & Kurniawan, W. (2018). Perbandingan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Lectora Inspire dan Powerpoint Pada Materi Momentum Dan Impuls kelas X SMAN 3 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 3(1), 43–54. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i01.3956.

Priyantini, N. P. T., Sadia, I. ., & Suastra, I. W. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Bermuatan Karakter dengan setting Model Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan untuk Meningkatkan Karakter dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 5(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1568/1224.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak Dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.7155.

Putri, R. M., Risdianto, E., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Captivate Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 113–120. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.113-120.

Putri, R. Z., Lesmono, A. ., & Aristya, P. . (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa Man Bondowoso. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 168–174. https://doi.org/10.19184/jpf.v6i2.5017.

Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi Bahan Ajar Dengan Konteks Socio-Scientific Issues Pada Materi Zat Aditif Makanan Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156–164. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8814.

Saputra, W. R., Hendri, M., & Aminoto, T. (2019). Korelasi Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri Se-Kecamatan Jambi Selatan. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 36–45. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i01.3996.

Sari, Putri, E. N., & Nehru. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Rangkaian Arus Searah Untuk Kelas XII SMA. Jurnal EduFisika, 2(1), 70–79. https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i01.4044.

Simatupang, R. Y., Jufrida., & Aminoto, T. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Guided Inquiry Di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Artikel Ilmiah Jambi: Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/1529/1/ARTIKEL ILMIAH Risna.pdf.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistiari. (2018). Pengaruh Motivasi, Tipe Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Dan Keuangan, 2(1), 57–70. https://doi.org/10.2674 0/jpeka.v 2n1.p57-70.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/144.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262.

Tamayanti, P. A., Sujana, I. W., & Wiarta, I. W. (2019). Kontribusi Sikap Disiplin Dan Motif Berkompetisi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas Iv. Media Komunikasi FPIPS, 17(2), 89–99. https://doi.org/10.23887/mkfis.v17i2.22227.

Utami, Suci, A., Hendri, M., & Darmaji. (2017). Hubungan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI MIA SMAN 1 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 2(2), 58–67. https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i02.4544.

Wahyudi, W., & Lestari, I. (2019). Pengaruh Modul Praktikum Optika Berbasis Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 5(1), 33–44.

Wijayanti, R., & Wasitohadi, W. (2015). Efektivitas Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Berbantu Media Video Interaktif Ditinjau Dari Hasil Belajar Pkn. Satya Widya, 31(1), 54. https://doi.org/10.24246/j.sw.2015.v31.i1.p54-68.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Yusuf, M., & Wulan, A. R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 19–26. https://doi.org/10.21009/1.01204.

Downloads

Published

2021-12-11

Issue

Section

Articles